Asupan gizi ibu hamil trimester 3

cemilan ibu

Asupan gizi ibu hamil trimester 3 – Untungnya, memasuki trimester ketiga, Anda memasuki tahap yang disebut dokter sebagai tahap mengemil. Jika menu yang Anda peroleh setiap hari drrencanakan dengan baik, maka hal ini dapat membantu melengkapi kebutuhan gizi Anda Agar kebiasaan mengemil ini berdampak baik hagi kesehatan, Anda sebaiknya berusaha untuk ngemil pada waktuwaktu tertentu saja. Misalnya dua atau tiga kali sehari. Selain itu pilihlah jenis cemilan yang rendah kandungan kalori, lemak dan gulanya tapi tingg serat. Misalnya, buah-buahan dan sayur-sayuran.

Buah-buahan dapat Anda konsumsi dalam keadaan segar atau dibuat jus. Sedangkan sayuran pun bisa jadi camilan tersendiri. Misalnya, Anda olah menjadi selada, gado-gado, dan sebagainya. Yang perlu diingat, dalam upaya memenuhi kebutuhan gizi ini, Anda sebaiknya tidak hanya mengandalkan suplcmen beberapa jenis vitamin dan mineral yang mungkin disarankan dokter. Bagarmanapun, zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh sebaiknya berasal dari makanan yang Anda makan sehari hari.

Salah satu cara untuk menghemat waktu dan tenaga dalam mempersiapkan makanan ini adalah dengan mengolah beberapa golongan bahan makanan (sumber karbohidrat, Iemak, protein, viramin dan mineral) menjadi satu jenis hidangan lang mengandung gizi lengkap dan seimbang. Beberapa jenis masakan yang tergolong makanan lengkap sajl (one dishmeal), antara lain nasi tim (ditambah hati ayram dan sayuran), nasi goreng (ditambah irisan daging atau telur dadar/telur mata sapi dan sayuran),mi rebus arau mi goreng (ditambah baso/daging telur dan sayuran), sup komplit, aneka skotel. souffel dan kaserol serta aneka pasta(spageti, lasagna dan lain-lain).

Asupan gizi ibu hamil trimester 3

Sebagai jalan pintas yang lain, Anda bisa membeli makanan cepat hidang yang benar-benar sehat, atau makanan masak yang hanya perlu dipanaskan. Namun, Anda perlu memperhatikan label makanannya, khususnya tentang kandungan gizi\ dan jenis bahan penyusunnya. Jangan sampai Anda salah memilih makanan yang banyak mengandung zat pengawet.

Selain itu, tak ada salahnya pula bila Anda membatasi pemakaian garam dalam makanan. Karena garam yang berlebihan dapat menyebabkan retensi air di dalam sel tubuh secara berlebihan. Dengan menghindari makanan yang terlalu asin atau banyak menggunakan garam, berarti Anda menghindari timbulnya gangguan pre-eklampsia (gejala keracunan kehamilan) yang salah satu tandanya adalah bengkak di kaki serta meningkatnya tekanan darah. Umumnya, gangguan ini terjadi pada trimester ketiga kehamilan.

Bila pada bulan-bulan sebelumnya Anda telah memenuhi kebutuhan gizi dengan baik, maka Anda bisa berharap memiliki cukup energi untuk menjalani proses persalinan yang Lelah Anda nanti-nan menyetikan.

Nah, bila selama hamil kebutuhan gizi Anda terpenuhi dengan baik, maka Anda memiliki cadangan energi yang cukup untuk proses persalinan. Dengan demikian, bayi Anda akan memperoleh jaminan untuk dilahirkan dalam keadaan sehat, dan proses persalinan berlangsung lancar. Dengan demikian, Anda dan bayi berada dalam kondisi sehat, sehingga si kecil kelak dapat tumbuh serta berkembang dengan optimal.

Majalah Ayahbunda

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details