Beginilah Model Mendidik Anak Secara Islam

Beginilah Model Mendidik Anak Secara Islam

Bismillahirrohmanirohim. Beginilah Model Mendidik Anak Secara Islam. Dari sahabat Ali bin Abi Thalib Radhiallahu Anhu.yang dikutip dari situs website dakwatuna.com, islam memiliki ajaran dalam mendidik dan mengajar anak dari usia 1 tahun sampai dengan usia 21 tahun. Ali bin Abi Thalib Radhiallahu Anhu merupakan Khalifah yang ke empat  yang sudah terkenal dengan kejujuran, kepintarannya, kesetiaannya kepada Rasul kita Nabi Muhammad shalallahualaihi wa salam, di mana beliau membuat tulisan yang sampai sekarang sebagai pedoman umat islam dalam konsep mendidik anak .

Ada tiga kelompok dalam memperlakukan anak  yaitu:

  1.       Kelompok 7 tahun pertama ( umur 0-7 tahun), menjadikan anak sebagai Raja.

Pada usia ini kita sebagai orang tua layani lah anak kita ibaratnya anak kita itu seorang raja dan kita melayani anak kita dengan hati yang tulus. Ada hal-hal kecil yang tanpa kita sadari bisa membuat dampak yang sangat positif di masa perkembangan perilaku si anak contohnya.

        Disaat kta menjadikan anak kita seorang raja dan juga melayaninya dengan sepenuh hati pada anak yang masih berumur di bawah 7 tahun, maka insya allah anak kita akn berkembang menjadi seorang yang memiliki kepribadian yang menyenangkan, perhatian dan juga bertanggung jawab. Karena disaat kita memperlakukan anak kita sebagai raja.  Dan ke depannya nanti anak kita akan memperlakukan kita sebagai raja dan juga ratunya.

  1.       Kelompok ke 7 Tahun kedua ( umur 8-14 tahun)

Di umur 8-14 tahun sebagai orang tua memberikan  pembelajaran tentang Hak dan kewajiban yang seperti nabi kita Muhammad shalallahu alaihi wassalam sudah mulai menyuruh  anak-anaknya agar menjalankan sholat wajib di umur 7-14 tahun. Dan jika anak kita tidak mengerjakan sholat, kita sebagai orang tua diperbolehkan  memukul anak kita pada umur 10 tahun. Diumur tersebut merupakan waktu yang tepat dalam mengajarkan tentang hukum agama, yang wajib ataupun yang dilarang.

Berikanlah hadiah atau sebuah pujian jika anak kita melakukan apa yang sudah kita ajarkan agar anak kita makin semangat dalam mengerjakan .

  1.       Kelompok ke 7 tahun ketiga (umur  15 – 21 tahun)

Anak kita sudah mulai akil baligh pada umur 15 sampai 21 tahun. Posisikan diri kita sebagai orang tua pada umur anak kita 15 tahun keatas, perlakukanlah anak kita sebagai sahabat. Yang selalu ada saat anak kita ingin memerlukan teman curhat dan juga kita harus menjadi sebuah contoh tauladan yang baik seperti yang diajarkan oleh sahabat nabi Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu Anhu. Yaitu Berbicara dari hati ke hati, Berikan kebebasan tetapi tetap dalam pengawasan kita, Memberikan tanggung jawab yang lebih berat, memberikan pembekalan dalam keahlian hidup.

Wallahualam Bishawab

 Begitulah isi artikel dari Begini Model Mendidik Anak secara islam  semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details