Cara Sinar Matahari Mempengaruhi Tubuh

Cara Sinar Matahari Mempengaruhi Tubuh

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Cara Sinar Matahari Mempengaruhi Tubuh – Setiap hari ada banyak hal yang mempengaruhi kesehatan tubuh kita, entah itu yang berdampak positif maupun negatif. Diantaranya adalah lingkungan, perubahan atmosfer, apa yang kita lakukan dan apa yang kita pikirkan semuanya bisa sangat berpengaruh. Namun, tahukah anda bahwa salah satu yang paling berpengaruh terhadap tubuh kita adalah sinar matahari.

Bagi anda yang ingin mengetahui cara-cara sinar matahari mempengaruhi tubuh kita, baca terus artikel ini.

Sinar matahari akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita dengan dua cara yaitu, dengan cara yang baik (positif) dan negatif. Sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh cahaya matahari dapat menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini. Ini merupakan salah satu alasan mengapa kita harus memakai sunscreen saat berjalan di siang hari, di bawah sinar matahari bahkan sepanjang tahun.

Di sisi lain, ada juga dampak positifnya. Matahari mengandung banyak vitamin D yang bisa menguatkan tulang. Sehingga tidak jarang orang yang sengaja berjemur di bawah sinar matahari.

 

Cara Sinar Matahari Mempengaruhi Tubuh

 

Cara Matahari Mempengaruhi Tubuh

Dan berikut adalah beberapa cara matahari mempengaruhi tubuh kita.

 

1.        Mempengaruhi mood

Dalam banyak studi telah ditemukan bahwa sinar matahari akan memicu otak untuk melepaskan sorotin yaitu kimia baik yang membuat seseorang lebih bahagia. Pada umumnya, di musim hujan di Indonesia, orang tidak akan mendapatkan cukup sinar matahari dan menyebabkan mereka lebih mudah depresi. Selain itu, orang yang tidak pernah terkena sinar matahari dan sering berada di dalam ruangan juga cenderung lebih mudah stres. Jadi, cobalah untuk sekali waktu keluar dan berjemur di bawah sinar matahari untuk meningkatkan mood dan mengurangi stres.

 

2.        Manfaat vitamin D

Sinar matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang dan otak. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda harus terpapar sinar matahari pada pagi hari. Selain itu, jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi suplemen, makanan yang diperkaya vitamin D seperti susu dan yogurt. Jadi tidak ada salahnya untuk berjalan di bawah sinar matahari pada pagi hari antara pukul 06.00 hingga pukul 08.00.

 

3.        Menyehatkan jantung

Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular. Paparan sinar matahari akan membantu menyehatkan jantung. Sel-sel dalam tubuh akan menjaga jantung tetap sehat. Ini merupakan salah satu cara aneh matahari dalam mempengaruhi tubuh kita.

 

4.        Tulang dan otot yang kuat

Vitamin D akan membantu tubuh menyerap kalsium dan tentu saja itu penting untuk kesehatan tulang. Vitamin D juga penting untuk kesehatan otot karena dapat menurunkan resiko kram otot serta nyeri sendi.

 

5.        Mengurangi multiple sclerosis

Paparan sinar matahari langsung akan membantu mengurangi resiko pengembangan multiple sclerosis. Ini adalah salah satu alasan mengapa anda perlu berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi sebelum berangkat ke sekolah atau sebelum berangkat kerja.

 

Perhatian!

Sinar matahari tidak langsung, seperti apabila terhalang oleh kaca, tidak akan memberikan manfaat apapun terhadap tubuh anda. Jadi jika anda terkena sinar matahari pagi pada saat berada di dalam mobil dengan kaca tertutup, maka hal tersebut tidak ada artinya atau jika anda berada di dalam rumah dan terkena sinar matahari, anda tidak akan mendapatkan manfaat apapun.

 

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!