Definisi Yatim, Piatu Dan Yatim Piatu, Berikut Hak-Haknya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Mungkin bagi kita sebagian sudah tidak asing lagi dengan istilah anak yatim bukan. Namun setiap orang mungkin belum mengetahui bahwa yatim dan piatu ini memiliki artian yang berbeda. Lalu tahukah anda apa perbedaan dari kedua pernyataan tersebut. Yatim memiliki artian yaitu seorang anak yang dalam usia baligh telah ditinggal wafat oleh ayahnya. Sedangkan piatu adalah seorang anak yang belum baligh dan telah ditinggalkan oleh ibunya. Lalu pengertian dari anak yatim ini adalah gabungan dari keduanya yang telah ditinggal wafat oleh kedua orang tuanya. Jadi itulah pengertian anak yatim yang belum kalian semua ketahui.

Nah setelah anda paham akan pengertian yatim piatu maka ada baiknya kita sebagai sesama umat manusia menyantuni mereka. Dimana ada sebuah perintah agar anda semua dapat menyantuni seorang anak yatim piatu dengan penuh kasih. Anak yatim piatu ini sudah sangat selayaknya untuk mendapatkan sebuah perlakuan yang sangat istimewa oleh kita. Mengingat mereka tidaklah pernah di didik serta dinafkahi secara lengkap. Sehingga kita memposisikan anak yatim ini sebagai posisi tertinggi di antara lainnya. Sebab anak yatim memiliki posisi atau tempat tertinggi di dalam islam loh sehingga terdapat beberapa firman Allah yang menjelaskan mengenai anak yatim ini.

Inilah Definisi Yatim, Piatu Dan Yatim Piatu, Berikut Hak-Haknya

Kita Wajib Memberi Sedekah Kepada Anak Yatim

Memberi sedekah kepada anak yatim merupakan salah satu hal yang wajib kita semua lakukan. Dimana pada dasarnya anak yatim ini tidaklah memiliki kehidupan yang lengkap seperti apa yang kita miliki. Pada dasarnya yatim ini berasal dari sebuah bahasa Arab yang memiliki arti sedih ataupun bermakna sendiri. Adapun menurut istilah yatim ini di maksud dengan seorang anak yatim yang telah ditinggal wafat terlebih dahulu oleh ibu dan ayahnya. Sehingga kita sebagai seseorang yang masih memiliki orang tua lengkap haruslah bersyukur. Sebab mengingat anak yatim tak pernah mendapatkan kasih sayang lengkap seperti yang kita miliki saat ini bukan.

Inilah Surat Tentang Anak Yatim

Terdapat sebuah surat tentang anak yatim yang sudah tertulis dengan jelas dan benar di dalam Al – Qur’an.  Surat itu menjelaskan bahwa β€œtahukah kamu bahwa orang yang mendustakan agama? Itulah orang yang telah menghardik anak yatim”. Dimana surat tersebut termasuk dalam surah Al – Ma’un pada ayat 1 – 2 ya. Dimana juga terdapat hadist tentang anak yatim yang berada pada surah ad – Dhuha ayat 6. Isi dari surah tersebut ialah β€œbukanlah dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu ia akan melindungimu” dan inilah hadist dari surah ad – dhuha tersebut. Dimana perintah tentang anak yatim ini juga sudah di jelaskan pada hadis dari Ibnu Abbas r.a ya.

Kita Wajib Memuliakan Anak Yatim 

Anak yatim adalah salah satu anak yang wajib untuk dimuliakan posisinya oleh kita. Dimana kita sebagai seorang muslim yang masih memiliki orang tua lengkap ataupun tidak wajiblah memuliakan anak yatim dengan sepenuh hati. Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh kita untuk memuliakan anak yatim yaitu dengan cara memberikan makanan yang bergizi dan baik untuk anak yatim. Perlu anda ketahui bahwa menurut ajaran Islam menghardik anak yatim dan tidak pernah memberi makan terhadap fakir miskin ini di cap sebagai seorang pendusta. Dimana jika anda menghilangkan 2 kewajiban ini nantinya akan memiliki dosa yang paling berat sehingga ancamannya berupa neraka.

