Ingin Rezeki Lancar? Lakukan 10 Amalan Berikut Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
BLT UMKM 2021 Sudah Disalurkan ke 5,2 Juta Pelaku Usaha

Rezeki merupakan perkara yang menjadi hak prerogatif Allah. Manusia tidak dapat menerka-nerka kadar rezeki seseorang. Yang bisa dilakukan hanyalah melakukan ikhtiar sehingga bisa lebih maksimal dalam menjemputnya. Tentu saja agar rezeki lancar, ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Selain berusaha menjemputnya, ada sejumlah amalan yang harus Anda lakukan. Amalan tersebut sebenarnya harus diniatkan sebagai ibadah dan wujud cinta kepada Allah Taโ€™ala, bukan semata-mata hanya ingin mengejar materi duniawi. Inilah beberapa amalan yang bisa dilakukan agar Anda memiliki rezeki yang lancar. 

Mengenal Makna Rezeki

Makna rezeki pada hakikatnya merupakan sesuatu yang bermanfaat dan dihalalkan Allah untuk manusia, baik berupa pakaian, makanan, bahkan pasangan. Semuanya termasuk rezeki. Bahkan, kesehatan pendengaran, penglihatan, dan kesehatan badan juga termasuk rezeki. 

Sayangnya, sebagian besar orang masih menganggap rezeki hanya sebatas materi. Padahal, lebih dari itu, udara yang kita hirup setiap hari juga merupakan bagian dari rezeki itu sendiri. Hanya saja karena rutin diberikan, sampai-sampai manusia menganggapnya sebagai hal biasa.

Seperti yang termaktub dalam Al Quran surat Al-Baqarah ayat 3, rezeki harus dimanfaatkan dengan cara yang baik. Manusia harus menafkahkan rezekinya kepada yang berhak, baik berupa zakat, sedekah, maupun nafkah keluarga. Pemanfaatan rezeki yang baik sebenarnya ada dua cara, yaitu:

  • Rezeki atau nikmat digunakan untuk melakukan ketaatan.
  • Rezeki untuk memberikan manfaat kepada muslim lainnya.

Ibnu Hazm rahimahullah berkata bahwa tiap nikmat yang tidak digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah bukanlah rezeki, melainkan hanya akan berbuah menjadi musibah. 

Amalan agar Rezeki Lancar

Amalan-amalan untuk menjemput rezeki ini sebenarnya ada beberapa macam. Yang terpenting adalah melakukannya secara istiqomah agar semua amalan tersebut menjadi sebuah rutinitas ibadah yang bernilai ibadah. 

Walaupun tiap anak Adam sudah mendapatkan jatah rezekinya masing-masing, hal tersebut perlulah diperjuangkan. Berikut amalan pembuka pintu rezeki yang bisa Anda lakukan sesuai dengan tuntunan syari.

  • Istighfar

Hasan Al Bashri Rahimahullah pernah menunjukkan mengenai faedah dari istighfar yang luar biasa. Dalam sebuah penjelasannya, beliau menerangkan tentang seseorang yang mengadu tentang kemiskinannya. Kemudian beliau memberikan saran untuk beristighfar memohon ampunan.

ููŽู‚ูู„ู’ุชู ุงุณู’ุชูŽุบู’ููุฑููˆุง ุฑูŽุจูŽู‘ูƒูู…ู’ ุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ูƒูŽุงู†ูŽ ุบูŽููŽู‘ุงุฑู‹ุง (10) ูŠูุฑู’ุณูู„ู ุงู„ุณูŽู‘ู…ูŽุงุกูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ู…ูุฏู’ุฑูŽุงุฑู‹ุง (11) ูˆูŽูŠูู…ู’ุฏูุฏู’ูƒูู…ู’ ุจูุฃูŽู…ู’ูˆูŽุงู„ู ูˆูŽุจูŽู†ููŠู†ูŽ
ูˆูŽูŠูŽุฌู’ุนูŽู„ู’ ู„ูŽูƒูู…ู’ ุฌูŽู†ูŽู‘ุงุชู ูˆูŽูŠูŽุฌู’ุนูŽู„ู’ ู„ูŽูƒูู…ู’ ุฃูŽู†ู’ู‡ูŽุงุฑู‹ุง (12)


โ€œMaka Aku katakan kepada mereka: โ€˜Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyak kan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.โ€ (QS Nuh ayat 10-12)

Beristighfar merupakan salah satu sebab munculnya rezeki. Mengenai ayat di atas, Syaikh As Saโ€™di mengatakan bahwa faedah istighfar begitu luar biasa. Selain mengurangi dosa dan menjadi pengingat, istighfar merupakan jalan untuk meraih rezeki. 

