You are here:

Bisnis Distribusi Buku, Ini Cara dan Keuntungannya.

bisnis distribusi buku

Bisnis Distribusi Buku – Buku adalah jendela dunia. Istilah itu memang benar sekali. Dengan banyak membaca buku, kita akan memiliki pengetahuan jauh lebih luas dibandingkan dengan mereka-mereka yang tidak pernah membaca buku. Buku bukan hanya buku pelajaran yang berat dan menjenuhkan tetapi banyak ragamnya, seperti buku cerita, buku biografi, buku sastra, dan masih banyak lagi jenisnya. Tiap-tiap orang pastinya memiliki kegemaran sendiri dalam memilih jenis buku bacaan.

Dengan mulai banyaknya jenis buku yang disuguhkan para distributor buku, para pembeli pun kini memiliki banyak pilihan dalam membeli buku didukung oleh sistem pendistribusian buku yang luas. Pada saat ini hampir semua tema memiliki, paling tidak, satu judul buku. Jika kita akan memulai belajar memasak, bukunya sudah bisa kita cari di toko buku di daerah kita. Jika kita kehabisan stok buku di toko buku, kita pun bisa langsung memesannya melalui distributor.

Sekilas Tentang Distributor Buku

Di Indonesia ada beberapa distributor besar yang tersebar luas di mana-mana. Tetapi tahukah anda pengertian distributor itu sendiri? Distributor bisa berbentuk perseorangan atau sebuah perusahaan yang membeli suatu produk kepada perusahaan yang memproduksi suatu produk secara langsung untuk dijual kembali ke toko-toko. Misalnya jika distributor buku, berarti dia membeli beberapa buku dari penerbit dan kemudian dijual kembali ke toko-toko buku atau pun bisa dijual via internet melalu toko buku online. Tetapi wilayah jual distributor ini tergantung pada kesepakatan yang telah dibicarakan bersama pihak pertama yaitu produsen.

Untuk pendistribusian buku, berarti ada kesepakatan dengan penerbit. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ini disebabkan karena satu perusahaan penerbitan tidak hanya memiliki satu distributor, sehingga mereka harus membagi wilayah penjualan supaya tidak terjadi kekurangan stok ataupun kelebihan stok disatu daerah.

Keuntungan Bisnis Distribusi Buku

Menjadi distributor buku merupakan salah satu bisnis yang popularitasnya sedang menanjak. Ini karena makin populer toko buku online yang berada di Indonesia. Para pengusaha toko buku online ini memerlukan para distributor untuk mengirimkan buku-buku yang dijual oleh penerbit buku. Selain itu distributor pun bisa menjual langsung barang beliannya kepada konsumen tanpa perantara toko buku tersebut. Bisa saja dia sendiri yang menjualnya via internet atau membuka kios buku didaerah tempat tinggalnya.

 

Mengapa bisnis distribusi buku memiliki banyak keuntungan dan menjadi ladang usaha yang lumayan? Berikut beberapa alasannya.

 

  1. Penjualan dan pemasaran, baik itu barang atau jasa, seluruhnya dikerjakan atas nama si distributor tersebut. Jadi hak penjualan buku sudah bukan milik penerbit lagi. Sehingga penerbit tidak akan tahu kemana dan kepada siapa barang akan dijual.
  2. Sistem pembayaran pun murni seluruhnya dari hasil keuntungan yang diperoleh dari penjualan buku yang didistribusikan oleh si distributor. Bukan bagi hasil dengan si penerbit.
  3. Barang, yang disini berupa buku, sudah milik pihak distributor sehingga penjualannya langsung kepada konsumen.
  4. Keuntungan diperoleh dari harga selisih harga jual buku kepada konsumen yang dikurangi harga beli pihak distributor kepada pihak penerbit.
  5. Konsumen langsung membayar harga barang kepada pihak distributor buku.

 

Budayakan Membaca Buku

Pernah ada yang mengatakan bahwa minat membaca masyarakat Indonesia sangatlah rendah. Kita pun bisa menyaksikannya disekeliling kita bahwa masih banyak teman-teman atau bahkan saudara kita yang tidak suka membaca. Mengapa yah hal itu bisa terjadi? Padahal dengan banyak membaca, kita akan banyak tahu. Dengan banyak tahu, kita akan memiliki pengetahuan yang tak terbatas.

