Pahami tentang Bersedekah dengan Surah Al Hadid

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Sedekah bukanlah gerakan yang membuat seseorang menjadi rugi. Justru dengan bersedekah, harta mereka akan terjaga. Banyak orang yang lupa keutamaan bersedekah sehingga mengesampingkan amalan yang satu ini.

Padahal, sedekah tidak hanya berupa harta. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bersedekah. Nabi shallallahu โ€™alaihi wasallam pernah bersabda:

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจูู‰ ุฐูŽุฑูู‘ ุฃูŽู†ูŽู‘ ู†ูŽุงุณู‹ุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจู ุงู„ู†ูŽู‘ุจูู‰ูู‘ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ู‚ูŽุงู„ููˆุง ู„ูู„ู†ูŽู‘ุจูู‰ูู‘ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ุฏูู‘ุซููˆุฑู ุจูุงู„ุฃูุฌููˆุฑู ูŠูุตูŽู„ูู‘ูˆู†ูŽ ูƒูŽู…ูŽุง ู†ูุตูŽู„ูู‘ู‰ ูˆูŽูŠูŽุตููˆู…ููˆู†ูŽ ูƒูŽู…ูŽุง ู†ูŽุตููˆู…ู ูˆูŽูŠูŽุชูŽุตูŽุฏูŽู‘ู‚ููˆู†ูŽ ุจูููุถููˆู„ู ุฃูŽู…ู’ูˆูŽุงู„ูู‡ูู…ู’. ู‚ูŽุงู„ูŽ ยซ ุฃูŽูˆูŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู‚ูŽุฏู’ ุฌูŽุนูŽู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู„ูŽูƒูู…ู’ ู…ูŽุง ุชูŽุตูŽู‘ุฏูŽู‘ู‚ููˆู†ูŽ ุฅูู†ูŽู‘ ุจููƒูู„ูู‘ ุชูŽุณู’ุจููŠุญูŽุฉู ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู‹ ูˆูŽูƒูู„ูู‘ ุชูŽูƒู’ุจููŠุฑูŽุฉู ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูŒ ูˆูŽูƒูู„ูู‘ ุชูŽุญู’ู…ููŠุฏูŽุฉู ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูŒ ูˆูŽูƒูู„ูู‘ ุชูŽู‡ู’ู„ููŠู„ูŽุฉู ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูŒ ูˆูŽุฃูŽู…ู’ุฑูŒ ุจูุงู„ู’ู…ูŽุนู’ุฑููˆูู ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูŒ ูˆูŽู†ูŽู‡ู’ู‰ูŒ ุนูŽู†ู’ ู…ูู†ู’ูƒูŽุฑู ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูŒ ูˆูŽููู‰ ุจูุถู’ุนู ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูŒ ยป. ู‚ูŽุงู„ููˆุง ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฃูŽูŠูŽุฃู’ุชูู‰ ุฃูŽุญูŽุฏูู†ูŽุง ุดูŽู‡ู’ูˆูŽุชูŽู‡ู ูˆูŽูŠูŽูƒููˆู†ู ู„ูŽู‡ู ูููŠู‡ูŽุง ุฃูŽุฌู’ุฑูŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ยซ ุฃูŽุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชูู…ู’ ู„ูŽูˆู’ ูˆูŽุถูŽุนูŽู‡ูŽุง ููู‰ ุญูŽุฑูŽุงู…ู ุฃูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูููŠู‡ูŽุง ูˆูุฒู’ุฑูŒ ููŽูƒูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ุฅูุฐูŽุง ูˆูŽุถูŽุนูŽู‡ูŽุง ููู‰ ุงู„ู’ุญูŽู„ุงูŽู„ู ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽู‡ู ุฃูŽุฌู’ุฑูŒ

