Cara Membiasakan Anak Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Cara Membiasakan Anak Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Cara Membiasakan Anak Mengkonsumsi Makanan Bergizi – Mengkonsumsi makanan bergizi setiap hari dan setiap waktu adalah salah satu cara untuk mencerdaskan otak anak dan menjaga tubuhnya agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Sebagai orang tua, ini adalah peran anda untuk memberikan dan mengajari mereka cara memilih makanan bergizi.

Cara Membiasakan Anak Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Ada banyak cara untuk membiasakan anak mengkonsumsi makanan bergizi, dan semua itu harus dilakukan dengan sabar dan telaten.

  1. Karakter anak

Cobalah terlebih dahulu untuk mengenali karakter anak anda luangkan waktu untuk mengawasi mereka, melihat sikapnya, serta mencatat kebiasaan yang mereka lakukan setiap mereka makan.

Dengan mengetahui kebiasaan serta sikap mereka sehari-hari,akan membuat anda memiliki kesempatan untuk mencari kelemahan yang mereka miliki untuk anda manfaatkan sebagai salah satu senjata mengajari mereka mengkonsumsi makanan bergizi.

  1. Memasak makanan yang banyak

Cara lain untuk membiasakan anak mengkonsumsi makanan bergizi adalah dengan memasak banyak makanan bergizi.Memasak makanan yang banyak bukan jumlahnya, melainkan jenisnya.

Makanan-makanan di rumah biasanya dimasak dengan lebih sehat oleh ibu maupun keluarga dibandingkan dengan makanan yang ada di warung.Cobalah untuk menanamkan hal tersebut kepada anak agar mereka lebih suka mengkonsumsi makanan di rumah.Makanan di restoran cenderung memiliki banyak lemak, gula, garam dan berbagai hal yang tidak baik bagi kesehatan, termasuk MSG.

  1. Makan yang menyenangkan

Cobalah untuk membuat waktu makan anda menyenangkan.Menyajikan makanan sambil melempar candaan dan sapaan hangat, atau menyajikan makanan menjadi bentuk-bentuk yang tidak biasa akan membuat makanan itu menjadi lebih menarik.Selain itu bonus yang akan anda dapatkan adalah, mereka akan terbiasa mengkonsumsi makanan bergizi yang anda sajikan tersebut.

  1. Buah dan sayuran

Tidak terlalu sulit untuk mengajari anak untuk mengkonsumsi buah-buahan, akan tetapi sangat sulit untuk memberikan anak sayur-sayuran.

Berikut adalah beberapa tips atau cara menyenangkan yang dapat anda manfaatkan untuk menambah menu buah dan sayuran pada makanan sehari-hari mereka.

  1. Semangkuk sereal gandum dengan wajah tersenyum

Apakah anda pernah mencoba yang satu ini? cobalah iris pisang untuk matanya, kemudian buatlah hidungnya dengan menggunakan kismis, lalu manfaatkan apel untuk membuat mulutnya.

  1. Berbelanja dengan ana- anak

Mengajak anak anda pergi ke pasar untuk berbelanja bahan makanan seperti buah-buahan dan sayuran, akan memberikan mereka kesempatan untuk memilih buah dan sayuran yang mereka sukai.Trik ini akan membuat anak lebih bersemangat untuk mengkonsumsi sayur dan buah yang mereka pilih sendiri.

  1. Makanan ringan

Makanan ringan tidak selalu berupa kripik, atau kerupuk.Makanan ringan bisa juga berupa buah apel,pisang, anggur, wortel dan daun bayam.Cobalah untuk menambahkan yogurt atau mentega kacang.

Cara ini juga biasanya bisa digunakan untuk menanamkan kebiasaan baik pada anak untuk mengkonsumsi

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!