Hikmah Dan Keutamaan Puasa Bagi Umat Muslim

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Setiap orang perlu menyadari bahwa puasa merupakan salah satu bentuk ibadah umat muslim yang dijalankan pada bulan suci bulan ramadhan ini. Jika kita menjalankan puasa itu berarti kita patuh terhadap perintah agama dan Allah SWT. Maka dari itu dari puasa adalah waktu dimana kita diuji dari segi nafsu dari segala godaan. Serta diujinya bentuk ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Dari sinilah kita bisa disiplin waktu dan banyak hal yang didapat dari berpuasa.Β  Sungguh memiliki manfaat yang bisa kita petik dan rasakan manfaat berpuasa ini. Karena makna puasa yang sesungguhnya dapat kita rasakan sendiri manfaatnya jika anda menjalankan sendiri ibadah puasa tersebut.Β 

Puasa menurut islam sesungguhnya merupakan bentuk patuh umat muslim kepada Allah SWT sebagaimana yang di perintahkan dalam agama islam. Setiap hal yang di perintahkan kepada umat islam sudah ada dan tertuang dalam al – Qur’an. Dimana al – Qur’an menjadi sumber hukum utama dalam islam. Seperti kewajiban kita dalam menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Agar senantiasa tujuan dan kedamaian batin dapat terwujud.

Jadi hukum berpuasa bagi umat muslim tentunya wajib hukumnya. Di jalankan dan di patuhi sebagai bentuk patuh dan taat akan perintah agama dan perintah Allah SWT. Pada artikel ini mengulas beberapa keutamaan dan hikmah puasa bagi umat muslim. Intip dan simak bersama-sama ulasan ini.Β 

Hikmah Dan Keutamaan Puasa Bagi Umat MuslimΒ 

Bulan yang penuh ampunan

Keutamaan puasa pada bulan yang suci bulan ramadhan ini maka mereka akan merasakan sendiri faedah puasa Β yang di jalankannya. Sesungguhnya orang-orang yang berpuasa senantiasa akan mendapatkan hikmah puasa itu sendiri. Oleh sebab itu, barang siapa yang berpuasa pada bulan ramadhan. Maka ia akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Selain itu ia juga akan mendapatkan keinginannya atau kabul hajat jika ia benar-benar menjalankannya di bulan yang penuh ampunan ini. Maha besar Allah yang tak pernah ingkar janji pada hamba – Nya mengenai nikmat-nikmat yang di berikan ini.Β Β 

Dapat mengatur hawa nafsu

Sesungguhnya puasa dalam islam memiliki makna yang salah satu dapat mengatur hawa nafsu manusia selama menjalankan puasa. Selain itu tak hanya dapat mengatur hawa nafsu. Pada nyatanya jika kita puasa dan kesehatan dalam islam dapat menyembuhkan penyakit. Jika kamu mengalami sakit atau memiliki.suatu penyakit yang tidak pernah sembuh. Cobalah untuk menjalankan ibadah puasa.

Maka dari situlah anda akan merasakan manfaat puasa dalam islam yang sesungguhnya. Kendalikan diri anda selama menjalankan ibadah puasa. Agar ibadah yang anda lakukan tidak sia-sia. Selama mampu menjalankannya maka anda di permudah segala urusanΒ  di dunia ini.

Di kabulkan doa-doa selama bulan ramadhan

Seperti yang pernah di katakan pada firman Allah tentang puasa. Orang-orang yang menjalankan syariat agama dan perintah Allah SWT. Maka akan di kabulkan doa-doa yang ia panjatkan selama bulan ramadhan. Sebab hal itu merupakan termasuk salah satu ibadah pada Allah. Yang meyakini keberadaan Allah sebagai Sang Maha Kuasa dan pemilik alam serta isinya.

