(021) 5312 6107

15 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Paling Efektif

IBU & BUAH HATI
cara mengatasi anak susah makan

cara mengatasi anak susah makan – Setiap orangtua pastinya merasa cemas dan bingung saat anak susah makan. Hal ini dikarenakan anak yang susah makan juga akan kesulitan untuk mendapatkan gizi yang cukup. Kebutuhan gizi yang tak terpenuhi secara cukup bisa membuat tubuh anak menjadi lemas, malas beraktivitas, dan bahkan berdampak dehidrasi. Saat hal ini dialami anak anda, pastikan anda mengetahui cara mengatasi anak susah makan.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Untuk membantu anda, berikut kami bagikan beberapa cara mengatasi anak susah makan selengkapnya.

1. Cari Penyebab Anak Sulit Makan

Saat anak anda mengalami sulit makan, pastikan anda mengetahui penyebabnya. Seringkali anak sulit makan dikarenakan jenis makanannya yang membosankan, rasa makanan tak enak, maupun faktor lain yang bisa membuat nafsu makan anak menjadi menurun. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk mencari dan menemukan penyebab anak anda menjadi susah makan. Dengan mengetahui penyebabnya, anda bisa menangani anak anda yang sulit makan secara efektif sekaligus mengembalikan nafsu makannya.

2. Makan Bersama

cara mengatasi anak susah makan - Makan Bersama

Waktu makan menjadi waktu paling penting bagi keluarga untuk fokus dalam berkomunikasi. Tak hanya itu, waktu makan juga bisa mempererat bonding. Anda bisa mengajak anak untuk makan bersama. Dengan begitu, anak bisa meniru apa yang anda makan. Selain itu, jangan lupa juga untuk makan makanan yang bergizi, seperti sayur dan buah.

3. Sediakan Cemilan Tinggi Kalori

cara mengatasi anak susah makan - Makan Bersama - Sediakan Cemilan Tinggi Kalori

Anak yang susah makan juga bisa diatasi dengan memenuhi asupan kalorinya. Ada bisa menyediakan cemilan yang tinggi kalori untuk memastikan bahwa anak anda tetap berenergi sepanjang hari. Tak harus diberikan di saat waktu makan, anda bisa memberikan cemilan ini kapanpun dia mau. Adapun contoh cemilan tinggi kalori diantaranya yaitu selai kacang, buah, keju, dan kacang-kacangan. Dengan begitu, meski anak anda susah makan, kebutuhan nutrisinya tetap akan terpenuhi dengan cemilan tinggi kalori.

4. Mengenalkan Jenis Makanan Baru

Supaya nafsu makan anak anda bisa meningkat, anda bisa mencoba mengenalkan jenis makanan baru. Anda bisa kenalkan jenis makanan baru kepada anak secara bertahap. Apabila anda secara tiba-tiba mengganti menu makan dengan menu baru, maka anak bisa jadi tak mau menyentuh makanan tersebut sama sekali. Akan tetapi, jika anda mengenalkan makanan baru kepada anak secara bertahap, anak tak akan merasa ragu untuk mengonsumsinya. Anda bisa mulai mengganti lauknya terlebih dahulu. Setelah itu, ganti sayurannya. Dengan cara bertahap, anak anda tak akan merasa kaget.

5. Batasi Minum

Anak yang susah makan juga bisa ditangani dengan membatasi minum. Perlu untuk anda ketahui, terlalu banyak minum bisa membuat perut anak terasa lebih cepat kenyang. Maka dari itu, ada baiknya anda membatasi anak dalam minum susu atau jus saat mendekati waktu makan.

6. Rencanakan Menu Lengkap

Cara mengatasi anak susah makan selanjutnya ialah merencanakan menu lengkap setiap harinya. Siapa saja pasti akan merasa bosan apabila harus makan menu yang sama setiap harinya. Untuk itu, pastikan anda mengkreasikan menu yang unik dengan penyajian menarik. Hal ini terbukti bisa merangsang anak untuk mau makan. Disamping itu, pastikan menu yang anda buat kaya akan kandungan makanan yang bermanfaat bagi anak. Pilih juga jenis makanan yang anak anda suka. Dengan begitu, anak anda akan merasa lebih senang mengonsumsinya.

