cara merawat kesehatan gigi balita

cara merawat kesehatan gigi balita

cara merawat kesehatan gigi balita –  Membiasakan untuk menjaga kesehatan gigi pada anak, sangat baik apabila dimulai sejak usia dini. Dimulai dari anak baru lahir hingga dewasa.

cara merawat kesehatan gigi balita

Perawatan Gigi Balita

Ada beberapa metode yang bisa anda gunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah gigi berlubang pada balita.

Untuk balita, anda harus membersihkan gigi mereka dengan lembut. Gunakanlah kain atau sikat gigi balita yang memiliki bulu lembut. Hal ini untuk mencegah kerusakan gigi pada anak. Jangan memberikan dan membiarkan bayi tidur dengan botol susu dimulut mereka karena dapat menyebabkan kerusakan gigi. Bersihkan gigi mereka secara teratur dari bintik-bintik atau noda.

Untuk anak-anak, ada beberapa kebiasaan baik yang harus mereka lakukan setiap hari, diantaranya adalah:

  • Pada usia 2 tahun mereka harus mulai dikenalkan bagaimana cara menggunakan dan menggosok gigi.
  • Anak usia 2 tahun bisa diberikan pasta gigi berfluoride seukuran kacang, atau sesuai dengan anjuran yang terdapat di label pasta gigi.
  • Selalu ajarkan anak untuk mengkonsumsi makanan sehat, dan hindarilah makanan serta minuman yang mengandung pemanis seperti permen.
  • Jadwalkan anak untuk mengecek gigi mereka secara rutin di dokter gigi

Memberikan contoh dan kebiasaan baik kepada anak untuk membersihkan dan merawat gigi sejak dini adalah sebuah keharusan bagi semua orang tua tanpa terkecuali.

 

Perawatan gigi anak

Perawatan gigi dan gusi yang tepat bagi anak adalah dengan menyikat dan berkumur setiap hari. Termasuk juga seperti yang telah disebutkan yaitu pemeriksaan gigi secara rutin ke dokter. Mendapatkan perawatan dari fluoride, ekstraksi, tambalan, kawat gigi dan ortodonsi lainnya juga termasuk perawatan gigi.

Beberapa masalah yang sering dialami oleh anak diantaranya adalah gusi yang terluka, gusi sakit, dan gigi sakit. Biasanya masalah tesebut diakibatkan oleh beberapa hal diantaranya adalah:

  • Gizi buruk
  • Infeksi pada mulut, dan
  • Masalah dengan perkembangan berbicara

 

Kunjungan ke dokter gigi

Saat anak sudah berusia 5 atau 8 bulan biasanya mereka akan memiliki gigi pertamanya, pada saat itulah anda bisa mengantarkan anak ke dokter gigi untuk pertama kalinya.

Selanjutnya pada anak bisa kembali mengunjungi dokter gigi saat mereka berusia 2,5 (dua setengah tahun) dimana semua gigi primer sudah muncul.

Anda harus membiasakan anak untuk berkunjung ke dokter gigi, mungkin untuk pertama kali anda bisa mengajaknya berkunjung untuk melihat suasana, bau aroma rasa, atau nuansa yang ada di ruang dokter. Penting untuk membuat anak merasa nyaman dan tidak takut.

Anak-anak yang merawat giginya dengan selalu menyikat gigi secara rutin biasanya akan percaya diri untuk pergi ke dokter gigi.

 

Cara merawat gigi anak yang baik

  • Gigi dan gusi anak harus disikat minimal dua kali sehari, terutama setelah makan dan sebelum tidur.
  • Sikat gigi elektrik lebih baik daripada sikat gigi manual.
  • Periksakanlah gigi anak di dokter gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali.
  • Ajarkan anak bagaimana cara bermain yang aman dan apa akibatnya apabila gigi mereka rusak
  • Ketika anak sudah memiliki gigi permanen, mereka harus melakukan flossing setiap malam sebelum tidur
  • Anak yang sudah mencapai usia remaja dan memiliki masalah dengan pertumbuhan gigi, boleh menggunakan kawat gigi atau ekstraksi, hal ini untuk mencegah masalah gigi di masa yang akan datang.

terima kasih semoga bermanfaat cara merawat kesehatan gigi balita di atas

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details