Inilah, 7 Mukjizat Sedekah yang Belum Kamu Ketahui

Ini Dia Cara Islam Mengatur Keuangan agar Hidup Barokah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim. Ini Dia Cara Islam Mengatur Keuangan agar Hidup Barokah. Umat muslim setidaknya dalam memanfaatkan harta nya jangan menghambur-hamburkan hartanya. Selalu memakai nya dengan baik dan tidak ada yang sia –sia.  Allah subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya:

“ dan janganlah menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Rabbnya.” (QS. AL-Isra’: 26-27).

Islam telah mengajarkan bagaimana menjalani hidup dengan barokah dan juga dalam pengaturan finansial  yang terdapat pada alquran dan hadist. Mari kita simaka Ini dia cara islam mengatur keuangan agar hidup barokah.

  1.       Atur menjadi 1-1-1

Diriwayatkan Dahulu sahabat salman al farisi dalam mengatur keuangannya menggunakan formula 1-1-1. Waktu itu sahabat salman al farisi mempunyai uang sebesar 1 dirham yang difungsikan untuk dijadikan modal usaha yang beliau membuat anyaman yang nantinya di jual seharga tiga dirham ,setelah itu, hasil jualannya di bagi  menjadi: satu dirham untuk keperluan keluarga, satu dirham untuk keperluan sedekah dan sisa lagi satu dirham digunakan kembali untuk menjadi modal kembali.

  1.       Sisihkan untuk Modal

Dalam bekerja, seorang muslim sangat dianjurkan untuk berwirausaha, karena ada hadist yang diriwayatkan oleh Ibrahim Al Harbi dalam Ghorib Al Hadis dari Nu’aim bin ‘Abdirrahman , bahwa “ Sembilan dari sepuluh pintu  rezeki ada dalam perdagangan”

Islam selalu mengajarkan untuk selalu menyisihkan pendapatan  yang didapat dalam berdagang untuk dipakai sebagai penambahan modal kembali. Jangan pernah uang yang didapat dalam hasil berdagang selalu digunakan semua , untuk  dibelikan kebutuhan konsumtif.

  1.       Jangan Boros

Setiap membeli sesuatu kebutuhan ,belilah sesuai dengan kemampuan. Tidak berkurang dan juga tidak lebih. Selalu menghindari membeli sesuatu yang tidak diperlukan atau tidak berfungsi untuk kedepannya . Allah subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya:

 Dan Orang-orang yang apabila membelanjakan (harta) mereka tidak berlebih-lebihan,dan tidak (pula) kikir,dan adalah pembelanjaan itu) ditengah-tengah antara yang demikian .” (QS.Al-Furqon:67)

  1.       Sedekah

Selalu ingat dengan sedekah, karena harta yang kita peroleh di sana ada hak orang lain sebesar 2,5%  . maka kita keluarkan sedekah itu kepada orang-orang yang membutuhkan, misalnya kita bersedekah ke badan yang biasa menyalurkan sedekah. Ada hadist yang berbunyi

“ Bersedekah lah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekah lah kalian,nisacaya Allah menyayangi kalian ( AL-Wasail 6:255,hadis Ke 11).

Begitulah ulasan singkat Ini Dia cara mengatur keuangan agar hidup barokah. Semoga bermanfaat .Wallahualam Bishawab

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!