Bulan ramadhan ini merupakan bulan suci dan bulan yang di nantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Selama bulan ramadhan alangkah baiknya jika melakukan dan menjalankan kebaikan-kebaikan terhadap sesama manusia. Dari sanalah kamu bisa mengerti tentang puasa di bulan ramadhan yang sesugguhnya.Β 

Mampu Meningkatkan taqwa terhadap Allah SWT

Selain 3 keutamaan di atas yang telah di sebutkan. Keutamaan orang yang berpuasa pada bulan ramadhan ialah dapat meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Seperti yang di jelaskan pada surah al baqarah tentang puasa. Β Yang mengandung arti β€œ wahai orang-orang yang beriman, di wajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana telah di wajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa.

Surah yang memiliki arti tersebut sudah menjelaskan bahwa manusia di wajibkan untuk berpuasa sebagaimana menjalankan perintah Allah sebagai umat muslim. Oleh sebab itu, perlu di tegaskan kembali bahwa ibadah puasa benar-benar wajib di jalankan bagi umat muslim di dunia. Dengan syarat orang tersebut baligh, berakal, dan mampu menjalankannya.

Mempererat sesama manusia dan bersilaturahim

silaturahim

Di jelaskan pada point yang satu ini yakni dapat mempererat sesama manusia dan bersilaturahim. Selama bulan ramadhan ini pastinya akan melalui serangkaian kegiatan bulan ramadhan. Seperti melaksanakan sholat terawih, tadarus,Β  buka bersama, bagi-bagi takjil, dan rangkaian kegiatan lainnya.

Hal itulah mampu mengikat kuat tali persaudaran sesama umat manusia. Selama ia mampu menjalankan atas syariat dan perintah agama. Untuk itu inilah hikmah puasa yang bisa kalian dapatkan di bulan suci bulan ramadhan ini. Semoga senantiasa kalian selalu di berikan keberkahan dan dilimpahkan kebahagiaan oleh Allah SWT.Β 

Mendapatkan banyak pahala

Berpuasa di bulan ramadhan akan mendapatkan banyak pahala bagi orang-orang yang menjalankannya. Apalagi jika kita melaksanakan sholat terawih di masjid maka pahala akan di limpahkan pada anda. Selain itu, ditambah lagi jika anda bertadarus ataupun mengaji selama bulan ramadhan. Maka pahala yang Allah SWT berikan akan di lipat gandakan. Tak hanya jika anda membaca al – Qur β€˜an.

Walaupun hanya sekedar mendengarkan saja, maka Allah SWT akan memberikan pahala yang sebanding dengan orang yang membacanya. Bulan ramadhan ini sungguh bulan yang besar akan ampunan, pahala yang mengalir, dan segala kenikmatan lainnya yang Allah berikan kepada kita.

Diuji kesabaran kita

Pada point penting yang terakhir ini ialah diuji kesabaran kita selama berpuasa. Selama menjalankan puasa pasti akan mengalami berbagai godaan. Maka dari itu kita diuji kesabarannya. Ketika diuji kesabaran kita, disanalah Allah akan mengetahui apakah benar kita sabar menghadapi segala jenis godaan selama berpuasa.

Oleh sebab itu, jika satu kali saja kalian tergoda dengan godaan jin dan setan. Maka dapat di katakan puasa anda batal dan tidak sah. Maka perlunya kita melakukan rangkaian kegiatan yang baik dan mengandung banyak pahala di dalamnya. Agar senantiasa puasa kita selalu dilimpahkan keberkahan oleh Allah SWT.Β Β 

Demikianlah ulasan mengenai hikmah dan keutamaan puasa. Ulasan ini Sekedar memberikan suatu informasi dan menyampaikan beberapa bentuk kemudahan lainnya. Semoga ulasan ini dapat membantu anda dalam menambah ilmu pengetahuan.

Nah, itulah ulasan mengenai artikel dengan judul Hikmah dan keutamaan puasa bagi umat muslim. Setelah membaca ulasan di atas kamu bisa menambah pengetahuan kamu mengenai keutamaan keutamaan dalam menjalankan ibadah puasa.Β 

Jadilah pemuda yang taat, berilmu, dan berattitude atau bertingkah laku baik ya. Berpuasa amatlah penting bagi sesama manusia dan seluruh umat muslim di dunia. Terutama dalam ajaran islam dimana umat manusia di minta agar bisa menolong dan membantu sesama selama bulan ramadhan ini.Β 

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!