Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Lemon

Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Lemon

Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Lemon – Apa yang terjadi jika kita terlalu banyak minum jus lemon? Padahal, jus lemon adalah salah satu minuman yang banyak penggemarnya. Hampir semua orang menyukai jus lemon, entah itu saat dicampurkan dengan es batu atau diminum hangat-hangat. Tidak sedikit juga orang yang sengaja minum jus lemon untuk menurunkan berat badan, terlebih manfaatnya akan semakin terasa jika di campurkan dengan madu.

Lemon yang terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan berbagai keperluan sehari-hari tersebut sebenarnya tidak boleh diabaikan apabila diminum terlalu banyak. Karena sesuatu yang terlalu banyak tetap akan mendatangkan beberapa hal buruk, sehingga harus dihindari. Begitu juga dengan lemon yang banyak memberikan manfaat tersebut.

Sudah sifat manusia untuk selalu mencoba memanfaatkan segala sesuatu setelah mereka mengetahui manfaatnya dan mengaguminya. Bahkan saking inginnya mendapatkan manfaat tersebut, tidak jarang orang kemudian melakukannya secara berlebihan. Walaupun terkenal sehat dan menyehatkan, namun setiap orang harus tetap mengontrol dalam mengkonsumsi jus lemon agar tidak berlebihan.

 Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Lemon

Manfaat Jus Lemon

Apabila anda ingin menurunkan berat badan, maka dianjurkan untuk meminum jus lemon secara teratur setiap hari. Selain itu, jika anda menginginkan kulit yang bersinar dan putih atau lebih bersih, maka anda juga dianjurkan untuk rutin mengkonsumsinya. Tidak hanya bisa diminum, lemon juga bisa dioleskan pada kulit. Namun perlu anda tahu bahwa, ada beberapa efek samping yang disebabkan lemon apabila dikonsumsi secara berlebihan. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.

 

1.        Menyebabkan mulas

Apabila seseorang mengkonsumsi terlalu banyak jus lemon yang dapat meningkatkan keasaman sehingga menyebabkan rasa mulas dan refluks asam. Jika anda sudah mengalami masalah tersebut karena jus lemon, anda harus segera menghindarinya atau membatasi konsumsi lemon agar tidak terkena hyper-acidity.

 

2.        Iritasi lambung

Iritasi lambung atau dikenal juga dengan nama stomach ulcers bisa disebabkan karena adanya sifat asam dari jus lemon dan bisa memperparah luka. Apabila sakit pada lambung mulai parah dan berdarah, hal tersebut akan menyebabkan rasa sakit serta komplikasi sehingga dapat juga sangat berbahaya, terutama pada penderita maag.

Itulah sebabnya penderita maag tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi jus lemon.

 

3.        Sakit perut dan gangguan pencernaan

Jus lemon apabila digunakan dalam standar dapat membantu melancarkan pencernaan. Namun jika digunakan secara berlebihan, rasa asamnya dapat mengiritasi perut, menyebabkan rasa mual, sakit perut dan muntah-muntah. Selain itu, dapat juga menyebabkan refluks asam serta perasaan kenyang sehingga anda tidak nafsu makan.

Untuk menghindari agar hal tersebut tidak terjadi, dianjurkan untuk mengkonsumsi lemon setelah makan atau setelah dicampurkan dengan air untuk mengurangi keasamannya.

 

4.        Dehidrasi dan sering buang air kecil

Terlalu banyak lemon dapat menyebabkan sering buang air kecil dan dehidrasi. Lemon dikenal kaya vitamin C dan dapat meningkatkan produksi air seni serta frekuensi buang air kecil. Yang pada gilirannya,akan membuat kita dehidrasi.

 

5.        Masalah ginjal

Lemon mengandung oksalat yang dapat membentuk kristal di ginjal dan kandung empedu. Orang yang memiliki penyakit batu ginjal dan memiliki masalah dengan kantung empedu diharuskan menghindari jus lemon karena dapat memperburuk kondisi tersebut.

 

6.        Selalu waspada sebelum mengkonsumsi lemon

Air lemon yang bisa digunakan untuk berbagai penyakit tidak dianjurkan dikonsumsi lebih dari 1 buah per hari. Jika anda merasa tidak nyaman sesaat setelah mengkonsumsi lemon, anda dianjurkan untuk menghindarinya.

Jika anda minum jus lemon untuk mendapatkan vitamin C, maka anda bisa memanfaatkan buah-buahan yang lain sebagai sumbernya.

 

7.        Lapisan lilin pada lemon

Waspadalah. Lemon yang dijual secara komersial terkadang dilapisi dengan lilin untuk melindungi agar buah tersebut tidak memar atau rusak selama pengiriman. Apabila anda tidak mencuci terlebih dahulu, bisa saja lilin tersebut ikut saat anda memeras dan kemudian masuk ke dalam tubuh sehingga sangat berbahaya.

 

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details