Berbagi Berkah Dengan Sesama di Hari Jumat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Anak Sering Meminta Bekal Teman - Pontianak Post

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk berbagi berkah di hari mulai yaitu Jumat, apalagi dilakukan dengan langkah yang tepat. Tak salah, jika umat muslim berlomba melakukannya setiap minggu dengan berharap bisa menjadi insan yang lebih baik.

Dalam salah satu hadits shahih HR. Muslim disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, hari terbaik adalah Jumat. Tentu sebuah keberuntungan, bagi umat muslim yang memanfaatkan hari tersebut dengan berbagi karena hari Jumat dalam Islam memiliki makna yang luar biasa.

Apa Saja yang Bisa Dibagikan Kepada Sesama?

Berbagi di hari Jumat bisa dengan memberikan apapun yang Anda punya, seperti dikisahkan dalam kitab Zadul Ma’ad bahwa Ibnu Qayyim melihat pada suatu hari Jumat. Dimana Ibnu Taimiyah akan pergi untuk melaksanakan shalat Jumat.

Dia pergi bukan dengan tangan kosong, melainkan membawa apa yang tersedia di rumahnya untuk kemudian diberikan kepada orang yang kebetulan ditemuinya di jalan menuju masjid. Lantas apa sebenarnya yang baik diberikan, sebagai bagian dari berkah Jumat berbagi tersebut?

  • Uang

Kebanyakan orang menilai uang adalah, yang paling utama bisa diberikan kepada orang lain sebagai bagian sedekah. Memang ada benarnya, Anda bisa membawa uang yang cukup kemudian memberikannya kepada yang membutuhkan.

Bisa juga, langsung dimasukkan ke dalam kotak amal yang Anda temukan di masjid atau disalurkan melalui pihak yang memang sudah terbiasa menyalurkan sedekah di hari Jumat.

  • Makanan dan Minuman

Selain uang, makanan dan minuman juga bisa dijadikan sedekah hebat di hari Jumat. Misalnya, Anda memiliki roti di rumah atau nasi dan lauk yang bisa dibagikan kepada pengemis atau fakir miskin.

Begitu juga minuman yang bisa menghilangkan dahaga, tentunya akan sangat bermanfaat bagi orang yang memang sedang haus dan membutuhkan minuman.

  • Pakaian

Produk pakaian baru atau yang masih layak pakai, juga dapat dijadikan barang sedekah membawa berkah. Terutama ketika diberikan di hari yang juga berkah, kepada orang yang tidak seberuntung Anda.

Misalnya, Anda kemas beberapa helai baju kemudian pergilah ke lokasi yang menjadi tempat tinggal orang fakir atau miskin. Kemudian berikanlah kepada mereka dengan niat tulus untuk membantu.

Berkahnya bukan hanya Anda yang akan mendapatkannya, mereka pastinya akan sangat terbantu dengan apa yang diberikan.

  • Waktu

Tidak melulu soal benda yang terlihat, Anda juga bisa memberikan berkah berupa waktu yang dimiliki. Misalnya, menemani orang tua berobat di hari Jumat atau membantu orang dengan kondisi fisik tidak bisa melihat untuk menyeberang jalan.

Walaupun terlihat sepele, namun bisa menjadi berkah saat Anda melakukannya dengan senang dan tanpa paksaan dari siapapun. 

  • Ilmu

Berbagi ilmu juga akan menjadi bagian dari berkah yang tidak ternilai, misalnya Anda mengajarkan anak putus sekolah di pagi hari Jumat berkah. Mereka jadi paham banyak hal dan menerapkannya dalam kehidupan.

Cara Terbaik Berbagi Berkah di Hari Jumat

Selain mengetahui apa saja yang bisa diberikan sebagai sarana berbagi kepada sesama, Anda juga perlu tahu cara terbaik agar sedekah dan niat untuk berbagi tersebut tersampaikan dengan baik. Diantaranya adalah:

  • Sebelum Shalat Jumat

Rasulullah SAW berbagi dengan fakir miskin di hari Jumat sebelum melaksanakan shalat Jumat. Begitu juga sejumlah sahabat yang dijelaskan dalam sejumlah riwayat sahih. 

Anda bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada pagi di hari berkah itu sempatkanlah pergi ke panti asuhan untuk bersedekah. 

Bisa juga dengan memberikan bantuan kepada korban bencana alam melalui donatur terpercaya, lalu melanjutkan aktivitas dan berangkat ke masjid untuk melakukan shalat Jumat.

