(021) 5312 6107

Niat, Tata Cara, dan Doa Mandi Junub yang Sesuai dengan Tuntunan

SYIAR
Niat, Tata Cara, dan Doa Mandi Junub yang Sesuai dengan Tuntunan

Doa Mandi Junub – Niat, tata cara, serta doa mandi junub sangatlah penting untuk diketahui dan dipahami, khususnya bagi kaum muslim. Mandi junub merupakan salah satu cara yang digunakan untuk membersihkan dan mensucikan diri dari najis dan hadats besar.

Mandi junub atau mandi besar ini dilakukan untuk membersihkan dan mensucikan diri setelah seseorang bersenggama dan mengeluarkan air mani, mimpi basah, haid, wiladah dan nifas.

Orang yang setelah melakukan atau mengalami hal tersebut wajib mensucikan diri dengan cara mandi junub atau mandi besar.

Bagi umat Islam, mandi junub merupakan hal yang sudah tidak asing lagi. Sebab umat Islam harus melakukannya untuk membersihkan diri dan mensucikan diri. Berbagai kajian telah banyak dilakukan untuk mengajarkan bagaimana niat, tata cara, dan doa mandi junub.

Mulai dari orang tua yang mengajarkan anak-anaknya, dari lingkungan pendidikan formal dan non-formal, serta dari pengajian-pengajian, sudah banyak diajarkan menganai niat, tata cara, dan doa mandi junub.

Mandi junub juga harus dipahami bahwa hal ini juga termasuk salah satu ibadah yang harus dilakukan sesuai dengan tuntunan. Sebagaimana ibadah lainnya, mandi junub juga telah dijelaskan dalam berbagai hadits.

Mulai dari hal-hal yang mengharuskan seseorang mandi junub, niatan, bagaimana tata cara melakukanannya, serta doa mandi junub telah dijelaskan secara panjang lebar dalam hadits-hadits.

Niat, Tata Cara, dan Doa Mandi Junub yang Sesuai dengan Al-Hadits

Niat, Tata Cara, dan Doa Mandi Junub yang Sesuai dengan Tuntunan

Berikut merupakan niat, tata cara, dan doa mandi junub yang sesuai dengan tuntunan Al-Hadits:

Niat atau Doa Mandi Junub

Niat dalam mandi junub telah dijelaskan dalam Al-Hadits sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Artinya:

“Saya niat melakukan mandi junub untuk membersihkan diri dari hadats besar wajib, karena Allah Yang Maha Luhur”

Niat harus dilakukan oleh seseorang yang akan melakukan mandi junub sebelum melaksanakan mandi junub, sehingga apa yang ia niati akan sampai kepada Allah SWT.

Tata Cara Mandi Junub

Niat, Tata Cara, dan Doa Mandi Junub yang Sesuai dengan Tuntunan

1. Niat karena Allah SWT

Sebelum mandi junub, harus dilandasi dengan niat yang murni karena Allah SWT untuk melaksanakan dan mensucikan diri dari hadats besar dengan cara mandi junub.

2. Mencuci Kedua Tangan

Mandi junub diawali dengan mencuci atau membasuh kedua tangan dengan air sampai bersih. Hal ini ditujukan untuk membersihkan dan mensucikan tangan dari kotoran dan najis.

3. Membersihkan Bagian Tubuh yang Kotor dan Najis

Setelah membersihkan kedua tangan, dilanjutkan dengan membersihkan seluruh bagian tubuh yang kotor dan najis. Anda dapat melakukannya dengan menggososk bagian tubuh dengan tangan agar benar-benar bersih kemudian membasuhnya dengan air.

4. Kembali Mencuci Kedua Tangan

Setelah tangan digunakan untuk membantu membersihkan bagian-bagian tubuh yang kotor dan najis, tangan kembali dibasuh dan dicuci sampai bersih dan suci.

5. Berwudhu

Setelah tangan dibasuh dan dipastikan bahwa seluruh anggota tubuh telah bersih, yang dilakukan adalah berwudlu. Wudlu yang dilakukan dalam mandi junub ini sama halnya dengan wudlu biasa sebelum sholat.

6. Membasahi Kepala

Setelah berwudlu, hal yang harus dilakukan dalam mandi junub adalah membasahi kepala dengan air sampai terasa air telah menembus rambut dan membasahi kulit kepala.

Hal ini juga dilakukan dengan mencelupkan tangan ke dalam air dan menyisirkan jari pada kulit kepala. Hal tersebut terus dilakukan dengan memisahkan rambut-rambut dan kulit kepala tersasa basah.

7. Mengguyur dan Membasahi Seluruh Bagian Tubuh

Setelah membasahi rambut dan kepala, yang harus dilakukan adalah dengan mengguyur dan membasahi seluruh bagian tubuh dengan air.

Mulai dari ujung rambut sampai dengan ujung kaki harus diguyur dan basah oleh air. Hal ini dilakukan mulai dari bagian tubuh kanan dan dilanjutkan kepada bagian tubuh sebelah kiri.

8. Menggunakan Shampo dan Sabun untuk Membersihkan Tubuh

Setelah selesai membasahi seluruh bagian tubuh, dapat ditambahkan dengan menggunakan pembersih lainnya seperti shampo dan sabun mandi. Hal ini bertujuan agar tubuh semakin bersih dan wangi. Kemudian dilanjutkan dengan membilas seluruh bagian tubuh sampai bersih.

Dalam suatu hal yang menyebabkan seseorang tidak mampu atau dilarang mandi, seperti ketika sakit, lumpuh, dan lain sebagainya, seseorang yang akan melakukan mandi junub cukup dengan melakukan dengan tayamum menggunakan debu yang suci.

Hal tersebut menjadi ruhsah atau kemurahan bagi seseorang yang berada dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan mandi junub sesuai dengan tuntunan Al-Hadits. Yang tidak kalah penting adalah doa mandi junub atau niat mandi junub.

Doa mandi junub atau niat mandi junub agar selalu diamalkan sebelum mandi junub, sehingga ibadah mandi junub bisa menjadi sempurna dan menjadi pahala yang sampai kepada Allah SWT, serta membersihkan tubuh dari hadats besar.


error: Content is protected !!