Hal yang Mengganggu Metabolisme

Hal yang Mengganggu Metabolisme

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Hal yang Mengganggu Metabolisme – Ada banyak hal yang bisa mengganggu metabolisme di dalam tubuh kita. Namun sebelum itu, anda perlu tahu bahwa metabolisme merupakan proses biologis yang membuat semua sel di dalam tubuh berfungsi secara aktif. Namun, hal tersebut bisa rusak setiap saat jika anda tidak memperhatikan apa yang anda lakukan terhadap tubuh. Sebagian besar dari kita tidak mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan masalah pada metabolisme. Dan tidak sedikit dari kita juga yang tidak pernah berfikir dan tidak pernah mengetahui kegiatan sehari-hari yang dapat merusak metabolisme.

Yang Mempengaruhi Metabolisme

Gangguan metabolisme saat ini meningkat cukup pesat, diakibatkan karena perubahan gaya hidup modern. Sebelum anda mengetahui apa saja yang dapat cara meningkatkan metabolisme, penting bagi anda untuk mengetahui apa saja penyebab metabolisme menurun. Jika selama ini anda berpikir bahwa dengan olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat bisa mendukung metabolisme, maka anda salah. Ada banyak hal lain yang harus anda lakukan.

Hal yang Mengganggu Metabolisme

Cara Terbaik Meningkatkan Metabolisme

Segala sesuatu yang dianggap sehat dan berkontribusi pada sistem metabolisme diantaranya adalah gaya hidup, kebiasaan beristirahat dan tidur, diet dan makanan. Dan bagi anda yang ingin mengetahui secara lengkap apa saja yang dapat mengganggu metabolisme, berikut beberapa diantaranya:

 

1.        Dehidrasi

Air memiliki peranan yang sangat penting dalam metabolisme tubuh. Jika anda tidak mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup setiap hari, kemungkinan besar anda akan menderita. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Namun sayangnya banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa metabolisme yang tidak normal diakibatkan karena dehidrasi.

Jadi, apabila anda pergi ke kantor, pergi berolahraga seperti futsal atau lain-lainnya, jangan lupa untuk membekali diri dengan air.

 

2.        Makan pada malam hari

Makan pada malam hari ini harus dikontrol. Kebiasaan orang Indonesia yang makan banyak karbohidrat di malam hari sebenarnya sangatlah buruk. Hal tersebut dikatakan buruk karena kita tidak banyak melakukan aktivitas di malam hari, sehingga kalori akan menjadi lemak.

Terlebih apabila kita makan larut malam dimana waktu untuk beristirahat semakin dekat. Menurut beberapa penelitian, makan pada waktu malam terutama sebelum tidur menyebabkan obesitas sehingga menumpuk lemak dan mempengaruhi proses pencernaan.

 

3.        Diet ketat

Penyebab terganggunya metabolisme yang lain adalah diet ketat dengan membatasi jumlah karbohidrat, lemak dan protein. Jika anda berpikir bahwa diet ketat bisa membuat anda tampak langsing, maka anda salah. Diet yang terlalu ketat dapat menyebabkan berbagai resiko kesehatan terutama terganggunya sistem metabolisme.

 

4.        Tidak beristirahat dengan teratur

Jika anda tidak cukup tidur setiap hari, tidak diragukan lagi anda akan mengalami masalah dengan metabolisme. Tidak hanya tidur kurang, tidur yang tidak nyenyak atau sering terganggu karena adanya SMS, atau berbagai notifikasi dari gadget juga dapat memperparah hal tersebut.

 

5.        Hindari makanan cepat saji

Junk food atau makanan cepat saji biasanya dapat mengganggu metabolisme dan menyebabkan berbagai penyakit lain.Pengawet yang ada di dalam junk food akan membuat sistem pencernaan terganggu. Selain itu, makanan yang rendah gizi dan banyak mengandung kalori tersebut sudah pasti tidak sehat.

 

6.        Ngemil yang tidak sehat

Kebiasaan ngemil seperti goreng-gorengan, makanan kaleng, atau berbagai makanan olahan seperti keripik kentang dapat menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh. Maka dari itu, apabila anda ingin memiliki metabolisme yang sehat dan baik cobalah beralih ke makanan-makanan sehat seperti buah-buahan maupun kacang-kacangan.

 

7.        Hati-hati menggunakan obat

Jika anda sedikit-sedikit menggunakan obat, maka hal tersebut bisa mengganggu metabolisme. Sakit pilek minum obat, batuk minum obat, demam minum obat, dan hampir semua penyakit anda lawan dengan minum obat. Kebiasaan ini harus segera dihentikan. Periksakan kondisi kesehatan sebelum minum obat, itu lebih baik dan dengarkan saran dokter.

Ternyata obat memiliki banyak resiko dan bisa menyebabkan efek samping yang sangat serius. Jadi, cobalah untuk mencari obat alternatif yang menggunakan bahan alami serta tidak memiliki efek samping yang berbahaya sehingga anda akan memiliki metabolisme yang sehat dan baik.

 

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!