(021) 5312 6107

Cara Sehat Begadang di Malam Hari

Uncategorized
Cara Sehat Begadang di Malam Hari

Cara Sehat Begadang di Malam Hari – Begadang bagi sebagian orang adalah aktivitas mereka setiap hari. Tidak terkecuali mahasiswa atau orang yang sudah bekerja dan berkeluarga. Terkadang mereka ada yang bekerja pada malam hari sehingga mengharuskannya untuk begadang. Namun sudah banyak yang memperingatkan bahwa begadang tidak pernah memberikan dampak positif melainkan justru memberikan dampak negatif untuk kesehatan.

Jadi, kita harus pandai-pandai memutar otak agar begadang yang kita lakukan bisa tetap sehat serta bisa meminimalkan atau menurunkan resiko yang akan kita hadapi karena sering begadang.

Tidur sangat penting bagi kita agar otak maupun tubuh memiliki kesempatan untuk rileks, beristirahat dan menjadi lebih tenang. Tidur juga akan membuat kita tetap waras dan sehat. Bahkan, saat tidur, banyak kegiatan penting yang dilakukan oleh organ tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri. Jadi, jika anda kurang tidur,maka kesehatan sudah pasti akan memburuk.

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa orang dewasa membutuhkan setidaknya 6-8 jam untuk tidur atau sesuai dengan yang dibutuhkannya. Ada yang membutuhkannya kurang dari itu dan ada juga yang membutuhkannya lebih dari 8 jam.

Namun sayangnya, di dunia ini ada saja yang memaksa kita untuk kurang tidur atau memaksa kita terlalu banyak tidur. Kurang tidur maupun kebanyakan tidur tentu berefek tidak baik terhadap kesehatan.

Khusus bagi anda yang sering begadang pada malam hari, entah untuk belajar, bekerja atau melakukan kegiatan yang lainnya ada beberapa teknik begadang yang harus anda terapkan agar tubuh bisa tetap sehat. Berikut adalah cara begadang yang sehat.

 Cara Sehat Begadang di Malam Hari

1.        Tidurlah pada siang hari

Mengkonsumsi kopi agar tetap terjaga bukanlah cara yang baik untuk begadang. Mengkonsumsi kopi yang mengandung kafein atau menggunakan obat-obatan tertentu bisa membahayakan kesehatan anda.

Jadi, setiap kali anda merasa ngantuk, terutama pada siang hari, cobalah untuk tidur selama 30 hingga 60 menit dan hal tersebut akan membuat badan anda lebih segar. Namun perlu anda ketahui bahwa, benar-benar tidak sehat apabila anda tidak tidur semalaman. Jadi usahakan untuk tidur beberapa jam sebelum pagi tiba.

 

2.        Jalan-jalan

Ini merupakan salah satu cara alami untuk tetap terjaga di malam hari. Ketika anda merasa ngantuk, cobalah jangan mengambil kopi untuk membuat anda terjaga, melainkan cobalah untuk berjalan-jalan. Berjalan-jalan akan membuat badan anda lebih segar dan anda pun bisa terjaga.

 

3.        Konsumsi teh hijau

Selain menggunakan kopi, teh hijau adalah salah satu pilihan terbaik untuk membuat anda tetap terjaga di malam hari. Jika anda bekerja sepanjang malam, mengkonsumsi teh hijau akan merangsang diri anda untuk menjauhi kopi.

 

4.        Berbicara dengan seseorang

Trik ini biasanya bekerja dengan sangat baik. Jika anda suka berbicara, cobalah mencari teman untuk begadang dan jangan kerja sendirian karena hal tersebut akan membuat anda cepat bosan dan stres. Perasaan bosan dan stres akan membuat penyakit mudah datang.

 

5.        Lakukan peregangan

Setiap kali anda merasa ngantuk, lakukan peregangan agar anda tetap terjaga. Ini merupakan salah satu cara sehat begadang di malam hari.Peregangan yang anda lakukan bukan tanpa manfaat.Meregangkan tubuh akan membuat otot-otot menjadi lebih rileks dan kulit akan menjadi lebih kencang. Selain itu, aliran darah pun akan semakin lancar.

 

6.        Mendengarkan musik

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa, mendengarkan lagu favorit anda yang energik akan membantu saat begadang. Jika anda merasa terganggu dengan lagu-lagu yang memiliki lirik, cobalah mendengarkan musik instrumen yang bisa memberikan konsentrasi lebih baik.

 

7.        Seringlah beristirahat

Bekerja pada malam hari tidak pernah ideal untuk siapapun. Jadi, pastikan anda mengambil istirahat entah itu selama dua atau tiga menit setiap 15 atau 20 menit sekali.


error: Content is protected !!