Cara mengajarkan anak makan sendiri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Cara mengajarkan anak makan sendiri – Pada saat si kecil sudah cukup kuat untuk menyangga kepala dan bagian atas tubuhnya, Anda dapat melatihnya makan sambil duduk di atas kursi makan tinggi yang dirancang khusus untuk bayi.

Kenakanlah sabuk Pengaman yang tersedia pada tubuh si kecil agar ia tidak jatuh. Buatlah ia terbiasa berada diatas kursi tersebut. Misalnya, dengan cara memberinya kesempatan untuk bermain bersama mainan favoritnya. lambat laun si kecil akan merasa nyaman dan siap untuk menikmati makanannya sambil ducluk di kursi tersebut.

JIka anda menyuapinya persiapkanlah bayi Anda clengan memakaikan tadah liur. Tarik kursi menjauh dari dinding, dan letakkan tikar plastik di bawahnya. Tindakan ini akan mempermudah Anda membersihkan segala kotoran vang berceceran nanti.

Baiyi yang merasa aneh makan dengan cara batu ini. biasanya akan menolak makanan atau memalingkan mukanya  setiap kali Anda arahkan senclok ke mulutnya. HaL ini sebaiknva tidak membuat Anda patah semangat. Berilah si kecil kesempatan untuk makan “sendiri” dari bawah pengawasan Anda.

Mula- mula mungkin ia akan mengotori diri dan benda yang ada disekelilingnya. Namun seiring dengan kemajuan perkembangan  koordinasi tangan dan matanva. si kecil akan dapat mencelupkan sendoknya keluar masuk tempat makanannya, Ialu mengarahkan sendok tersebut ke mulutnya. Pada saat ia sibuk dengan sendoknva. Anda bisa menyuapkan makanan ke mulutnva. Pada saat seperti itu, tanpa disadari bayi akan membuka mulutnya. Tak ada salahnya bila Anda mengajak si kecil makan di meja makan. bersama anggota keluarga lain.

Dengan demikian, ia akan melihat bahwa makan adalah acara yang menggembirakan , sehingga selera makannya timbul. Selain itu, rutinitas ini juga akan melaihnya bersosialisasi dengan orang lain, terutama anggota keluarganya.

Cobalah Anda mencari menu makanan bayi yang sesuai dengan waktu makan keluarga. Misalnya saja jika ia Anda ajak makan pagi bersama berilah bubur nasi lengkap gizi atau finger food (makanan vang dapat dipegangnya) dengan susu untuk makan malam.

Majalah Ayahbunda

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!