Beberapa Amalan Rasul yang Bisa Dilakukan saat Puasa

Beberapa Amalan Rasul yang Bisa Dilakukan saat Puasa

Bulan merupakan bulan yang penuh berkah. Selama bulan Ramadhan, pahala dari amal kebaikan akan dilipat gandakan. Maka tidak heran jika selama bulan ramadhan, umat muslim akan meningkatkan kualitas ibadah mereka mulai dari yang wajib hingga yang  sunnah.

 

Beberapa Amalan Rasul yang Bisa Dilakukan saat Puasa

Adapun sejumlah amalan rasul yang dapat dilakukan ketika menyambut datangnya bulan ramadhan dan berikut beberapa amalan rasul yang bisa dilakukan saat puasa

 

1. Qhada Puasa

Membayar hutang atas puasa tahun lalu sebanyak hari yang ditinggalkan menjadi suatu kewajiban yang mutlak dan dapat dilakukan menjelang ramadhan. Bagi yang meninggalkan puasa di bulan ramadhan tahun lalu dikarenakan suatu kendala maka wajib untuk menggantinya atau mengqadha di luar bulan Ramadhan. Tidak ada ketentuan khusus mengenai batasan waktu untuk menggantikan puasa, asalkan mampu melunasi kewajibannya sebelum memasuki bulan ramadhan yang berikutnya.

 

2. Bermaaf-maafan dan bertobat

Amalan yang dapat dilakukan menjelang ramadhan selanjutnya adalah saling bermaaf maafan lahir dan batin. Dengan cara ini, kita dapat membebaskan diri dari kesalahan terhadap orang lain baik secara disengaja maupun tidak di sengaja yang sekaligus juga sebagai upaya untuk membersihkan hati.

Selain itu, umat Islam dianjurkan untuk menyambut bulan Ramadhan dengan taubat nasuha, mempersiapkan diri berpuasa, serta bertekad yang murni dan tulus.

 

3. Memperbanyak ilmu agama

Ramadhan merupakan bulan yang sangat baik untuk memperdalam kembali ilmu. Pelajaran tentang fiqih ibadah pada bulan Ramadhan seperti misalnya fiqih puasa, shalat tarawih, zakat, sedekah, dan ibadah-ibadah lainnya perlu disegarkan kembali.

 

4. Memperbanyak doa dan dzikir

Doa dan dzikir menjadi dua ikhtiar agar umat Muslim yang mengamalkannya lebih siap dengan kedatangan bulan ramadhan, serta hidupnya diliputi kebaikan dan dijanjikan pahala yang melimpah. Melaksanakan berbagai amalan kebaikan selama ramadhan akan mendapatkkan pahala yang berlipat ganda.

 

5. Mengingatkan orang lain keberkahan Ramadhan

Rasulullah juga mengingatkan orang-orang tentang berkah Ramadhan dan mendorong umat Muslim melakukan perbuatan yang lebih baik lagi.

Rasulullah SAW berkata:

“Telah datang kepadamu Ramadhan, bulan yang diberkati, di mana Allah, Yang Mahakuasa telah memerintahkanmu untuk berpuasa.

Selama itu, gerbang surga dibuka dan gerbang Neraka ditutup, dan setiap iblis dirantai. Di dalamnya, Allah memiliki malam yang lebih baik dari seribu bulan; siapapun yang kehilangan kebaikannya memang dirampas.”

 

6. Ziarah Kubur

Mengunjungi makam orang tua atau sanak saudara yang sudah meninggal menjadi amalan menjelang Ramadhan.

Bahkan ziarah ke makam telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW, karena dapat meningkatkan kezuhudan mengenai berbagai hal kehidupan di dunia.

 

7. Membersihkan diri dan lingkungan sekitar

Umat Islam disunahkan untuk mandi keramas satu hari sebelum puasa Ramadhan yang bertujuan untuk membersihkan diri sebelum memasuki bulan suci.

Selain membersihkan diri, dianjurkan pula membersihkan tempat-ibadah di rumah, pakaian, alat sholat, maupun tempat ibadah seperti masjid atau mushola agar ibadah selama Ramadhan menjadi lebih nyaman dan khusyuk

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details