Tidak hanya itu, faedah istighfar juga bermanfaat bagi yang ingin memperoleh keturunan dan masih banyak hal lainnya. Riwayat ini disebutkan oleh Ibu Hajar dalam Fath al-Bari 11:98. 

  • Menjalin Silaturahmi

Silaturahim adalah pengait rezeki yang sangat besar. Seperti rincian dari hadits riwayat Bukhari bahwa siapa pun yang ingin dilapangkan rezekinya, hendaknya menyambung silaturahmi. Imam Nawawi pun menjelaskan bahwa hadits tersebut juga termasuk seputar perluasan dan perbanyakan rezeki. 

  • Memperbanyak Sedekah

Cara mendatangkan rezeki lainnya adalah dengan bersedekah. Sedekah tidak akan mengurangi harta. Hal tersebut juga disampaikan Rasullullah dalam hadits riwayat Muslim yang menurut ulama memiliki beberapa penafsiran sebagai berikut.

  • Harta yang disedekahkan akan diberkahi sehingga dampak bahaya padanya akan berkurang. Hal inilah yang membuat keberkahan rezeki mengalir.
  • Secara bentuk berkurang, tetapi ditutup dengan pahala yang ada di sisi Allah. Tentu saja secara perhitungan akan membuat harta bertambah kelipatannya menjadi lebih banyak. 
  • Bertakwa kepada Allah

Bertakwa kepada Allah akan mendatang kan jalan keluar bagi setiap masalah. Allah pun akan memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Hal ini termuat dalam surat Ath-Thalaq ayat 2-3 yang membahas mengenai ketakwaan.

Mengenai pengertian takwa, Ibnu Taimiyah menjelaskan bahwa takwa merupakan seseorang yang beramal atas ketaatan mengikuti petunjuk Allah dan mengharapkan rahmat Nya. Selain itu, meninggal kan kemaksiatan juga merupakan wujud dari takwa. 

  • Melakukan Haji dan Umrah

Selain berpahala, haji dan umrah merupakan ladang pembuka rezeki. Seperti yang diungkapkan dalam hadist riwayat an-Nasai, bahwa haji dan umrah merupakan penghilang kemiskinan serta dosa-dosa yang telah lalu, layaknya membakar karat pada besi, emas, serta perak. 

  • Memperbanyak Doa

Doa merupakan sarana yang paling mustajab sebagai wujud komunikasi dengan Allah. Anda bisa memperbanyak doa untuk bisa mendatangkan rahmat Allah sehingga rezeki pun akan terbuka. 

Hadits tentang Rezeki

Mengenai rezeki, Rasullullah telah mengajarkan kepada umatnya untuk selalu bertawakal. Ada banyak riwayat yang menerangkan mengenai rezeki. Tentu saja hal ini menjadi kabar gembira bagi umat islam sehingga menepis keraguan mengenai kekurangan.