Dari Abu Dzar radhiyallahu โ€˜anhu, ia berkata, โ€œSesungguhnya sebagian dari para sahabat Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam berkata kepada Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam, โ€œWahai Rasulullah, orang-orang kaya lebih banyak mendapat pahala, mereka mengerjakan shalat sebagaimana kami shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa, dan mereka bershodaqoh dengan kelebihan harta merekaโ€. Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda, โ€œBukankah Allah telah menjadikan bagi kamu sesuatu untuk bershodaqaoh? Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah shodaqoh, tiap-tiap tahmid adalah shodaqoh, tiap-tiap tahlil adalah shodaqoh, menyuruh kepada kebaikan adalah shodaqoh, mencegah kemungkaran adalah shodaqoh dan persetubuhan salah seorang di antara kamu (dengan istrinya) adalah shodaqoh โ€œ. Mereka bertanya, โ€œ Wahai Rasulullah, apakah (jika) salah seorang di antara kami memenuhi syahwatnya, ia mendapat pahala?โ€ Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam menjawab, โ€œTahukah engkau jika seseorang memenuhi syahwatnya pada yang haram, dia berdosa. Demikian pula jika ia memenuhi syahwatnya itu pada yang halal, ia mendapat pahalaโ€.  (HR. Muslim no. 2376)

5 Manfaat Bersedekah bagi Seorang Muslim

Bersedekah adalah perbuatan yang sangat dianjurkan di dalam Islam. Banyak keutamaan bersedekah bagi seorang muslim. Bahkan, bersedekah juga memiliki berbagai manfaat sehingga sayang sekali jika seorang muslim mengabaikan anjuran ini.

Manfaat bersedekah juga pernah diutarakan oleh Ibnul Qayyim sebagai berikut:

โ€œSungguh, bersedekah itu mencegah kematian yang jelek, mencegah balaโ€™ sampai penggemar maksiat pun terjaga dari balaโ€™ karena rajin bersedekah, menghapus dosa, menjaga harta, mendatangkan rezeki, membuat gembira hati, dan menyebabkan hati yakin dan baik sangka kepada Allah.โ€ (Uddah ash-Shabirin hal. 490)

Berikut 5 manfaat bersedekah bagi seorang muslim:

  1. Sedekah Dapat Menghapuskan Dosa

Bagi seorang muslim, dosa tentu saja menjadi sebuah beban yang sangat berat. Bertaubat dan bersedekah adalah cara seorang muslim untuk mendapatkan ampunan dari Allah.

Untuk mendapatkan ampunan dari Allah memang tidak boleh hanya sekadar melakukan sedekah tanpa bertaubat. Jadi, selain bersedekah, seseorang juga harus bertekad untuk tidak mengulangi perbuatan dosa yang dilakukannya.

Bersedekah tidak hanya mampu mengurangi dosa, melainkan juga dapat menambah pahala bagi seorang muslim. Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam pernah bersabda:

ูˆุงู„ุตุฏู‚ุฉ ุชุทูู‰ุก ุงู„ุฎุทูŠุฆุฉ ูƒู…ุง ุชุทูู‰ุก ุงู„ู…ุงุก ุงู„ู†ุงุฑ 

โ€œSedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.โ€ (HR Tirmidzi, dishahihkan oleh al-Albani)

  1. Sedekah Dapat Menjadikan Harta Lebih Berkah dan Terhindarkan dari Bahaya

Keutamaan lain dari bersedekah adalah harta akan menjadi lebih berkah dan terhindar dari hal yang berbahaya. Harta yang berkah tentu saja akan lebih nikmat dibandingkan hanya sekadar memiliki harta tanpa ada keberkahan di dalamnya.

Harta yang berkah akan terasa selalu cukup bagi seorang muslim, meskipun hanya sedikit. Berbeda ketika banyak harta tanpa ada keberkahan di dalamnya. Yang ada adalah harta selalu terasa tidak cukup.

Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam pernah bersabda:

ู…ุง ู†ู‚ุตุช ุตุฏู‚ุฉ ู…ู† ู…ุงู„ ูˆู…ุง ุฒุงุฏ ุงู„ู„ู‡ ุนุจุฏุง ุจุนููˆ ุฅู„ุง ุนุฒุง 

โ€œHarta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.โ€ (HR Muslim)

Imam Nawawi menjelaskan bahwa maksud hadits tersebut adalah: 

  • Hartanya diberkahi dan terhindar dari hal-hal yang berbahaya.
  • Jika secara dzatnya berkurang, harta tersebut telah tertutupi oleh pahala yang didapatkan.
  1. Terdapat Pintu Surga Khusus Orang Bersedekah

Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam pernah bersabda,

ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽู†ู’ููŽู‚ูŽ ุฒูŽูˆู’ุฌูŽูŠู’ู†ู ููู‰ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู†ููˆุฏูู‰ูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉู ูŠูŽุง ุนูŽุจู’ุฏูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุŒ ู‡ูŽุฐูŽุง ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ . ููŽู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ุตูŽู‘ู„ุงูŽุฉู ุฏูุนูู‰ูŽ ู…ูู†ู’ ุจูŽุงุจู ุงู„ุตูŽู‘ู„ุงูŽุฉู ุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ุฌูู‡ูŽุงุฏู ุฏูุนูู‰ูŽ ู…ูู†ู’ ุจูŽุงุจู ุงู„ู’ุฌูู‡ูŽุงุฏู ุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ุตูู‘ูŠูŽุงู…ู ุฏูุนูู‰ูŽ ู…ูู†ู’ ุจูŽุงุจู ุงู„ุฑูŽู‘ูŠูŽู‘ุงู†ู ุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ุตูŽู‘ุฏูŽู‚ูŽุฉู ุฏูุนูู‰ูŽ ู…ูู†ู’ ุจูŽุงุจู ุงู„ุตูŽู‘ุฏูŽู‚ูŽุฉู

 โ€œOrang yang menyumbangkan dua harta di jalan Allah maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: โ€˜Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.โ€™ Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.โ€ (HR Bukhari dan Muslim)

  1. Sedekah Dapat Membebaskan Seseorang Dari Siksa Kubur

Salah satu manfaat bagi seorang yang gemar bersedekah adalah dengan sedekah maka seseorang dapat terhindar dari siksa kubur, sesuai sabda Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam:

ุฅู† ุงู„ุตุฏู‚ุฉ ู„ุชุทูู‰ุก ุนู† ุฃู‡ู„ู‡ุง ุญุฑ ุงู„ู‚ุจูˆุฑ

 โ€œSedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.โ€ (HR Thabrani, dishahihkan oleh al-Albani)

  1. Orang yang Bersedekah Merasakan Dada Menjadi Lebih Lapang

Seseorang yang merasa hatinya sempit dan mudah terbawa emosi akan membawa keburukan pada dirinya. Untuk menghilangkan perasaan sempit di dalam hatinya maka hendaknya ia menjalankan sedekah secara rutin.

Sabda Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam:

ู…ุซู„ ุงู„ุจุฎูŠู„ ูˆุงู„ู…ู†ูู‚ ุŒ ูƒู…ุซู„ ุฑุฌู„ูŠู† ุŒ ุนู„ูŠู‡ู…ุง ุฌุจุชุงู† ู…ู† ุญุฏูŠุฏ ุŒ ู…ู† ุซุฏูŠู‡ู…ุง ุฅู„ู‰ ุชุฑุงู‚ูŠู‡ู…ุง ุŒ ูุฃู…ุง ุงู„ู…ู†ูู‚ : ูู„ุง ูŠู†ูู‚ ุฅู„ุง ุณุจุบุช ุŒ ุฃูˆ ูˆูุฑุช ุนู„ู‰ ุฌู„ุฏู‡ ุŒ ุญุชู‰ ุชุฎููŠ ุจู†ุงู†ู‡ ุŒ ูˆุชุนููˆ ุฃุซุฑู‡ . ูˆุฃู…ุง ุงู„ุจุฎูŠู„ : ูู„ุง ูŠุฑูŠุฏ ุฃู† ูŠู†ูู‚ ุดูŠุฆุง ุฅู„ุง ู„ุฒู‚ุช ูƒู„ ุญู„ู‚ุฉ ู…ูƒุงู†ู‡ุง ุŒ ูู‡ูˆ ูŠูˆุณุนู‡ุง ูˆู„ุง ุชุชุณุน

