Apa itu Self Love? 5 Langkah Sederhana Sayangi Dirimu Sendiri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kata-kata self love yang artinya menyayangi atau mencintai diri sendiri. Banyak juga orang-orang yang mulai membahas pentingnya self love. Secara bahasa, self love adalah mencintai diri sendiri.

Dalam kenyataannya mencintai dan menyayangi diri sendiri menjadi hal yang sangat penting, terutama dalam hal perkembangan diri kita sebagai manusia. Anda juga harus tahu bagaimana cara mencintai diri sendiri tersebut, dan menjalin hubungan dengan diri sendiri.

Langkah yang Harus Dilakukan untuk Menyayangi Diri Sendiri

Jika Anda terbiasa melakukan self love dengan diri sendiri, maka Anda akan memiliki pondasi yang lebih kuat di dalam diri. Hal ini juga sangat penting untuk mencapai tujuan di dalam hidup Anda. Berikut ini cara mudah dalam melakukan self love pada diri sendiri:

  1. Lakukan Me Time

Me time menjadi cara yang mudah dan sederhana dalam mencintai diri sendiri. Bahkan kegiatan me time bisa menjadi kegiatan favorit bagi Anda. Lakukan kegiatan dengan diri sendiri, dan lakukan hal yang Anda sukai tanpa ada distraksi dari siapapun.

Anda harus memiliki waktu me time walaupun sedang dalam keadaan sibuk. Hal ini akan menjadi cara yang tepat dan ampuh dalam belajar self love. Me time bukan hanya sekedar bermalas-malasan saja, karena Anda akan mendapat banyak hal dari kegiatan tersebut.

Otak akan menjadi lebih fresh, dan juga lebih efektif dalam mengambil keputusan. Kemudian nanti konsentrasi dengan produktivitas Anda akan terus meningkat. Saat melakukan me time, putuskan hubungan dengan orang luar sama sekali untuk sementara.

Matikan gadget, laptop, televisi dan sebagainya supaya tak ada yang mengganggu. Anda bisa membaca buku favorit sambil mendengarkan musik, atau sambil menikmati cemilan kesukaan. Bisa juga dengan bersolo travelling sepuasnya tanpa ada yang mengganggu.

  1. Shopping

Berbelanja tak hanya tentang menghabiskan uang saja, tetapi ada kepuasan tersendiri dari berbelanja yang berkaitan dengan diri sendiri. Namun, untuk melakukan self love ini Anda harus memiliki dana lebih yang memang khusus dialokasikan untuk berbelanja.

Anda bisa melakukan investasi, supaya mendapat tambahan dana untuk berbelanja demi melakukan me time. Belanja memang bersifat konsumtif, tetapi Anda bisa melakukannya sesekali untuk self love.

Belilah barang-barang untuk diri Anda sendiri, anggap saja sebagai penghargaan setelah Anda menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik. Ketika hari gajian tiba, Anda bisa datang ke toko buku atau toko khusus yang menjual pakaian dan membeli pakaian yang diinginkan.

Selain baju dan buku, Anda pun bisa membeli gadget terkini yang sudah Anda inginkan sejak lama. Kepuasan dan rasa senang dari membeli apa yang diinginkan, juga menjadi bagian dari me time.

  1. Solo Travelling

Kini, kegiatan solo travelling telah menjadi tren tersendiri karena banyak sekali orang yang mau melakukan solo travelling dengan dalih mencari jati diri. Namun solo traveling ini juga bisa menjadi sarana untuk me time.

Selain itu, kegiatan solo traveling ini juga akan menimbulkan rasa percaya diri pada diri Anda. Anda hanya bersama diri sendiri ketika melakukan solo traveling tersebut. 

Anda akan memutuskan segala sesuatunya sendiri, semuanya serba mandiri dan tidak melibatkan siapapun di dalamnya. Bahkan ketika Anda memerlukan bantuan, Anda akan dituntut untuk mengatasinya sendiri dengan sikap berani.

