(021) 5312 6107

Cara Paling Sederhana Mengurangi Inflamasi

Uncategorized
Cara Paling Sederhana Mengurangi Inflamasi

Cara Paling Sederhana Mengurangi Inflamasi – Peradangan dapat menyebabkan gangguan pada tubuh dan kulit. Berbagai masalah yang kita hadapi seperti, kesulitan tidur pada malam hari, stres di tempat kerja, pola makan yang tidak teratur dan kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya menyebabkan banyak masalah kesehatan. Dan, inflamasi adalah salah satunya.

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa untuk bisa mengalahkan stress kita bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan, termasuk menyalurkan hobi berolahraga, entah itu sepak bola, bulu tangkis, berenang atau yang lainnya.

Dengan mengurangi stres, maka kita akan menjauhkan diri dari berbagai penyakit meskipun peradangan adalah salah satu respon tubuh yang secara alami berfungsi untuk menyembuhkan diri sendiri, namun peradangan bisa menjadi sangat berbahaya terlebih jika peradangan tersebut membuat tubuh melakukan sesuatu yang diluar batas kemampuannya.

Peradangan adalah proses yang diperlukan karena dapat menyembuhkan dan membantu tubuh untuk beradaptasi. Tetapi, ketika menjadi kronis, hal tersebut tidak lagi sehat. Tidak sedikit diantara kita yang menderita berbagai penyakit karena disebabkan oleh stres. Jadi, pandai-pandailah dalam manajemen stress dengan banyak beristirahat, mengambil liburan atau sering berkumpul bersama orang-orang yang anda cintai.

Cara Paling Sederhana Mengurangi Inflamasi

Cara Sederhana Mengatasi Inflamasi

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa anda manfaatkan untuk mengurangi dan mengatasi peradangan atau inflamasi agar berbagai penyakit lainnya bisa dihindari.

 

1.        Memanfaatkan asam lemak omega-3

Sebuah studi menunjukkan bahwa rajin mengkonsumsi ikan salmon dapat mengurangi peradangan. Namun tentu saja, di Indonesia kita akan sulit menemukan ikan salmon. Gantinya, konsumsilah kacang-kacangan, sayur bayam, dan ada juga bisa memilih berbagai jenis ikan laut lainnya atau anda juga bisa mengkonsumsi minyak ikan dan buah alpukat.

Asam lemak omega-3 bisa mengurangi peradangan di dalam tubuh disamping fungsinya untuk mencerdaskan otak.

 

2.        Tidur nyenyak

Selama kita tidur, tubuh akan mengurangi peradangan secara alami. Jika anda tidak beristirahat dengan cukup atau tidak tidur dengan teratur atau kualitas tidur anda buruk, maka sudah pasti peradangan akan sulit teratasi.

Jadi, mulai saat ini matikan TV anda lebih awal, pastikan smartphone anda berada pada kondisi silent atau anda bisa mematikannya pada malam hari agar tidak terganggu, serta pilihlah rumah di tempat-tempat yang tenang. Dengan demikian, anda bisa tidur dan beristirahat dengan lebih baik serta bisa menyembuhkan peradangan secara alami dengan lebih cepat.

 

3.        Perhatikan olahraga yang anda lakukan

Pada saat anda berolahraga dengan intens atau mengangkat beban yang berat atau melakukan olahraga yang membuat anda sangat lelah, otot dan tubuh membutuhkan waktu untuk pulih. Jika anda stres makanya waktu pemulihannya akan lebih lama. Oleh sebab itu, pastikan anda memilih olahraga yang tepat dan tidak terlalu berlebihan.

 

4.        Es batu

Tahukah anda bahwa berbagai jenis peradangan bisa diobati dengan es batu. Es batu yang dingin bisa berfungsi untuk mengurangi peradangan. Bahkan, apabila anda memiliki bekas cupangan karena terlalu asik dengan pasangan, anda bisa meredakannya dengan lebih cepat menggunakan es batu.

 

5.        Ibadah

Ibadahdalam bentuk apapaun apabila dilakukan dengan baik bisa mengurangi stres dan dapat membantu mengurangi inflamasi atau peradangan di dalam tubuh.

 

6.        Manfaatkan kunyit dan jahe

Cara paling sederhana untuk mengurangi inflamasi lainnya adalah dengan memanfaatkan bahan tradisional yang mudah kita dapatkan di dapur. Bahan tersebut adalah kunyit dan jahe. Kunyit dan jahe memiliki kandungan anti inflamasi sehingga apabila di konsumsi dalam jumlah yang cukup dan teratur akan membantu kita mengalahkan inflamasi.

 

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT


error: Content is protected !!