hak manusia dalam pandangan islam

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirohmanirrohim. 4 hak manusia dalam pandangan islam. Manusia adalah ciptaan allah Subhanahuwataala yang paling sempurna dibanding dengan ciptaan Allah Ta’ala yang lainya. Manusia diberikan kehendak bebas . yang bisa memilih untuk mematuhi atau mengingkari perintah allah,  dengan konsekuensi nya masing-masing. Oleh karena itu manusia di berikan yang namanya otak yang berfungsi untuk berfikir  sebelum melakukan sesuatu.

Disini kita akan ulasan 4 Hak manusia dalam pandangan islam sebagai berikut

  1.       Hifdhud din. Merupakan hak kepada manusia dalam memilih agama dan keyakinannya. Karena itu Islam telah memberikan jaminan kepada manusia dalam ber agama dan juga tidak boleh adanya pemaksaan  memilih agama yang satu dengan agama yang lainnya juga.
  2.       Hifdhul’ aql merupakan dalam memberikan Opini, meneliti dan juga melakukan kegiatan ilmiah. Untuk masalah ini islam sangat melarang perusakan  akal dengan  penyiksaan, menggunakan ekstasi, Minuman beralkohol dan lain sebagainya.
  3.       Hifdhun nasl . adalah suatu kebebasan atau jaminan dalam kehidupan privasi bagi setiap individu,  melindungi profesi (pekerjaan), masa depan anak keturunan dan juga  generasi yang lebih bai dan juga memiliki kualitas .
  4.       Hifdhun mal . adalah suatu jaminan dimana kita sebagai manusia mempunyai hak dalam pemilikan harta benda yang telah di berikan oleh Allah subhanahuwataala contohnya proferti  dan lain sebagainya.  dan juga di dalam islam sangat tidak di perkenankan dalam merampas harta dari orang lain , seperti Korupsi, monopoli,  dan lain sebagainya.

 Dengan ulasan diatas manusia hidup di dunia ini memiliki hak-hak  yang wajib dipenuhi. Hak hak ini biasanya wajib dilakukan oleh para pengusaha yang dimana memiliki karyawan atau pegawai yang banyak. Jadi  kita tidak asal sembarangan dalam memberikan suatu pekerjaan dan juga gaji yang sesuai oleh para pekerja kita.

Islam mengajarkan secara lengkap semua apa saja yang berhubungan tentang kehidupan di dunia ini, semua itu adalah perintah dan aturan dari sang pencipta kita Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Semoga dengan artikel singkat ini pembaca bisa memahami hak manusia dalam pandangan islam Wallahualam Bishawab

Related Posts

Tinggalkan komentar

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!