(021) 5312 6107

Cara Meningkatkan Higienitas agar Hidup Lebih Sehat

Uncategorized
Cara Meningkatkan Higienitas agar Hidup Lebih Sehat

Cara Meningkatkan Higienitas agar Hidup Lebih Sehat – Menjaga kebersihan merupakan salah satu aspek dasar hidup yang sehat. Jadi, membiasakan gaya hidup anda untuk menyertakan kebersihan selain dengan mengkonsumsi makanan sehat serta berolahraga secara teratur akan membuat kualitas hidup semakin meningkat. Lalu, bagaimana cara kita bisa meningkatkan kebersihan atau higienitas? Menjaga segala sesuatunya dalam keadaan bersih, membasuh tubuh secara teratur terkadang bukan perkara mudah, terlebih bagi anda yang sibuk dan super malas. Apalagi jika anda tinggal di daerah-daerah yang dingin, hal tersebut mungkin saja akan mendorong anda untuk menuju ke arah yang salah.

Mencuci tubuh, pakaian, menjaga kebersihan lingkungan adalah 3 dasar untuk memiliki kehidupan yang lebih baik dan lebih sehat. Meskipun kita bisa menghilangkan hampir semua jenis organisme mikro hanya dengan mencuci, namun tetap kita juga harus mengikuti berbagai praktek kebersihan yang mengurangi kemungkinan penyebab infeksi.

 Cara Meningkatkan Higienitas agar Hidup Lebih Sehat

Cara Meningkatkan Higienitas

Berikut adalah 7 cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan higienitas atau kebersihan anda maupun lingkungan agar tetap sehat.

 

1.        Jangan pernah melewatkan mandi

Mandilah secara teratur jika memungkinkan. Cuci diri anda dengan bersih setiap hari setelah berkeringat. Mandi dua kali sehari tentu sangat direkomendasikan karena bisa membuat kulit lebih bersih untuk menghilangkan berbagai bakteri dan kotoran.

Tubuh yang bersih dan bebas kuman akan membuat kualitas hidup anda meningkat. Pilihlah sabun antibakteri atau sabun yang bisa membunuh banyak kuman apabila anda sering berkeringat setiap hari saat bekerja. Namun bagi anda yang tidak banyak berkeringat atau tidak berkeringat saat bekerja, pilihlah sabun yang lebih soft agar kulit tetap terjaga kelembutan dan kesehatannya.

 

2.        Bersihkan ponsel anda

Secara khusus kami menyebutkan ponsel, namun secara umum semua gadget jangan dipegang dengan tangan berkeringat, tangan kotor dan lain-lain tanpa pernah dibersihkan merupakan sumber kuman, bakteri dan berbagai macam penyakit.

Bahkan, dalam sebuah studi di tunjukkan bahwa ponsel bisa lebih kotor dibandingkan dengan toilet. Jadi selalulah mencuci tangan sebelum anda menyentuh makanan dan secara rutin bersihkan gadget anda dengan menggunakan pembersih khusus.

Anda bisa membeli pembersih gadget di toko komputer atau di pusat-pusat perbelanjaan yang menjual barang elektronik dan harganya cukup murah.

 

3.        Cuci tangan dengan benar

Tingkatkanlah kebersihan pribadi mulai dengan mencuci tangan lebih sering dan lakukan dengan benar. Terlebih, anda harus melakukannya sebelum makan. Tangan sering kali membawa kuman dan berbagai jenis penyakit apabila tidak dibersihkan.

Jangan lupa untuk menggunakan sabun atau jika anda tidak menemukan air, selalu sediakan sanitizer.

 

4.        Hindari makanan di pinggir jalan

Ini adalah cara menjaga kesehatan yang paling mendasar, dan harus anda tahu bahwa, makanan yang dijual dipinggir jalan sangat mudah motor maupun tercemar oleh bakteri dan polusi karena kendaraan yang berlalu-lalang serta angin yang bertiup kencang membawa berbagai penyakit untuk menempel di makanan-makanan tersebut.Terlebih jika tidak ditutup.

Berbagai restoran yang berada di pinggir jalan jarang sekali mempraktekkan menjaga higienitas sehingga berpotensi menyebabkan anda mudah sakit.

 

5.        Cuci pakaian secara teratur

Jangan pernah menunda mencuci pakaian kotor karena dapat menjadi sarang tempat berkembang biak bakteri. Cucilah pakaian secara teratur.

 

6.        Potong kuku anda

Kuku biasanya adalah tempat ideal bersembunyinya kuman, sehingga jangan lupa untuk menjaga kebersihannya jika anda sengaja memanjangkan kuku. Namun jika memungkinkan, potong kuku anda agar lebih sehat.

Secara khusus pada saat mandi, berikan perhatian pada kuku kaki dan kuku tangan.

 

7.        Pastikan lantai anda bersih

Lantai adalah dimana tempat kita duduk, bermain, dan berpijak. Terlebih jika anda memiliki anak bayi di rumah, maka lantai harus dalam keadaan bersih dan setidaknya harus dipel setiap pagi atau setiap sore hari.

 

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT


error: Content is protected !!