(021) 5312 6107

Cara Belajar Membaca Alquran Sendiri Dengan Mudah dan Cepat

SYIAR

Cara Belajar Membaca Alquran Sendiri – Alquran merupakan kitab suci orang islam. Sebagai orang islam, sebaiknya kita tidak hanya memiliki dan menyimpan Alquran saja, akan tetapi harus bisa membaca Alquran. Belajar Alquran memang wajib untuk dilakukan, akan tetapi banyak orang yang ingin mengetahui bagaimana cara belajar membaca Alquran sendiri dengan cepat. Belajar membaca Alquran ini memang harus dilakukan sejak dini. Jika mulai kecil seseorang sudah terbiasa belajar membaca Alquran, pastinya lama kelamaan seseorang akan bisa menjadi lebih mudah membaca Alquran.

Belajar membaca alquran serta memahami kandungan yang terdapat dalam ayat Alquran pastinya akan jauh lebih sulit lagi.Terkadang banyak orang yang merasa kesulitan di dalam membaca Alquran karena berbagai macam alasan. Namun, perlu anda ketahui jika belajar membaca Alquran ternyata tidak sesulit yang kita fikirkan. Apabila kita benar-benar belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar yang sesuai dengan tajwid,maka anda semua tidak perlu merasa malu. Sebab untuk membaca ayat-ayat Al-Qur’an ini bisa dipelajari dengan mudah dan cepat.

Cara Belajar Membaca Alquran Sendiri

Apabila anda semua sedang berusaha ingin belajar Alquran atau anda ingin belajar membaca Alquran sendiri, atau belajar membaca iqro alquran, memahami tajwid yang terdapat dalam alquran, hal pertama yang penting untuk anda miliki adalah niat atau anda sudah memiliki motivasi yang benar. Anda harus belajar membaca Alquran untuk mengharapkan ridho dari Allah SWT dan diniati untuk beribadah kepada Alloh. Niat yang benar pada saat anda akan belajar Alquran pastinya bisa melahirkan tekad yang kuat. Maka dari itu, kita perlu sedikit menyiapkan niat dan juga motivasi kita. Sebab, untuk menerapkan cara belajar membaca Alquran sendiri atau belajar alquran secara otodidak ini butuh motivasi yang ekstra. Nah, berikut ini adalah cara belajar membaca Alquran sendiri dengan mudah.

1. Meluangkan Waktu Untuk Membaca Kitab Suci AlQuran

Cara Belajar Membaca Alquran Sendiri

Untuk cara belajar membaca AlQuran sendiri anda perlu meluangkan waktu untuk membaca AlQuram. Anda harus benar-benar bisa meluangkan waktu terbaik untuk belajar membaca Al-Qur’an hingga lancar. Kesungguhan anda yang meluangkan waktu khusus untuk belajar membaca Al-Qur’an ini merupakan salah satu kunci supaya anda bisa baca AlQuran dengan cepat dan mudah. Sebagian besar orang mungkin hanya memberikan waktu sisa dalam belajar membaca membaca AlQuran ini. Apabila seperti itu, maka bisa menyebabkan kita tidak akan pernah bisa belajar AlQuran. Sehingga, jika anda benar-benar memiliki niat yang kuat untuk bisa membaca AlQuran ini, maka anda harus bisa meluangkan waktu yang cukup untuk focus berlatih membaca AlQuran.

2. Harus Mampu Membaca Huruf Hijaiyah

Cara Belajar Membaca Alquran

Bahasa AlQuran merupakan bahasa Arab, dan huruf-huruf yang ada dalam AlQuran itu dikenal dengan huruf hijaiyah. Sebelum belajar membaca AlQuran, sebaiknya anda terlebih dahulu harus bisa membaca huruf hijaiyyah yang berjumlah 28 huruf. Sebab, mempelajari huruf hijaiyah ini merupakan suatu hal yang mendasar. Sama halnya apabila kita akan belajar membaca bahasa indonesia. Jadi untuk belajar membaca AlQuran pada tahap ini sebaiknya anda mempunyai buku iqro AlQuran.

Apabila kita mengetahui serta dapat membaca 28 huruf hijaiyyah dengan benar, ini merupakan modal utama anda yang ingin dapat segera bisa membaca Al-Qur’an. Sebab, untuk isi Al-Qur’an ini merupakan suatu bacaan yang tersusun dari 28 huruf hijaiyyah tersebut. Dengan anda semua mengetahui huruf dan tau tentang cara membaca hijaiyah tersebut, maka akan memudahkan kita dalam belajar pada tahap tahap yang selanjutnya.

