Catat, Ini Usia Ideal Anak Mulai Belajar Alquran

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim.Catat, Ini Usia Ideal Anak Mulai Belajar Alquran. Anak usia dini merupakan masa keemasan dalam mempelajari alquran. Dimana anak  usia dini motorik dalam menangkap  sesuatu hal yang baru  sangat cepat ditangkap dan cepat di ingat sama anak anak. Di saat masih di dalam kandungan lebih baik  orang tua selalu rajin membaca alquran, dan selalu tetap bertaqwa  kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Saat anak sudah berumur  tiga tahun atau empat tahun  sudah waktunya anak – anak  kita mulai belajar  membaca Al quran , dengan mengajarkan menyebutkan atau  melafalkan huruf-huruf al quran  yaitu huruf hijaiyah,  kata β€œ Dr Ahsin Sakho Muhammad β€œ  Rektor  Institut Ilmu Alquran (IIQ). 

Tetapi  Ustadz Bendri Mengatakan sebelum anak kita diajarkan membaca Alquran Dengan Huruf-Hurufnya dan Tajwid,  alangkah baiknya yang lebih utama di perkenalkan pemilik Al Quran yaitu Allah subhanahu wa ta’ala. Kenapa seperti itu?  Supaya anak-anak memiliki gairah dan juga memiliki  rasa keingintahuan  anak bisa timbul. Maka dari itu saat awal pengasuhan, kita sebagai orang tua hanya cukup menjelaskan  segala sesuatu yang memiliki hubungan dengan Allah dan juga Rasul-Nya.

 Setelah anak kita perkenalkan dengan keimanan kepada Allah  subhanahu wa ta’ala. Baru kita bisa memulai  memperkenalkan  dengan Al-Quran. Jangan terburu buru dalam mengajari membaca , tetapi kita bisa memperkenalkan Alquran secara terstruktur sesuai  kematangan indra pada anak kita  yang Pada Surat An-Nahl Ayat 78 disebutkan :

β€œ Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun,dan Dia memberi kamu pendengaran , penglihatan  da hati , agar kamu bersyukur. β€œ

Ustadz Bendri  menjelaskan , Pertama diawal  anak kita cukup didengarkan kalimat thayyibah, firman allah, tidak perlu diajari. Setelah itu penglihatannya, dimana orang tuanya  rajin membaca alquran .  untuk yang terakhir ini  emosi pada anak, yaitu saat anak kita sudah mulai mencintai Alquran yang berisi tentang Hal yang positif.

 Selain Penjelasan diatas ada juga Hadits yang dijadikan rujukan kapan idealnya anak sudah siap dalam mempelajari membaca  Al quran. Yaitu

 β€˜ Apabila seorang anak dapat membedakan mana kanan dan kiri maka perintahkan lah dia untuk mengerjakan Shalat. β€œ ( diriwayatkan Ath Thabrani)

β€œ ada perbedaan pendapat  oleh ulama hadist kapan usia yang ideal anak mulai belajar alquran , ada yang  mengatakan umur idealnya 7 tahun , dan ada juga yang mengatakan tidak harus di umur 7 tahun, karena kalau  mengajarkan alquran berpatokan bisa membedakan kanan dan kiri.   Kalau belum sampai umur mumayyiz , kita tidak perlu mengajarkannya tetapi cukup hanya melihat atau mengamati saja,” kata Ustadz Bendri. Wallahu a’lam Bishawab

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!