 โ€œPerumpamaan bagi orang yang pelit dengan orang yang gemar bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang terpotong bagian lengannya hingga tulang selangka keduanya. Orang yang gemar sedekah dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya, tetapi tidak bisa.โ€ (HR Bukhari)

Ayat tentang Bersedekah dalam Al-Qurโ€™an

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa banyak sabda Rasulullah yang menjelaskan tentang keutamaan bersedekah. Lalu, bagaimana dengan ayat dalam Al Qurโ€™an yang menjelaskan tentang sedekah? 

Dalam surat Al Hadid, dijelaskan bahwa orang yang bersedekah akan mendapatkan pahala. Keutamaan dari sedekah sendiri sudah sangat banyak dan memberikan kebaikan di dunia dan akhirat. 

Adapun surah Al Hadid dan terjemahannya yang menjelaskan tentang sedekah adalah sebagai berikut.

ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู’ู…ูุตูŽู‘ุฏูู‘ู‚ููŠู†ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุตูŽู‘ุฏูู‘ู‚ูŽุงุชู ูˆูŽุฃูŽู‚ู’ุฑูŽุถููˆุง ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ู‚ูŽุฑู’ุถุงู‹ ุญูŽุณูŽู†ุงู‹ ูŠูุถูŽุงุนูŽูู ู„ูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽู„ูŽู‡ูู…ู’ ุฃูŽุฌู’ุฑูŒ ูƒูŽุฑููŠู…ูŒ 

โ€œSesungguhnya, orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.โ€ (QS Al Hadid 18)

Ayat tentang sedekah di atas menjelaskan bahwa sedekah tidak hanya dilakukan oleh salah satu golongan saja, tetapi bisa diamalkan oleh perempuan ataupun laki-laki. Keduanya memiliki hak untuk menyisakan hartanya di jalan Allah.

Dalam tafsir Ibnu Katsir, kalimat dalam surah Al Hadid tersebut yang mengatakan โ€œdan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baikโ€ berarti mereka menyerahkan harta dengan niat ikhlas karena mengharapkan ridha Allah serta tidak menginginkan balasan dari orang-orang yang diberi olehnya dan tidak pula ungkapan terima kasih.

Sedangkan kalimat โ€œniscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyakโ€ maksudnya adalah Allah menerima kebaikan mereka dan membalas dengan sepuluh kali lipatnya dan diberi tambahan pula hingga sampai tujuh ratus kali lipatnya, bahkan lebih dari itu.

Pembahasan dalam ayat Al Hadid tersebut tentu saja menjelaskan betapa utamanya untuk melakukan sedekah bagi umat muslim. Lalu, 

Kapan Sebaiknya Sedekah Dilakukan? 

Setelah pembahasan dalam Al Qurโ€™an dalam surat Al Hadid ayat 18 di atas, tibalah saatnya untuk membahas tentang waktu terbaik dalam melakukan sedekah. Apakah ada waktu khusus untuk mengamalkan sedekah?

Tidak ada penjelasan secara khusus tentang waktu terbaik untuk bersedekah. Namun, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam pernah bersabda yang artinya:

โ€œSetiap datang waktu pagi yang dialami para hamba, ada dua malaikat yang turun. Yang satu berdoa, โ€˜Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfakโ€™, sementara yang satunya berdoa, โ€˜Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang kikir.โ€ (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam penjelasan hadits di atas, tidak disebutkan waktu yang paling baik dalam bersedekah, tetapi malaikat akan selalu mendoakan orang-orang yang gemar melakukan sedekah pada hari tersebut.

Bagi Anda yang ingin berbagi, Sahabat Yatim juga bisa menjadi tempat untuk menyalurkan sedekah/infaq. Ayo, perbanyak amal kebaikan untuk menambah keberkahan hidup di dunia dan akhirat.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!