Dengan berbekal pengetahuan itu tentu kita akan membuka kesempatan diri sendiri untuk lebih sukses dalam kehidupan. Sukses kan tidak hanya diukur oleh materi, tetapi bisa menjadi berguna dengan ilmu yang kita miliki pun itu sudah termasuk hitungan sukses. Para distributor buku di Indonesia sebenarnya sudah banyak menyalurkan buku-buku bagus dan menarik yang mudah untuk dibaca tetapi sayangnya sebagian masyarakat Indonesia masih belum tertarik membelinya dan membacanya. Bahkan terkadang diberi buku gratis pun, masyarakat masih belum mau memulai membaca.

Seharusnya kita bertanya-tanya lagi, mengapa yah masyarakat ini masih belum suka juga membaca buku? Di dalam buku terdapat banyak ilmu, banyak pengetahuan, banyak info, yang terkadang tidak kita temui di dunia nyata.

Buku sebenarnya tidak melulu harus serius. Ada buku cerita yang menyenangkan untuk di baca. Seperti novel, dongeng, cerita rakyat, teenlit, dan masih banyak lagi. Buku non fiksi pun kini sudah beragam macamnya. Sekarang yang banyak dicari masyarakat adalah buku travelling dan buku yang menceritakan tentang kisah nyata si penulis. Genre ini dipopulerkan oleh Raditya Dika.

 

Buku-Buku Populer

Chairul Tanjung Si Anak Singkong.

Buku ini menceritakan kisah bapak Chairul Tanjung sedari kecil dan hidup susah hingga sekarang menjadi seorang pebisnis sukses di Indonesia. Di buku ini diceritakan pengalaman dan perjalanan bapak Chairul Tanjung dalam menghadapi beratnya kehidupan hingga bisa menjadi seorang pengusaha sukses yang memiliki banyak anak perusahaan di Indonesia ini.

 

9 Summers 10 Autumns.

Buku ini telah difilmkan dan mendapat respon yang positif dari masyarakat. Menceritakan tentang kisah seorang anak supir angkot di daerah Batu, Malang yang bisa sukses di Amerika Serikat. Perjalanannya mewujudkan mimpi-mimpinya menjadi cerita yang bisa dinikmati semua orang. Perjalanan hidup yang menyentuh hati.

 

Generasi 90an.

Buku ini lebih kepada buku bergambar yang menggambarkan apa saja yang pernah dilakukan anak-anak dan remaja pada zaman 90’an. Buku ini menjadi popular karena membuat yang membacanya menjadi ikut bernostalgia ke zaman dulu. Selain itu buku ini juga dilengkapi gambar-gambar yang menarik sehingga membacanya seperti membaca komik anak-anak.

 

Habibie &  Ainun

Buku ini bukanlah buku baru tetapi masih saja dicari oleh para pembaca. Selain sudah diangkat ke layar lebar, buku ini pun masih saja sering dibicarakan oleh orang-orang. Begitu populernya buku ini dikalangan masyarakat kita. Buku ini menceritakan kisah hidup dan perjuangan Pak Habibie dan Bu Ainun secara gamblang. Dari mulai bertemu hingga akhirnya harus dipisahkan oleh maut. Buku yang sangat menyentuh hati siapapun yang membacanya.

 

Perahu Kertas

Buku karya Dewi Lestari ini menceritakan tentang kisah cinta dua anak muda yang diawali dari pertemanan. Kisah-kisah romansa anak muda. Dari mulai suka-suka’an, cemburu, benci, dan lain-lain ada di dalam buku ini. Buku ini pun telah diangkat ke layar lebar dan cukup memiliki banyak penggemar fanatik yang menasbihkan dirinya sebagai “Agen Neptunus” dengan selalu menaikkan dua jari kanan dan dua jari kiri di atas kepalanya membentuk sebuah tanduk jika bertemu sesame agen. Sebutan ini berasal dari sebutan untuk dua tokoh utama di buku tersebut.

Jika berkeinginan untuk bisnis distribusi buku di wilayah anda, tidak ada salahnya kan anda mencoba peluang ini. Dengan melihat begitu banyaknya jenis buku yang kini beredar di pasaran tentu keinginan masyarakat untuk membeli buku pun ikut besar dan peran distributor akan sangat dibutuhkan.

Itulah bebererapa cara dan keuntungan di bisnis distribusi buku, semoga artikel ini dapat membantu anda yang ingin menjalankan bisnis distribusi buku. salam sukses!