(021) 5312 6107

Cara Sederhana Menurunkan Risiko Stroke

Kesehatan
Cara Sederhana Menurunkan Risiko Stroke

Cara Sederhana Menurunkan Risiko Stroke – Stroke adalah jenis penyakit yang berbahaya dan dapat mengancam jiwa. Ketika aliran darah terputus sehingga tidak dapat mengalir ke otak, sel-sel di otak akan mulai sekarat. Itulah alasan mengapa sangat penting bagi setiap orang untuk mengetahui resiko stroke dan mengetahui cara meminimalkannya. Setiap penyakit pasti ada obatnya, begitupun dengan cara menanggulanginya. Namun, tentu saja mencegah lebih baik daripada mengobati.Dengan mengetahui berbagai jenis resiko yang kita miliki, maka akan dengan mudah kita mengantisipasinya.

Biasanya, dokter akan dengan mudah mengidentifikasi faktor resiko yang tepat dan apa saja yang harus kita lakukan. Dokter akan menyarankan cara-cara meminimalkan resiko stroke tersebut. Beberapa faktor resiko ada juga yang tidak dapat ditangani namun beberapa diantaranya masih bisa dikendalikan. Faktor yang tidak bisa ditangani diantaranya adalah faktor genetik dan faktor usia. Akan tetapi, gaya hidup, pilihan makanan yang anda konsumsi, kebiasaan merokok dan lain-lain adalah sesuatuyang ada ditangan anda.

 

Cara Sederhana Menurunkan Risiko Stroke

 

1.        Luangkan 20 menit untuk berolahraga

Melakukan latihan sederhana, atau olahraga yang sederhana selama setidaknya 20 hingga 25 menit dan lakukanlah lima kali dalam seminggu atau jika bisa, akan lebih baik apabila dilakukan setiap hari. Kegiatan tersebut akan meminimalkan resiko stroke.

 

 

2.        Hati-hati dalam memilih makanan

Setiap orang harus mengetahui bahwa kolesterol adalah musuh mereka. Jadi selalulah berhati-hati dengan pilihan makanan yang akan anda konsumsi. Beberapa makanan hadir dengan kolesterol tinggi yang dapat merusak pembuluh darah. Jadi, hindarilah.

 

3.        Hindari yang merusak arteri

Tahukah anda bahwa merokok tidak hanya dapat menyebabkan serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan serta janin?Melainkan juga dapat membahayakan arteri dan pembuluh darah.

 

4.        Kurangi berat badan

Dengan rutin berolahraga seperti yang tertera pada poin pertama akan membantu anda menurunkan berat badan atau menjaganya pada kondisi ideal. Apabila kadar lemak di dalam tubuh tinggi, maka hal tersebut akan berkontribusi cukup besar terhadap resiko stroke yang diakibatkan oleh obesitas. Selain itu, obesitas juga memperburuk tekanan darah dan memicu serangan jantung. Jadi, pastikan anda menjaga berat badan pada kondisi ideal.

 

5.        Hipertensi

Selalu periksa tekanan darah anda. Karena hipertensi atau tekanan darah yang tinggi adalah salah satu faktor penyebab stroke. Anda bisa membeli alat pengukur tekanan darah tinggi sehingga secara rutin bisa mengecek kondisi tekanan darah sendiri.

 

6.        Hindari makanan olahan

Cara sederhana dan mudah lainnya untuk menurunkan dan meminimalkan resiko stroke adalah dengan memilih makanan-makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Sebaliknya, jauhkan diri anda dari makanan asin, makanan yang digoreng, minuman bersoda, serta berbagai jenis makanan olahan seperti keripik kentang dan lain-lain.

 

semoga bermanfaat ya teman teman


error: Content is protected !!