Asrama Sahabat Yatim Terdekat di Bandung

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Dalam Islam, anak yatim piatu sangat diperhatikan, karena Rasulullah SAW sendiri adalah seorang anak yatim piatu. Salah satu cara memelihara anak yatim sebagai salah satu perintah yang utama adalah dengan membangun rumah anak yatim piatu untuk mereka.

Dengan rumah tersebut diharapkan anak-anak yatim piatu dapat memperoleh pemeliharaan, pendidikan, dan pengajaran hingga ia mampu hidup sendiri nantinya. Sahabat Yatim merupakan salah satu yayasan yang menjadi rumah bagi anak-anak yatim terlantar atau kurang mampu.

Apa Itu Sahabat Yatim Indonesia?

Kehadiran Sahabat Yatim sebagai lembaga yang menyediakan panti anak yatim sebagai asrama bagi anak-anak yatim dan terlantar menjadi penyejuk negeri Indonesia. 

Melalui lembaga tersebut secara tidak langsung ikut serta memberdayakan anak-anak Indonesia yang terlantar karena tidak memiliki orang tua yang masih hidup.

Lembaga yang bernama lengkap Yayasan Sahabat Yatim Indonesia ini berdiri sejak tahun 2009 dan kini sudah membuka cabang di beberapa daerah di Indonesia. 

Beberapa cabang yang dimaksud di antaranya ada rumah yatim piatu Jakarta, Banjarbaru, Tangerang, Bekasi, Samarinda, Bogor, Surabaya, dan Balikpapan. Cabang yang tersebar di wilayah Indonesia tersebut diharapkan mampu menjadi rumah bagi anak-anak yatim piatu Indonesia yang nyaman.

Nantinya, anak-anak yatim piatu dan terlantar akan memperoleh beberapa fasilitas, seperti memperoleh pendidikan dan fasilitas lain seperti di rumahnya sendiri. Dengan begitu, masa depan anak-anak tersebut dapat tertolong melalui bimbingan dan pengajaran.

Program Kerja Sahabat Yatim Indonesia

Untuk menjalankan kinerja yayasan, Sahabat Yatim juga memiliki beberapa program yang terbagi atas program pengasuhan dan progam non pengasuhan. Kedua ketegori program tersebut di dalamnya dibagi lagi menjadi beberapa program yang lebih detail.

Berikut penjelasan beberapa program Sahabat Yatim Indonesia:

1. Pengasuhan

• Keasramaan

Pemberian bimbingan dan pendidikan akan mudah jika terdapat asrama yang menampung anak-anak yatim kurang mampu. Program keasramaan Sahabat Yatim Indonesia telah turut andil dalam membantu dan menampung anak-anak yatim dengan 23 asrama yatim yang tersebar di 12 kota.

Untuk mendukung program hafalan Al Quran bagi anak-anak, Sahabat Yatim telah berencana untuk membangun asrama tahfidz melalui program pengasuhan keasramaan ini.

• Pendidikan

Setelah memperoleh tempat tinggal dan hunian yang layak serta nyaman bagi anak-anak yatim, Sahabat Yatim Indonesia juga menyelenggarakan program pendidikan, agar tujuan didirikannya lembaga tersebut tercapai.

Dengan pendidikan, anak-anak akan memperoleh pengetahuan mengenai kehidupan yang akan sangat bermanfaat bagi kehidupan mereka seterusnya.

• Training (Capacity & Character Building)

Tak hanya pengetahuan, soft skill dan karakter juga perlu dibentuk pada anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh dan berkembang. Rumah anak yatim ini memiliki program training sebagai realisasi pengembangan soft skill.

Nantinya peserta didik dapat memperoleh pengajaran pendidikan karakter dan bagaimana membangun soft skill yang baik.

• Rekreasi

Anak-anak juga butuh penyegaran setelah menjalankan aktivitas belajar yang mungkin melelahkan. Untuk itu, Sahabat Yatim mengadakan program rekreasi yang ditujukan bagi anak-anak yatim kurang mampu agar bisa merasakan suasana berlibur.

Melalui program ini juga diharapkan agar anak-anak memiliki pengetahuan luas dan dekat dengan alam dan lingkungan sekitar.

• THR / Parcel Lebaran

Anak-anak pasti akan sangat senang saat lebaran tiba ia mendapatkan hadiah berupa uang. Atas dasar inilah Sahabat Yatim membantu anak-anak kurang beruntung tersebut, agar bisa merasakan hadiah lebaran berupa THR atau parcel lebaran.

