Hadits Tentang Pendidikan Anak Dalam Islam

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim.hadits tentang pendidikan anak dalam islam.  Umat islam dalam menjalani kehidupan sudah di bocor kan langsung oleh sang pencipta Allah subhanahuwataala, dengan di turunkannya kitab suci alquran dan juga diutusnya nabi kita Rasulullah Muhammad shalallahualaihi wa salam.  Begitu juga dalam membesarkan anak , rasulullah telah mengajarkan kita bagaimana cara mendidik, dan mengajarkan anak .

Berikut beberapa hadis tentang pendidikan yang disampaikan Rasulullah shalallahualaihi wasallam.

 Begitu penting menguasai ilmu pengetahuan.  

Yang artinya” Barang siapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barang siapa menginginkan akhirat, hendaklah ia menguasai ilmu. Dan barang siapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat), hendaklah ia menguasai ilmu.” (HR. Ahmad)

Jadilah Pendidik yang baik

Yang Artinya β€œ Jadilah pendidik yang penyantun, ahli fikih, dan ulama. Disebut pendidikan apabila seseorang mendidik manusia dengan memberikan ilmu sedikit-sedikit yang lama –lama menjadi banyak,” ( HR.Bukhari)

Wajibnya Mendidik Anak

Yang Artinya : β€œ setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah (suci). Kemudian kedua orang tuanyalah yang akan menjadikan anak itu menjadi Yahudi,Nasrani,atau Majusi sebagaimana binatang ternak yang melahirkan binatang ternak dengan sempurna. Apakah kalian ada cacat padanya?’ (HR.Bukhari).

Mengajari pendidikan karakter

Yang Artinya : β€œ Ajarkanlah Kalimat pertama kepada anak-anak kalian β€˜ La ilaha Illallah.” ( HR. Al- Hakim)

Hormat Kepada Guru

Yang Artinya : β€œ Belajarlah Kalian ilmu untuk ketentraman dan ketenangan , serta rendah hatilah pada orang yang kamu belajar darinya . β€œ ( HR.Ath-Thabrani).

 Dari hadis –hadis yang disebutkan diatas. Itu membuktikan kalau islam sangat menjunjung tinggi yang namanya pendidikan dan juga ilmu pengetahuan. Bukan hanya ilmu tentang agama saja, tetapi ilmu didunia juga jangan sampai pernah melupakannya.

Islam juga mengajarkan adab dan akhlak kepada anak, agar menjadi anak yang selalu menjunjung tinggi akhlak yang mulia dan berperilaku yang baik kepada setiap sesama manusia.

Begitulah beberapa penjelasan tentang Hadits pendidikan anak dalam islam. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca website ini . Wallahualam bishawab.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!