Terdapat sebuah sabda rasul tentang anak yatim yang berbunyi β€œbarang siapa yang memberikan makan dan minum seorang anak yatim maka ia akan memasukkannya ke dalam surga kecuali melakukan dosa yang tidak dapat di ampuni. Maka dapat di ambil kesimpulan dari dalil tersebut bahwa besarnya harta anak yatim terhadap kita sebagai seseorang yang sangat ingin masuk syurga. Dengan begini anda juga akan mendapatkan pahala yang besar, dan berlipat ganda. Bagi siapa saja yang menyantuni anak yatim maka ia akan selalu memiliki hidup yang bahagia. Janganlah menyianyiakan untuk menyantuni, menafkahi serta menyayangi anak yatim ya.

Berikanlah Sebuah Santunan Terhadap Anak Yatim Piatu

Hak anak yatim piatu selanjutnya adalah mendapatkan sebuah santunan dari anda yang masih terbilang mampu dalam harta dunia. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan oleh seseorang agar bisa menyantuni anak yatim sebagai seseorang yang ingin mendapatkan surga – Nya. Salah satu sedekah yang perlu anda lakukan dengan memberikan zakat terhadap anak yatim. Salurkanlah zakat anda melalui panti asuhan yang selalu berisikan anak yatim tersebut. Sudah kita ketahui bahwa pengertian yatim ini sendiri merupakan seorang anak yang ditinggal oleh ayahnya untuk selama – lamanya atau bisa disebut dengan ditinggal wafat.

Memberikan Tempat Tinggal, Makanan Serta Pendidikan Yang Layak

Anak piatu adalah seorang anak yang wajib kita berikan sebuah tempat tinggal, makanan serta pendidikan yang layak. Dimana pada salah satu hadist dalam al – qur’an menjelaskan bahwa mengurus anak yatim piatu nantinya akan sangat memiliki kedudukan tinggi di dunia maupun akhirat. Kita sebagai sesama umat manusia haruslah bisa memberikan kasih sayang terhadap sesama dan memberikan kasih sayang yang wajib ini terhadap anak yatim ya. Sebab anda tidaklah akan mendapatkan syurga jika telah mendustai anak yatim yang penuh dengan kesedihan tersebut.

Selalu Memberikan Kasih Sayang Terhadap Anak Yatim Piatu

Kita sudah tahu bahwa piatu adalah seorang anak yang tidak memiliki sosok keluarga lengkap yang selalu di dambakan olehnya. Maka dari itu kita sebagai seseorang yang memiliki hati nurani tulus nan sabar haruslah bisa memberikan sejuta kasih sayang terhadap seorang anak yatim tersebut. Tak hanya menafkahi lahiriahnya kita sesama yatim piatu haruslah bisa saling menyayangi sebagaimana anda menyayangi orang yang di sayang. Terdapat sebuah hadist yang berbunyi bahwa jika anda mengusap seorang anak yatim piatu maka akan ada kebaikan untuk anda dapatkan dari Allah.

Setiap Umat Wajib Memberikan Perlindungan Terhadap Anak Yatim

Anak yatim merupakan seseorang yang sudah baligh. Dimana baligh artinya pertumbuhan seorang anak  menuju dewasa. Dimana anak yatim piatu ini mereka sudah termasuk dalam masa baligh yang sangat perlu untuk dilindungi. Kita wajib memberikan perlindungan terhadap anak yatim dengan bentuk pemberian sandang, pangan, pendidikan serta pangan yang sangat layak untuk mereka. Dengan begitu anda akan mendapatkan ganjaran kebaikan yang akan diberikan oleh Allah langsung.

 Nah itulah beberapa pengertian anak yatim yang wajib anda ketahui. Dimana jika anda ingin menyantuni anak yatim piatu dapat bergabung dengan Sahabat Yatim Indonesia. Pada yayasan ini  nantinya anda akan mendapatkan semua kegiatan mengenai anak asuh yang akan bisa menginspirasi anda untuk dapat bergabung.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!