3. Memahami Tanda Baca Dalam AlQuran

Cara Belajar Membaca Alquran Sendiri

Sesudah anda semua faham dan mengetahui huruf hijaiyyah dan juga mampu membaca huruf hijaiyyah dengan benar, hal yang harus anda lakukan selanjutnya yaitu mempelajari tanda baca. DIantaranya yaitu fathah, kasrah, sukun, tanwin, dan dhommah. Kunci dalam membaca huruh hijaiyyah yang ada dalam AlQuran tersebut yaitu tahu tanda baca ini.

4. Memahami Dasar Tajwid

Cara Belajar Membaca Alquran Sendiri

Untuk anda semua yang baru belajar AlQuran, untuk memahami tajwid kadang menjadi kendala terberat untuk anda semua yang sedang dalam belajar baca AlQuran. Akan tetapi, anda juga bisa mempelajarinya dengan mudah. Di dalam tata cara membaca Al-Quran ternyata banyak sekali tanda tanda baca. Di dalam AlQuran, ada huruf yang dibaca panjang, mendengung, tebal dan dibaca tipis. Dasar tajwid yang perlu untuk anda pelajari diantaranya seperti Mad Arid Lissukun, Mad Wajib Muttasil, dan lain sebagainya.

Tanda-tanda baca AlQuran ini akan sering anda jumpai di dalam Al-Qur’an, untuk memudahkannya, sebaiknya anda memiliki AlQuran tajwid. Sebab, di dalam AlQuran tajwid ini tanda tanda baca yang ada dibedakan dengan warna warna yang terlihat berbeda juga. Oleh sebab itu, menggunakan AlQuran tajwid ini sangat cocok untuk belajar dalam membaca AlQuran.

5. Memahami Teknik Membaca AlQuran

Cara Belajar Membaca Alquran

Kemudian, untuk cara belajar membaca AlQuran sendiri juga diperlukan mengetahui dan menguasai teknik membacanya Al-Qur’an. Diantaranya seperti Idgham, Qalqolah, dan lain sebagainya. Idgham merupakan salah satu teknik membaca AlQuran dengan cara dengung. Misalnya saja apabila ada huruf hijaiyyah “nun” mati yang bertemu dengan “Mim”. Maka dalam membaca ayat AlQuran tersebut harus dibaca dengan mendengung.

6. Rajin Membaca AlQuran

Cara Belajar Membaca Alquran Sendiri

Jika anda sudah mengetahui bagaimana cara membaca AlQuran tersebut, maka praktekan sekarang juga. Anda bisa membaca Alquran secara rutin, sebelum masuk waktu subuh, atau bisa juga setelah subuh atau setelah maghrib. Jika anda setiap hari bisa rutin membaca AlQuran, maka anda akan bisa terbiasa membaca AlQuran dengan benar dan mudah.

7. Belajar Secara Sunguh – Sungguh dan Rajin Membacanya

Cara belajar membaca AlQuran sendiri agar bisa cepat lancar selain langkah langkah diatas yaitu anda tetap harus belajar dengan sungguh sungguh. Kemudian anda juga harus bisa rajin dan juga tidak putus asa di dalam belajar membaca AlQuran ini. Sebab, perlu anda ketahui jika di dalam belajar membaca Al Qur’an, anda semua bisa mendapatkan pahala yang sangat banyak. Sebab membaca AlQuran ini masuk kedalam Ibadah yang pahalanya sangat banyak.

Oleh karena itu, sudah bisa dipastikan jika di dalam kita belajar dan berusaha membaca AlQuran tersebut pastinya akan ada gangguan. Yaitu selalu diganggu oleh Setan dan pasti akan selalu ada halangannya yang anda rasakan saat itu. Pada umunya setan akan mempengaruhi hamba Alloh yang sedang beribadah. Diantaranya seperti rasa malas, mengantuk dan lain lain. Akan tetapi, harus selalu anda ingat sekali lagi, bahwa belajar membaca AlQuran ini merupakan salah satu jenis Ibadah dan akan mendapatkan pahala. Oleh sebab itu, anda harus belajar secara ikhlas dan rajin dan tidak lupa niatnya untuk mengharapkan ridho Alloh SWT.

Mudah mudahan setelah anda menjalankan dan menerapkan cara belajar membaca AlQuran sendiri dengan ikhlas dan sungguh-sungguh, maka anda bisa lebih cepat dan lancar di dalam membaca AlQuran ini.


error: Content is protected !!