Fakta Mengejutkan dari Mengkonsumsi Sodium

Fakta Mengejutkan dari Mengkonsumsi Sodium

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Fakta Mengejutkan dari Mengkonsumsi Sodium – Diyakini bahwa natrium dan garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan juga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan ginjal. Namun, dalam kenyataannya, natrium sangat dibutuhkan karena bisa digunakan untuk mengontrol proses biologis dan membuat kita tetap sehat jika di konsumsi dalam jumlah yang moderat (tidak berlebihan). Sodium adalah mineral yang menjaga cairan di dalam tubuh agar tetap seimbang. Selain itu, sodium juga memainkan peranan penting dalam berbagai fungsi tubuh kita.

Sodium biasanya hadir secara alami di beberapa makanan. Secara luas, sodium hadir di garam, seledri, susu, dan makanan olahan.

Β Fakta Mengejutkan dari Mengkonsumsi Sodium

Fakta Seputar Sodium

Dan berikut adalah beberapa fakta yang cukup mengejutkan mengapa kita harus mengkonsumsi sodium dalam jumlah yang cukup.

 

1.Β Β Β Β Β Β Β  Fungsi jantung

Ketidakseimbangan natrium dapat mempengaruhi fungsi jantung dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang berbahaya. Dengan ketidakseimbangan natrium, kontraksi jantung menjadi tidak normal sehingga meningkatkan resiko serangan jantung.

 

2.Β Β Β Β Β Β Β  Fungsi saraf

Apabila kita mencukupi jumlah sodium dalam jumlah yang tepat, hal tersebut akan membantu kita dalam mengatur impuls saraf. Kekurangan natrium di dalam tubuh akan menghalangi komunikasi saraf. Selain itu, apabila kekurangan natrium juga dapat menyebabkan kram otot.

 

3.Β Β Β Β Β Β Β  Mengatur tekanan darah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya apabila kita kebanyakan mengkonsumsi sodium tekanan darah akan meningkat sehingga sangat berbahaya. Namun kekurangan sodium juga bisa berpengaruh.Sodium akan mempertahankan keseimbangan cairan di dalam tubuh sehingga dalam jumlah yang tepat akan mengatur tekanan darah dalam keadaan normal.

 

4.Β Β Β Β Β Β Β  Mengatur glukosa

Kita membutuhkan natrium untuk mengatur glukosa di dalam tubuh. Sodium akan mengikat glukosa dan membantu untuk memasukkannya ke aliran darah. Dengan adanya natrium, maka glukosa akan lebih mudah masuk ke dalam darah dibandingkan dengan mereka yang kekurangan.

 

5.Β Β Β Β Β Β Β  Melancarkan pencernaan

Sodium yang terkandung di dalam garam dapat membantu memperlancar pencernaan dan meningkatkan fungsi ginjal sehingga akan bekerja dengan tepat dan baik. Selain itu, mineral ini juga dapat membantu mempertahankan nutrisi di dalam tubuh.

Jadi, jika anda sering mengalami sembelit atau susah buang air besar, mungkin saja selama ini anda kekurangan garam, entah itu yang ada di dalam sayuran maupun makanan anda yang lainnya.

 

Sumber Sodium

Beberapa sumber sodium telah disebutkan sebelumnya, dan makanan lain yang bisa menjadi sumber sodium antara lain daging sapi, daging unggas, seafood, dan bisa juga diperoleh dari berbagai jenis sayuran seperti wortel atau seledri.

Beberapa makanan olahan juga biasanya mengandung banyak sodium, namun perlu untuk dihindari karena seringkali menyebabkan seseorang kelebihan sodium. Kelebihan sodium dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah atau hipertensi serta gangguan menstruasi pada wanita. Selain itu, imbasnya juga bisa menyebabkan resiko stroke dan serangan jantung. Beberapa makanan olahan yang banyak mengandung sodium antara lain kornet, roti,cracker, kue dan berbagai jenis keripik.

 

 

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!