• Mudik Yatim

Terkadang anak yatim yang telah terpisah dengan keluarganya karena pindah ke panti yatim piatu akan merasa rindu dengan keluarga asalnya. Untuk itu, program Mudik Yatim akan dapat membantu mengobati rasa rindu mereka dengan suasana rumah bersama saudara mereka.

2. Non Pengasuhan

• SAJADAH (Santunan Janda Dhuafa)

Selain anak-anak yatim dan kaum dhuafa, para janda juga bisa memperoleh bantuan melalui program SAJADAH atau Santunan Janda Dhuafa. Program ini memiliki harapan agar para janda bisa hidup lebih mandiri serta dapat mengangkat harkat dan status sosialnya. 

Program ini dijalankan dengan pemberian donasi serta pemberian pelatihan kepada para janda yang kurang beruntung dalam masalah ekonomi.

• IBUQU (Bantuan Guru Quran Bulanan)

Jerih payah para guru ngaji yang biasanya dibayar suka rela bahkan tanpa honor alias gratis, kini bisa lebih lega dengan adanya program IBUQU (Bantuan Guru Quran Bulanan) dari Sahabat Yatim Indonesia.

Program ini diharapkan bisa menaikkan taraf hidup para ustadz dan ustadzah yang hidup dalam keadaan ekonomi lemah, mengingat begitu besar jasa mereka bagi anak-anak dalam mempelajari ilmu agama.

• SAHABAT (Santunan Kesehatan dan Pengobatan Yatim & Dhuafa)

Di bidang kesehatan, Sahabat Yatim Indonesia memiliki program yang bernama Santunan Kesehatan dan Pengobatan Yatim & Duafa (SAHABAT). Nantinya bantuan kesehatan tersebut akan disalurkan kepada anak-anak yatim piatu dan juga para dhuafa.

Selain pendidikan, kesehatan menjadi suatu hal yang sangat penting, sehingga adanya program bantuan ini akan sangat membantu mereka dengan akses berobat yang mudah.

• SI ADIK (Santunan Anak Didik)

Program SI ADIK ini merupakan program pemberian santunan berupa uang saku untuk anak-anak yatim yang masih belajar atau menjadi anak didik. Sedikit bantuan dapat meringankan beban sesama dan memunculkan senyum bahagia meski keadaan begitu memprihatinkan.

• ASAH ( Asrama Anak Shaleh)

Program Asrama Anak Shaleh ini telah berkembang dari waktu ke waktu dan jumlahnya juga semakin banyak berkat adanya dukungan dari masyarakat. Semakin banyak dan meluasnya asrama tersebut diharapkan mampu menjaring anak-anak yang kurang mampu untuk bisa tinggal di tempat yang layak.

• PUSDA (Kampus Pemberdayaan)

Tujuan pemberian dana dan donasi pada masyarakat kurang mampu memiliki dampak yang tidak lama, namun dengan adanya pemberdayaan masyarakat maka dapat meningkatkan kesejahteraan hidup lebih lama.

Untuk itu, adanya program Kampus Pemberdayaan (PUSDA) ini bisa menjadi ladang bagi anak-anak yatim, kaum dhuafa, maupun janda memperoleh pendidikan yang layak. Dengan pendidikan maka mereka bisa memperoleh ilmu yang sangat bermanfaat di kehidupan yang akan datang.

Asrama Yatim Piatu Bandung dan Sekitarnya

Yayasan Sahabat Yatim belum membuka cabangnya di Bandung. Namun, bagi Anda yang ingin mengunjungi panti yatim piatu terdekat Bandung, terdapat asrama putra dan putri yang terletak di Bogor.

1. Asrama Putra Sahabat Yatim Bogor

Asrama putra Bogor terletak di Jl. Perdana Raya Nomor 17 Perumahan Budi Agung, Bogor, tepat di depan RS Islam Bogor. Asrama ini diasuh oleh Haris yang kerap dipanggil dengan Abi dan Maesaroh yang kerap dipanggil Umi.

2. Asrama Putri Cibinong

Asrama putri Cibinong terletak di Jl. Raya Pemda Desa Pasir Jambu Nomor 4, Sukaraja, Bogor. Asrama rumah yatim piatu terdekat Bandung ini diasuh oleh Asep yang dipanggil sebagai Abi dan Ila yang dipanggil Umi.

Bila Anda ingin atau hendak berdonasi melalui Yayasan Sahabat Yatim Indonesia bisa mendatangi beberapa rumah yatim terdekat yang telah disebutkan di atas. Secuil donasi Anda sangat berarti untuk mereka.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!