cara mengatasi anak terlambat tumbuh gigi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

cara mengatasi anak terlambat tumbuh gigi – Menurut spesialis gigi anak dari Alabama Pediatric Dental Associates and Orthodontics, AS, dr. Dean Brandon, salah satu yang mempengaruhi cepat lambatnya kemunculan gigi adalah asupan kalsium ibu hamil. Bukan berarti ibu yang lebih banyak mengonsumsi kalsium akan melahirkan bayi dengan pertumbuhan gigi lebih cepat, karena daya serap kalsium setiap janin berbeda-beda. Biasanya gigi susu tumbuh lebih lambat dari semustinya, dan umumnya terjadi pada anak yang lahir prematur. Ratarata gigi susu tumbuh pertama kali pada usia 6 bulan.

PERLU KHAWATIR jika hingga usia 14 bulan giginya belum tumbuh satu pun. Bisa jadi anak mengalami displasia ektodermal, kelainan yang berhubungan dengan faktor keturunan. Gejala lainnya adalah anak tidak bisa berkeringat, demam
tinggi dan wajah tanpa ekpresi. Periksa ke dokter jika hal ini dialami si kecill

TAK PERLU KHAWATIR saat giginya belum juga tumbuh di usia 1 tahun. Dr. Evan Shaw, spesialis gigi anak dari Childrens Hospital, Boston, AS, mengatakan cukup banyak anak yang baru tumbuh gigi pertama di usia 1 tahun. Sering gigi yang baru muncul itu tumbuh lebih dari satu atau tumbuh bersamaan.

SOLUSINYA
Latih anak menggigitln gerfood atau teether. Gigitan akan menekan gusi sehingga mempercepat proses kemunculan gigi. Berikan makanan sesuai aturan pemberian makan, yaitu semi padat di usia 6 bulan, padat di usia 1 tahun.

Majalah Ayahbunda

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!