Doa Sedekah agar Diterima Allah SWT dan Keutamaannya

keutamaan-sedekah-lid-768x380

Doa Sedekah agar Diterima Allah SWT dan Keutamaannya, Sedekah adalah salah satu sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Melalui bersedekah, kita dapat meringankan beban orang sedang dilanda oleh kesusahan seperti misalnya para fakir, miskin, yatim dan lain sebagainya. 

Bersedekah juga merupakan perintah dari Allah SWT seperti apa yang dijelaskan pada Alquran surat Al-Talaq ayat 7, Allah SWT telah memerintahkan umat-Nya untuk bersedekah dan berjanji akan membalas kebaikan tersebut. Allah SWT berfirman yang artinya:

“Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.” (QS. Al-Talaq: 7)

Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang bersedekah. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 276 yang artinya:

“Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.” (QS. Al-Baqarah: 276)

Sementara itu, hadis sedekah yang paling utama diriwayatkan Abu Hurairah R.A. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Setiap ruas tulang manusia harus disedekahi setiap hari di saat terbitnya matahari: berbuat adil terhadap dua orang (mendamaikan) adalah sedekah; menolong seseorang naik kendaraannya, membimbingnya, dan mengangkat barang bawaannya adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah; Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan salat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Doa Sedekah dan Keutamaan Sedekah

Agar Sedekah menjadi berkah, ada beberapa doa yang dapat dipanjatkan ketika saudara menunaikan sunah untuk bersedekah. Berikut ini kami akan berbagi beberapa informasi terkait doa dan keutamaan dari sedekah. Selengkapnya, simak berikut ini.

Doa saat sedekah

Ketika saudara bersedekah, hendaklah membaca doa berikut ini dengan tujuan semata mata demi memperoleh berkah dari Allah SWT. Berikut doa Sedekah yang lengkap dengan artinya. 

رَبَّنَاتَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

“Rabbana taqobbal minna innaka antas sami’ul alim.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, terimalah dari kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Doa sedekah saat di perjalanan

Bersedekah adalah suatu hal yang dapat dilakukan kapan dan di mana saja dan termasuk ketika saudara sedang berada dalam perjalanan. Jika saudara hendak melakukan sedekah saat dalam perjalanan, berikut ini doa yang dapat saudara panjatkan ketika bersedekah dalam perjalanan.

اِشْتَرَيْتُ سَلاَمَتِي وَسَلاَمَةَ مَنْ مَعِيَ وَمَا مَعِيَ وَمُخَلِّفِيْ بِهَذَا مِنَ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ

“Isytaraitu salamati wa salamata man ma’iya wa ma ma’iya wa mukhollifi bi hadza minallahi ‘azza wa jalla.”

Artinya: “Aku membeli keselamatanku dan keselamatan orang yang bersamaku dan barang yang ada bersamaku serta orang-orang yang aku tinggalkan dengan sedekah ini dari Allah.”

Doa saat tidak bisa sedekah

Tidak hanya doa ketika saudara mampu bersedekah saja, saudara juga dapat memanjatkan doa ketika saudara tidak mampu bersedekah, dikarenakan apa yang saudara miliki saat ini tidak memungkinkan saudara untuk bersedekah. Doanya sebagai berikut.

“Allahumma sholli ‘ala muhammadin ‘abdika wa rasulika wa sholli ‘alal mu’minina wal mu’minati wal muslimina wal muslimati.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad SAW, hamba-Mu dan utusan-Mu, dan limpahkanlah rahmat kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, orang-orang muslim laki-laki dan perempuan.”

Keutamaan Sedekah

Sedekah bukan hanya akan bermanfaat bagi orang yang menerimanya saja melainkan juga akan memberikan manfaat bagi orang yang menunaikannya. Ada beberapa keutamaan bagi orang yang mau bersedekah dan membantu orang lain.

1. Sedekah Tidak Mengurangi Harta

“Sedekah adalah ibadah yang tidak akan mengurangi harta, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda untuk mengingatkan kita dalam sebuah riwayat Muslim, “sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim).  “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

Sedekah Menghapus Dosa

Sedekah merupakan ibadah yang istimewa, ia dapat memudahkan kita dalam menghapus dosa-dosa. Rasulullah SAW pernah bersabda “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api. (HR. At-Tirmidzi).

3. Sedekah Melipatgandakan Pahala

Allah SWT berfirman,

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Mari tunaikan sedekah dengan mengeluarkan zakat mal atas setiap harta yang saudara miliki. Untuk saudara yang mungkin ingin mengeluarkan zakat, maka silakan saudara bergabung bersama kami dalam program meningkatkan kesejahteraan hidup anak anak yatim indonesia.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details