  1. Pampering

Memanjakan diri atau yang disebut dengan pampering merupakan cara untuk self love yang tepat dan menyenangkan. Cara memanjakan diri sendiri sama dengan merawat diri sendiri, dengan cara yang Anda sukai atau inginkan.

Misalnya dengan datang ke salon untuk mempercantik diri sendiri, melakukan pijat di spa atau berolahraga di tempat gym favorit. Bukan hanya menyenangkan diri sendiri saja, tetapi hasil dari pampering ini juga akan berdampak pada orang di sekitar Anda.

Ketika Anda memanjakan diri di salon maka orang lain akan melihat perubahan diri Anda secara fisik. Pampering juga memerlukan dana lebih seperti shopping, maka pastikan Anda memiliki dana yang lebih untuk melakukan pampering tersebut.

  1. Tidak Melakukan Apapun

Terkadang, Anda tidak memiliki waktu untuk beristirahat di tengah kesibukan. Maka ketika Anda sedang belajar mencintai diri sendiri Anda bisa beristirahat saja di rumah tanpa melakukan banyak hal.

Duduk dan nikmati waktu Anda sepanjang hari, misalnya duduk santai sambil minum teh. Tidur siang sepuasnya jika di hari-hari biasa Anda tidak bisa tidur siang. Anda bisa melakukan apa saja yang membuat Anda merasa lebih baik.

Tidak melakukan apapun di rumah, bisa menjadi salah satu contoh menghargai diri sendiri. Jika selama ini Anda sudah terlalu lelah dengan aktivitas maka kini saatnya lebih peduli kepada diri sendiri dengan membiarkan pikiran Anda tenang tanpa melakukan apapun.

Arti Self Love

self love

Jika sudah dibahas lebih dulu mengenai pengertian dari self love itu sendiri, maka Anda juga harus paham arti realistis dalam cinta. Cinta yang Anda miliki tak hanya diberikan pada orang lain saja, tetapi Anda harus memberikan pada diri sendiri.

Bahkan sebelum mencintai orang lain, Anda harus mencintai diri Anda sendiri terlebih dulu. Cara menyayangi diri sendiri bisa dengan cara apa saja. Misalnya dengan beberapa cara yang telah dijelaskan dan diuraikan di atas.

Bisa juga dengan melakukan beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan di sela-sela kegiatan, seperti membuat jurnal pendek, melakukan peregangan sekitar 2 menit saja, mengambil napas panjang, menggunakan sheet mask, kelilingi diri dengan orang-orang positif, dan sebagainya.

Tidak semua hari bisa berjalan dengan baik, atau sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Tapi tidak apa-apa, terimalah bahwa tak semua hal harus berjalan lancar sesuai rencana. Hal ini juga menjadi sebuah sikap dalam menerima diri sendiri dan menghargai diri sendiri.

Melakukan kesalahan di suatu hari juga hal yang wajar, karena kita adalah manusia yang tidak sempurna. Namun teruslah belajar dalam hidup, baik dari hal-hal kecil maupun hal besar. 

Cara Merawat Diri Sendiri

Merawat diri sendiri juga merupakan bagian dari self love, karena itu berarti Anda sudah menerima diri sendiri dan berusaha menyenangkan diri dengan merawat diri. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam merawat diri sendiri.

Misalnya dengan merawat kulit dengan baik dan dengan cara-cara alami di rumah saja, menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi setiap hari dua kali sehari, menjaga kelembaban bibir agar bibir tidak kering atau pecah-pecah.

Memiliki waktu tidur yang cukup juga bisa menjadi cara mudah dalam merawat diri sendiri. Pastikan Anda tidak terlalu capek dengan kegiatan sehari-hari dan memiliki waktu tidur yang cukup. 

Kelola stres Anda dengan baik, jangan memikirkan hal-hal yang tidak penting yang nantinya malah akan mengganggu kesehatan Anda. Bentuk-bentuk self love tersebut akan menjadi cara paling mudah dalam menerima diri sendiri, dan menyayangi diri dengan sepenuh hati.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!