Asrama Sahabat Yatim Terdekat di Surabaya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Memelihara anak yatim adalah suatu hal yang diperintahkan dalam Islam, bahkan orang yang tidak memeliharanya dikategorikan sebagai pendusta agama. Panti yatim piatu merupakan salah satu bentuk kepedulian pada anak-anak yang sudah ditinggal wafat oleh orang tua mereka.

Sahabat Yatim Indonesia adalah satu lembaga sosial kemanusiaan yang menjadi wadah bagi anak-anak yatim piatu dan sudah berbadan hukum. Untuk mengenal lembaga yang satu ini, Anda bisa membaca profil lengkap dan daftar asrama untuk yatim piatu yang ada di Surabaya.

Profil Sahabat Yatim Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwasanya Sahabat Yatim Indonesia merupakan lembaga yang menaungi anak-anak yatim piatu yang terlantar, maupun tidak memiliki daya dan upaya untuk melanjutkan kehidupannya seorang diri. 

Yayasan yang didirikan pada tahun 2009 silam ini telah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah rumah yatim piatu Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Samarinda, Surabaya, Balikpapan, dan Banjarbaru. 

Dengan adanya beberapa cabang asrama Sahabat Yatim Indonesia tersebut diharapkan dapat membantu anak-anak yatim, agar bisa hidup lebih sejahtera di bawah bimbingan dan pembinaan yang tepat.

Yayasan ini didirikan sebagai bentuk keprihatinan pendiri yayasan dengan kondisi anak-anak yang tak punya rumah, tak terurus, atau terlantar. 

Melalui asrama yang disediakan yayasan ini, anak-anak yatim piatu kini tak perlu merasa cemas mengenai masa depan mereka. Mereka bisa memperoleh santunan dan fasilitas pendidikan seperti anak-anak pada umumnya.

Program-Program Sahabat Yatim Indonesia

Sahabat Yatim Indonesia sebagai lembaga panti yatim piatu terdekat yang menaungi anak-anak yatim, terlantar, serta kaum dhuafa memiliki beberapa program yang secara umum terbagi menjadi dua, yakni program pengasuhan dan non pengasuhan.

1. Pengasuhan

Program pengasuhan adalah program yang dilaksanakan secara lebih dekat dengan anak-anak yatim. Program ini dilaksanakan untuk anak-anak yang tinggal rumah anak yatim. 

Program pengasuhan ini tentu akan lebih efektif untuk mendekatkan diri dengan anak-anak karena masih dalam lingkup yang sama. Beberapa program pengasuhan yang ada di Yayasan Sahabat Yatim Indonesia, di antaranya:

• Keasramaan

Program keasramaan ini memfasilitasi anak-anak yatim piatu untuk memperoleh tempat tinggal yang layak. Hingga saat ini, Sahabat Yatim Indonesia telah memiliki 23 asrama yatim yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

Bahkan rencananya Sahabat Yatim hendak mendirikan asrama tahfidz yang nantinya menjadi fasilitator bagi anak-anak, agar bisa menjadi para penghafal Al Quran.

• Pendidikan

Tak hanya fasilitas asrama, anak-anak yatim piatu yang mengikuti program pengasuhan ini juga akan dibekali dengan pendidikan. Melalui pendidikan, anak-anak bisa lebih menambah serta mengembangkan pengetahuannya demi masa depan yang lebih baik tentunya.

• Training (Capacity & Character Building)

Selain pendidikan, rumah anak yatim ini juga menyediakan program training yang berupa pelatihan untuk pengembangan karakter. Sehingga selain cerdas anak-anak nantinya juga bisa menjadi orang yang berkarakter.

• Rekreasi

Sama seperti sekolah-sekolah pada umumnya, Sahabat Yatim Indonesia juga mengadakan kegiatan rekreasi untuk anak-anak yatim piatu. Melalui kegiatan rekreasi tersebut nantinya anak-anak bisa mengenal dunia luar atau alam di sekitarnya.

• THR / Parcel Lebaran

Di hari-hari besar seperti lebaran, anak-anak yatim piatu akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) atau parcel lebaran. Hal ini dapat menumbuhkan antusiasme anak bahwa mereka juga bisa hidup layak seperti anak lainnya, salah satunya bisa menikmati THR lebaran.

• Mudik Yatim

Untuk anak yatim yang tinggal di rumah anak yatim piatu dan ingin mengunjungi saudara atau keluarganya, Sahabat Yatim juga mengadakan program Mudik Yatim.

