Doa Menyambut Bulan Ramadhan, dan Niat Berpuasa

Doa Menyambut Bulan Ramadhan, dan Niat Berpuasa

Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Muslim. Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang dimana Umat Muslim di seluruh dunia akan menunaikan ibadah puasa sebulan lamanya. Dalam bulan suci Ramadhan, segala bentuk amal kebaikan akan memperoleh pahala yang lebih besar dibandingkan dengan bulan bulan lainnya. Sehingga bulan suci ramahan menjadi momen momen yang dimanfaatkan umat Muslim untuk memperbanyak amal kebaikan.

Perintah menjalankan puasa Ramadhan terdapat dalam Surat Al-Baqarah ayat 183-184 berartikan: “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan orang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”.

Doa Menyambut Bulan Ramadhan, dan niat berpuasa

Niat Puasa Ramadhan

Ibadah puasa merupakan amalan wajib bagi umat Muslim saat bulan suci Ramadhan. Oleh karena itu, melakukan puasa diharuskan untuk melakukan niat puasa ramadhan. Berikut adalah niat puasa Ramadhan.

 “Nawaitu shauma ghadin an’adai fardi syahri ramadhani hadzihisanati lillahita’ala.”

Artinya: “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

Niat puasa Ramadhan dapat dilakukan pada malam hari atau tepatnya saat sahur sebelum subuh. Apabila niat dilakukan setelah terbitnya matahari maka puasa menjadi tidak sah. “Siapa yang belum berniat di malam hari sebelum subuh, maka tidak ada puasa untuknya.” (HR. An Nasai no. 2333, Ibnu Majah no. 1700 dan Abu Daud no. 2454).

Puasa merupakan kewajiban umat Muslim untuk menahan diri dari makan, minum dan berbagai macam hal lainnya yang dapat membatalkan puasa yang dimulai dari sebelum terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari ( Magrib )

 

Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Umat Muslim dapat membaca doa menyambut bulan Ramadhan berikut ini.

 “Allahumma ahillahu ‘alaina bil amni wal imani was salamati wal islami wal’afiyatil mujallalati wa difa’il asqomi wal ‘aini ‘alash sholati wash shiyami wa tilawatil qur’ani. Allahumma sallimnaa liromadhona, wasallamahu lanaa, wa sallamahu minna hatta yakhruju romadhona wa qad ghofarta lanaa warahmatunaa wa ‘afawta ‘annaa.”

Artinya: Ya Allah, pertemukan bulan ini dengan kami dalam keadaan aman, iman, keselamatan, Islam, sehat yang prima, kebal dari penyakit, dan pertolongan untuk shalat, puasa, dan membaca Al-Qur’an. Ya Allah, serahkan kami pada Ramadhan ini. Serahkan Ramadhan pada kami. Selamatkan Ramadhan dari kami. Hingga selesai bulan Ramadhan sedang Engkau telah mengampuni kami, Engkau telah merahmati kami, dan Engkau memaafkan kami.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details