ุฅูู†ูŽู‘ ุฑููˆู’ุญูŽ ุงู„ู‚ูุฏูุณู ู†ูŽููŽุซูŽ ูููŠ ุฑูŽูˆู’ุนููŠ ุฅูู†ูŽู‘ ู†ูŽูู’ุณู‹ุง ู„ุงูŽ ุชูŽู…ููˆู’ุชูŽ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ุชูŽุณู’ุชูŽูƒู’ู…ูู„ูŽ ุฑูุฒู’ู‚ูู‡ูŽุง ุŒ ููŽุงุชูŽู‘ู‚ููˆู’ุง ุงู„ู„ู‡ูŽ ูˆูŽุฃูŽุฌู’ู…ูู„ููˆู’ุง ูููŠ ุงู„ุทูŽู‘ู„ูŽุจู ุŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ูŠูŽุญู’ู…ูู„ูŽู†ูŽู‘ูƒูู…ู’ ุงูุณู’ุชูŽุจู’ุทูŽุงุกูŽ ุงู„ุฑูู‘ุฒู’ู‚ู ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุทู’ู„ูุจููˆู’ู‡ู ุจูู…ูŽุนูŽุงุตููŠ ุงู„ู„ู‡ูŽ ุ› ููŽุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู„ู‡ูŽ ู„ุงูŽ ูŠูุฏู’ุฑููƒู ู…ูŽุง ุนูู†ู’ุฏูŽู‡ู ุฅูู„ุงูŽู‘ ุจูุทูŽุงุนูŽุชูู‡ู


โ€œSesungguhnya, ruh qudus (Jibril), telah membisikkan ke dalam batinku bahwa setiap jiwa tidak akan mati sampai sempurna ajalnya dan dia habiskan semua jatah rezekinya. Karena itu, bertakwalah kepada Allah dan perbaguslah cara dalam mengais rezeki. Jangan sampai tertundanya rezeki mendorong kalian untuk mencarinya dengan cara bermaksiat kepada Allah. Karena rezeki di sisi Allah tidak akan diperoleh kecuali dengan taat kepada-Nya.โ€ (HR Musnad Ibnu Abi Syaibah 8: 129 dan Thabrani dalam Al-Muโ€™jam al-Kabir 8: 166, hadits shahih. Lihat Silsilah Al-Ahadits As-Shahihah no. 2866).

Hadist tersebut memiliki beberapa macam penjelasan mengenai bagaimana proses menjemput rezeki sesuai dengan apa yang Rasulullah ajarkan. Adapun maksud dari ajmilu fit tholab adalah:

  • Jangan berputus asa ketika belum memperoleh rezeki yang halal. Rezeki yang halal bisa diupayakan asal tidak berputus asa. 
  • Jangan sampai mencelakakan diri untuk sekedar meraih rezeki. 

Doa Pembuka Pintu Rezeki

Doa pembuka rezeki merupakan salah satu cara menggapai rezeki Allah yang harus Anda lakukan. Doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallalhuโ€™alaihi wa Salam diriwayatkan oleh hadist Ibnu Majah, yaitu:

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูู‘ูŠ ุฃูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ุนูู„ู’ู…ู‹ุง ู†ูŽุงููุนู‹ุง ูˆูŽุฑูุฒู’ู‚ู‹ุง ุทูŽูŠูู‘ุจู‹ุง ูˆูŽุนูŽู…ูŽู„ู‹ุง ู…ูุชูŽู‚ูŽุจูŽู‘ู„ู‹ุง

Dilafazkan : Allahumma innii as-aluka โ€˜ilman naafiโ€™a, wa rizqon thoyyibaa, wa โ€˜amalan mutaqobbalaa.

Artinya: โ€œYa Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).โ€ (HR Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Untuk menggapai rezeki Allah, sebenarnya bisa dilakukan dengan amalan-amalan yang dicontohkan di atas. Adapun agar melakukan amalannya lebih ikhlas, pahami konsep rezeki yang diberikan Allah sebagai berikut:

  • Allah telah menjamin rezeki tiap orang.
  • Rezeki diberi karena usaha.
  • Allah memberi rezeki karena bersyukur.
  • Allah memberi rezeki tak terduga.
  • Allah memberi rezeki karena istighfar.
  • Allah memberi rezeki karena hambaNya menikah.
  • Allah memberi rezeki melalui anak.
  • Allah memberi rezeki karena sedekah.
  • Menutup aib merupakan salah satu pembuka rezeki. 

Demikianlah ulasan mengenai amalan-amalan agar rezeki lancar. Lakukan amalan tersebut di saat lapang maupun sulit. Mudah-mudahan Allah selalu memberikan kelapangan rezeki kepada siapapun. 

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!