2. Non Pengasuhan

Berbeda dengan pengasuhan, program non pengasuhan ini sifatnya lebih fleksibel karena tidak dilaksanakan di dalam asrama seperti program pengasuhan. Jangkauan pihak yang dituju dalam program ini juga lebih banyak, seperti kaum dhuafa dan janda-janda di lingkungan sekitar.

Program non pengasuhan juga dilaksanakan dalam periode tertentu yang cukup teratur, seperti kegiatan bulanan. Adapun beberapa program Sahabat Yatim yang termasuk ke dalam program non pengasuhan adalah:

• SAJADAH (Santunan Janda Dhuafa)

SAJADAH atau Santunan Janda Dhuafa adalah program Sahabat Yatim Indonesia yang memberikan bantuan kepada para janda. Diharapkan dengan adanya donasi bisa membuat mereka lebih mandiri dan dapat mengangkat harkat dan taraf sosialnya. 

Tak hanya sekadar donasi, program ini juga diwujudkan dengan pengasahan keterampilan agar dapat meningkatkan kualitas hidup para janda.

• IBUQU (Bantuan Guru Quran Bulanan)

Seperti yang kita tahu bahwa guru ngaji sering kali tidak mendapatkan honor atau upah atas jerih payah mereka. 

Melalui program IBUQU (Bantuan Guru Quran Bulanan) dari Sahabat Yatim Indonesia, diharapkan para ustaz dan ustazah yang kurang dalam hal ekonomi dapat memperoleh tunjangan ekonomi yang lebih baik, sesuai keikhlasannya mengajarkan anak mengaji dan belajar ilmu agama.

• SAHABAT (Santunan Kesehatan dan Pengobatan Yatim & Dhuafa)

Program Santunan Kesehatan dan Pengobatan Yatim & Dhuafa (SAHABAT) merupakan program yang berfokus pada kesehatan. Dalam hal ini, objek bantuan kesehatan tersebut adalah para yatim di rumah yatim terdekat dan dhuafa yang kurang mampu. 

Nantinya setiap donasi yang masuk ke program ini akan diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

• SIADIK (Santunan Anak Didik)

Anak-anak yatim dan dhuafa bisa memperoleh bantuan berupa uang saku melalui program SI ADIK ini. Meskipun jumlahnya tidak banyak, dengan program ini diharapkan bisa mengembangkan senyum anak-anak karena bisa membeli jajan dari uang sakunya sendiri.

• ASAH ( Asrama Anak Shaleh)

Berkat dukungan dari masyarakat, fasilitas rumah pengasuh dalam program Asrama Anak Soleh ini semakin banyak dan berkembang. Dengan meluasnya asrama tersebut, maka akan semakin banyak anak-anak yang terbantu dan bisa menikmati kehidupan yang lebih baik.

• PUSDA (Kampus Pemberdayaan)

Meskipun telah dibantu dengan berbagai macam dana dan program selain panti anak yatim, tujuan memperbaiki kehidupan tanpa adanya pendidikan maka akan mustahil tercapai. 

Melalui program Kampus Pemberdayaan (PUSDA) ini diharapkan anak-anak yatim, dhuafa, serta kaum yang membutuhkan lainnya dapat memperoleh pendidikan. Pendidikan tersebut diharapkan dapat melatih lifeskill sehingga mereka bisa mandiri.

Daftar Asrama Sahabat Yatim Piatu Surabaya

1. Asrama Sahabat Yatim Klampis

Asrama Sahabat Yatim Klampis yang merupakan asrama khusus putra berlokasi di Jl. Klampis Semolo Timur 1 Nomor AB – 35, Semolowaru, Sukolilo, Surabaya. Asrama ini diasuh oleh Suripto yang kerap dipanggil Abi dan Srikanah yang kerap dipanggil Umi.

Selain menyediakan asrama, di sini juga mengadakan beberapa program untuk kaum dhuafa dan janda-janda di daerah setempat. Beberapa program tersebut di antaranya adalah SIADIK, IBUQU, dan SAJADAH yang diselenggarakan setiap satu bulan sekali.

2. Asrama Sahabat Yatim Mastip Kedurus

Asrama Sahabat Yatim Mastrip Kedurus berlokasi di Jl. Raya Mastrip Nomor 44, Kedurus, Karang Pilang, Surabaya.

Untuk Anda yang ingin menginfakkan atau berdonasi untuk anak-anak rumah yatim piatu terdekat di Surabaya bisa melalui Sahabat Yatim Indonesia. Sedikit bantuan dari Anda begitu berarti bagi anak-anak dan kaum yang tak mampu dalam hal ekonomi.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!