Bila Lahir Anak Kembar Laki-Laki dan Perempuan Maka Dipotongkan Akikah Sebanyak Ekor Kambing?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Dalam menyambut lahirnya seorang bayi dalam Islam dianjurkan untuk di aqiqah. Aqiqah sendiri merupakan sebuah tradisi yang dilakukan dengan cara menyembelih hewan ternak kambing. Pada acara aqiqah seorang bayi juga akan dipotong rambutnya.

Acara aqiqah menjadi tanda syukur atas kelahiran seorang bayi yang juga sekaligus sebagai cara berbagi kebahagiaan kepada orang orang sekitar.

Dalam melakukan aqiqah antara anak perempuan dan lagi lagi berbeda, yang dimana apabila anak laki laki maka kambing yang disembelih berjumlah 2 ekor, sedangkan untuk anak perempuan maka kambing berjumlah 1 ekor. Apabila anak kembar 2 laki laki maka jumlah kambing yang disembelih berjumlah 4 ekor, apabila perempuan kembar maka kambingΒ  berjumlah 2 ekor.

 

Syarat Hewan Aqiqah

Hewan yang akan dijadikan sebagai hewan aqiqah tidak jauh berbeda dengan kriteria hewan yang dijadikan sebagai hewan qurban. Kondisi hewan yang hendak disembelih merupakan hewan yang berada dalam kondisi yang sehat, tidak cacat, tidak kurus dan umurnya telah mencukupi. Biasanya kambing yang digunakan untuk aqiqah ini memiliki kisaran umur satu tahun dan memiliki jenis kelamin jantan maupun betina. Hukum aqiqah ini memang sunnah muakkad, namun daging aqiqah ini juga disunahkan untuk dimasak terlebih dahulu.Β Β 

 

Secara istilah, makna aqiqah ada beberapa pendapat ulama, diantaranya:

Β Menurut Sayyid Sabiq, Aqiqah adalah sembelihan yang disembelih untuk anak yang baru lahir.

Menurut Imam Taqiyuddin Abu Bakar bin Muhammad Al-Husaini, Aqiqah adalah nama sesuatu yang disembelihkan pada hari ketujuh, yakni hari mencukur rambut kepalanya yang disebut Aqiqah dengan menyebut sesuatu yang ada hubunganya dengan nama tersebut.

Menurut jumhur ulama mengartikan bahwa aqiqah yaitu menyembelih hewan pada hari ketujuh dari hari lahirnya seorang anak baik laki-laki maupun perempuan.

Menurut Abdullah Nashih Ulwan, aqiqah berarti menyembelih kambing untuk anak pada hari ketujuh kelahirannya.

Menurut Drs. R. Abdul Aziz dalam bukunya Rumah Tangga Bahagia Sejahtera, mengatakan bahwa aqiqah adalah menyembelih kambing untuk menyelamati bayi yang baru lahir dan sekaligus memberikannya sebagai sedekah kepada fakir miskin.

 

Keutamaan Aqiqah

Ada beberapa keutamaan dalam melakukan aqiqah dan berikut beberapa diantaranya

Mendapat pahala karena melaksanakan sunnah Rasul

Melaksanakan sunnah Rasul sama aja membuktikan kalau diri kita mencintai Nabi Muhammad dan mencintai Islam. Mengapa demikian? Karena semua sumber dasar Islam ada pada Al Quran dan As Sunnah yang mana aqiqah adalah salah satu isi yang ada didalam sunnah itu.

 

Menghilangkan kotoran dan penyakit

Β Aqiqah juga disertai dengan mencukur rambut bayi dengan niat menghilangkan kotoran dan penyakit.

 

Meningkatkan ibadah kepada Allah

Pada acara aqiqah biasanya disertai dengan pembacaan al quran 30 juz, atau pembacaan yasin dan tahlil, doa-doa dan lain sebagainya. Hal ini membuat pelaksana aqiqah menjadi meningkat rasa cinta ibadahnya dengan berbuat demikian.

 

Mendoakan sang bayi

Pada aqiqah biasanya disertai doa-doa untuk mendoakan bayi sehingga dapat menjadi keuntungan untuk bayi yang tiada terhitung jumlahnya.

 

Meningkatkan rasa cinta sosial sesama muslim

Dengan membagi aqiqah pada sesama muslim dapat meningkatkan rasa solidaritas sesama muslim sehingga menumbuhkan cinta terhadap sesama muslim pula.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!