7. Sajikan Makanan Dalam Porsi Kecil

cara mengatasi anak susah makan - Sajikan Makanan Dalam Porsi Kecil

Perlu untuk anda ketahui, menyajikan makanan dalam porsi kecil juga sangat efektif dalam mengatasi anak susah makan. Makanan yang disajikan dalam porsi kecil bisa membuat anak tak merasa terbebani untuk menghabiskan makanan yang ada dihadapannya. Hal ini dikarenakan jumlah makanan yang perlu dihabiskan hanya sedikit. Dengan porsi kecil, anak juga diharapkan untuk lebih cepat lapar.

8. Turuti Kemauan Anak

Anak yang susah makan bisa anda hadapi dengan cara menuruti kemauannya. Anda jangan sampai menangani anak susah makan dengan paksaan. Anda sepenuhnya tahu bahwa dia membutuhkan nutrisi makanan yang seimbang. Akan tetapi, bukankah sayang apabila makanan justru terbuang karena dia tak mau makan sama sekali. Oleh karena itu, menuruti kemauan anak adalah solusi terbaik. Mungkin hari ini anak anda hanya ingin makan yang manis dan besok ingin makanan berkuah. Sebaiknya anda ikuti mood anak mengenai makanan.

9. Jangan Paksa Anak Untuk Makan

Banyak orangtua yang merasa jengkel saat anak susah makan. Bahkan banyak juga orangtua yang justru memaksa dan memarahi anak yang susah makan. Perlu diketahui para orangtua, bahwa hal tersebut tak benar. Dengan anda memaksa dan bahkan memarahi anak, maka akan menciptakan ketakutan pada diri anak. Anak pun akan merasa takut untuk makan. Selain itu, hal ini juga bisa menyebabkan trauma dan mempengaruhi psikologi anak.

10. Bantuan Ahli

Anda bisa mengatasi anak susah makan dengan bantuan ahli. Terlebih jika anak anda memperlihatkan gejala-gejala yang aneh, seperti kelelahan, pencernaan yang bermasalah, perubahan perilaku, ataupun berat badan yang menurun secara drastis. Pastikan anda segera berkonsultasi kepada dokter ataupun ahli nutrisi.

11. Gunakan Alat Makan Khusus

Supaya anak anda lebih tertarik untuk makan, anda bisa menggunakan alat makan khusus. Adapun alat makan khusus tersebut seperti halnya piring, sendok, gelas, ataupun properti makan lainnya yang unik. Anda bisa gunakan alat makan dengan karakter kesukaan anak, warna kesukaan, ataupun hal lainnya yang identik dengan kesukaan anak anda. Dengan daya tarik tersebut, anak anda akan merasa tak malas untuk makan.

12. Sabar

Perlu anda ingat bahwa sebanyak 30% anak-anak melalui fase tak menginginkan makanan. Ada banyak alasan yang melatarbelakangi hal tersebut. Sebut saja perut tak enak, gigi tumbuh, hingga kurang suka dengan menu makanan yang dihidangkan.

13. Jangan Membandingkan

Anda jangan pernah membandingkan anak anda yang susan makan dengan anak lain yang lahap makannya. Komentar ataupun membanding-bandingkan akan membuat anak merasa sedih. Hal ini tentu saja semakin berdampak pada masalah pola makannya. Pastikan anda menjaga kesehatan anak anda dengan yakin bahwa anak anda akan tumbuh sehat dan berkembang secara baik.

14. Beri Hadiah

Anak-anak pasti akan senang jika diberi hadiah. Maka dari itu, tak ada salahnya anda memberikan hadiah apabila anak anda mau makan. Anda bisa memberikan hadiah sesuai dengan umurnya. Berikan juga hadiah yang bermanfaat. Meski tujuan anak tersebut mau makan karena mengejar hadiahnya, namun setidaknya dia mendapatkan nutrisi dari makanannya.

15. Beri Contoh

Cara mengatasi anak susah makan lainnya ialah dengan memberi contoh. Apabila anda ingin anak mau makan sayur, maka pastikan anda juga harus makan sayur. Anda bisa memberikan contoh untuk diteladani anak. Makan sayur di piring anda supaya anak anda juga mau makan sayur di piringnya. Cara ini terbukti sangat efektif dalam mengatasi anak susah makan.


error: Content is protected !!