  • Tidak Diketahui Orang

Sangat baik, jika Anda memberikan berkah dengan berbagi kepada sesama tanpa diketahui orang lain. Ini yang dinamakan niat tulus karena Allah SWT. 

Cara ini juga diterapkan oleh Rasulullah saat berbagi, dimana tidak ada keinginan untuk disanjung dan riya di hadapan orang lain

  • Ikhlas

Pastikan untuk ikhlas saat berbagi, supaya hati menjadi tentram dan hidup jadi lebih nyaman dijalani. Akan berbeda jika Anda masih memperhitungkan apa yang diberikan, tentu hidup akan dikelilingi perasaan yang tidak baik dan ingin cepat mendapatkan imbalan dari Allah SWT.

Padahal, Allah sudah mempersiapkan waktu yang tepat untuk mengganti apa yang sudah Anda berikan kepada orang lain tersebut dengan jumlah berlipat ganda. 

Hal itu ditegaskan dalam sejumlah hadits sahih, yang menyebutkan bahwa Rasulullah pernah berkata, Allah akan melipat gandakan rezeki orang yang bersedekah terutama di hari berkah seperti Jumat.

  • Beri Berkah Pada Orang yang Tepat

Alangkah baiknya, untuk memberikan berkah berupa sedekah dan lainnya kepada orang yang tepat. Seperti sudah dijelaskan dalam Alquran, tentang siapa saja yang berhak mendapatkan sedekah dan dijadikan objek berbagi di hari Jumat.

Berkah yang Didapat Saat Berbagi di Hari Jumat

Dengan menjadikan berbagi sebagai bagian dari aktivitas Anda di hari Jumat, banyak berkah yang bisa didapatkan dan sudah dijanjikan Allah SWT melalui wahyunya yang tertuang dalam Alquran. Beberapa diantaranya adalah:

  • Pahala

Pahala berlipat ganda akan didapat ketika berbagi di hari yang mulia tersebut, baik itu saat Anda memberikan kepada fakir, miskin, orang tua, hingga pihak-pihak lainnya.

Pastinya jumlah pahalanya sudah ditentukan oleh Allah, tinggal Anda menabungnya saja dengan berbagi setiap Jumat.

  • Kemudahan Rezeki

Seperti kisah sedekah yang dilakukan sahabat Rasulullah SAW, Ali bin Abi Thalin yang bersedekah kepada pengemis padahal dia hanya memiliki uang sedikit untuk membeli makanan.

Kemudian Allah memudahkan rezekinya, dengan mendapatkan seekor unta dengan harga yang jauh lebih banyak ketimbang apa yang sudah disedekahkannya. Yang paling penting, memang ketulusan dalam memberi dan berbagi tanpa embel-embel apapun.

  • Ampunan

Allah akan memberikan ampunan, kepada orang yang bersedekah dan berbagi di hari Jumat. Seperti dijelaskan dalam sejumlah ayat di dalam Alquran dan hadits sahih.

  • Kerendahan Hati

Orang yang hobi berbagi akan memiliki sifat kerendahan hati yang luar biasa, dimana dia akan memikirkan kondisi orang lain di atas kepentingannya sendiri. 

Kerendahan hati ini, juga terlihat dari kesederhanaan dalam hidup dan banyak membaca doa jumat berkah seiring aktivitas baik yang juga tak lupa dilakukan.

Dimana Tempat Terbaik Berbagi Berkah

Anda bisa berbagi dimana saja dan kapan saja, misalnya di panti asuhan, rumah jompo, posko pengungsian, bahkan di rumah sendiri juga masih bisa berbagi. 

Jadi, jangan bingung untuk menentukan dimana akan berbagi berkah. Apalagi dalam hadits berbagi, dititikberatkan kepada apa yang akan didapatkan manusia yang gemar berbagi. Tidak ada penegasan, dimana mereka harus melakukan sedekah dan berbagi apa yang mereka miliki.

Sangat terlihat jelas bahwa berbagi berkah di hari Jumat sangat penting, bukan saja soal apa yang diberikan tapi juga apa yang didapatkan dan bagaimana cara terbaik untuk melakukannya. 

Makanya untuk mendapatkan manfaat hari Jumat terbaik, Anda perlu mengimplementasikan niat berbagi sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW. Yuk mulai berbagi sekarang!

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!