Berapa Gaji yang Harus Disisihkan untuk Zakat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim. Berapa Gaji yang Harus Disisihkan untuk Zakat. Pahala dalam mengeluarkan zakat sangatlah besar, bisa jadi zakat yang kita keluarkan merupakan bisa menjadi amal jariyah untuk kita nantinya di akhirat, yang dimana, amal jariyah akan kita dapatkan pahalanya sampai kita meninggal nantinya.

Zakat adalah harta yang kita miliki yang wajib kita sisihkan untuk seseorang yang yang beragama islam , dimana harta tersebut yang kita sisihkan akan diberikan kepada orang yang tidak mampu dalam perekonomian sehari hari. Zakat merupakan termasuk dari rukun islam. Oleh karena itu hukum untuk mengeluarkan zakat adalah wajib bagi setiap umat islamΒ  dimana ada syarat syarat tertentu . ada dua jenis zakat, yaitu zakat fitrah dan juga zakat maal.

Sebagai seorang muslim wajib mengeluarkan zakat fitrah yang zakat ini di keluarkan di saat bulan ramadhan yang biasanya disalurkan satu hariΒ  sebelum hari raya idul fitriΒ  atau sebelum terlaksanakannya sholat id’ ,Β  zakat fitrahΒ  yang dikeluarkan sebesar 2,5 kilogram atau 3,5 liter makanan pokok pada setiap daerah masing –masing..

Zakat maal merupakan zakat harta, zakat maal ada beberapa jenis yaitu, zakat emas.,perak,zakat pertanian dan juga zakat perniagaan. Zakat maal ini hukumnya wajib di keluarkan jika hartanya sudah mencapai nisab. Hisab merupakan suatu syarat atau batas ketentuan kekayaan seseorang untuk menjadi wajibnya zakat atau tidak. Dalam mengeluarkan zakat maal untuk perhitungannya tergantung apa jenis hartanya.

Kalau saja pendapatan yang sudah dimiliki seseorang mencapai nisab, sudah dipastikan wajib dalam mengeluarkan zakat. Dan nilai zakat yang wajib dikeluarkan adalah 2,5% dari total penghasilan.

Untuk perhitungan berapa gaji yang harus disisihkan untuk zakat, sampai saat ini penulis belum mengetahui adanya menyisihkan gaji, karena syarat agar kita wajib mengeluarkan zakat adalah harta atau pendapatan yang kita punyai atau simpan harus harus mencapai nisab dan juga haul . Jika harta dan pendapatan kita sudah mencapai nisab tetapi belumΒ  mencapai haul , tidak diwajibkan mengeluarkan zakat.

Haul adalah batasan waktuΒ  dalam sebuah periode tahun hijriah yang nantinya harta tersebut wajib untuk dikeluarkan.

Wallahualam Bishawab.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!