Ini Dia Rekomendasi Film Bertema Santri

script-1-71dcd8

Ini Dia Rekomendasi film bertema santri, Kehidupan di dalam sebuah pesantren berbeda dengan kehidupan yang sering kita temui pada umumnya.  Sukacita kehidupan seorang santri kerap kali menarik perhatian banyak orang, dan bahkan cerita kehidupan santri kerap kali diangkat menjadi alur cerita dalam sebuah film.

Bagi beberapa orang, film yang bertema santri mungkin tidaklah begitu menarik, namun bagi orang orang yang pernah merasakan kehidupan sebagai seorang santri mungkin akan menyentuh perasaan yang paling dalam di lubuk hati.

Film Bertema Santri Populer

Jika membahas film yang bertemakan santri tentu tidaklah sendikit. Sebab ada banyak sutradara yang menciptakan film dengan berbagai judul yang bertemakan santri. Berikut ini ada beberapa film yang bertema santri yang cukup populer di indonesia.

1. Sang Kiai (2013)

Sang Kiai adalah sebuah film yang bertema santri yang dirilis pada tahun 2013 lalu. Film ini menceritakan masa di mana sedang terjadi perang dunia kedua, tepatnya ketika Jepang datang menjajah ke Indonesia pada tahun 1942. Dalam film ini menceritakan sebuah adegan yang di mana rakyat indonesia dilarang untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pemaksaan Seikerei terjadi.

Seikerei adalah budaya Jepang untuk membungkukkan badan ke arah terbitnya matahari sebagai tanda penghormatan kepada dewa matahari. Film ini dibintangi oleh sederet artis, mulai dari mulai dari Adipati Dolken, Dimas Aditya, Christine Hakim, Ikranagara dan Agus Kuncoro.

Film “Sang Kiai” mengangkat perjuangan tokoh besar agama, KH. Hasyim Ashari yang ditangkap oleh Jepang. Adipati Dolken yang berperan sebagai Harun menggambarkan sisi santri yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan tetap berpegang teguh pada aqidah agama.

2. Negeri 5 Menara (2012)

Negeri 5 Menara adalah sebuah film yang disutradarai oleh Affandi Abdul Rachman. Dalam film ini, menceritakan tentang kehidupan 5 anak pesantren yang menceritakan kisahnya dari berbagai asal daerah tempat tinggal mereka serta kehidupan pada masa pesantren. Kelima orang pesantren tersebut memiliki impian untuk dapat pergi ke luar negeri yang disebut dengan 5 menara.

3. Perempuan Berkalung Sorban (2009)

Film yang dirilis pada tahun 2009 ini, menceritakan tentang sosok seorang perempuan yang bernama Anisa yang diperankan oleh Revalina S. Temat. Film ini menceritakan tentang perjuangan Anisa yang ingin memerdekakan diri dari lingkungan pesantren dan keluarganya yang masih menganut tradisi Islam yang konservatif.

Dalam tradisi tersebut, wanita dilarang untuk terus belajar melebihi seorang pria, sebab dalam tradisi tersebut, pria dianggap lebih berkuasa dan wanita yang terus belajar terlalu jauh akan menimbulkan fitnah. Anissa yang merupakan sosok wanita yang cerdas ini terus berusaha memperjuangkan hak wanita dengan terus belajar dan berpegang teguh pada Al-Qur’an, hadits dan sunah.-

4. Kalam Kalam Langit (2016)

Film “Kalam Kalam Langit” adalah sebuah film yang bertemakan santri yang dirilis pada tahun 2016. Film ini dibintangi oleh beberapa aktor seperti Dimas Seto, Ibnu Jamil dan Mathias Muchus. Dalam film ini menceritakan sebuah kisah tentang Ja’far yang ditentang oleh ayahnya untuk menggapai mimpi di bidang Musabaqah Tilawatil Qur’an, karena dianggap memperjual belikan kalam-kalam Allah SWT hanya demi popularitas dan imbalan hadiah semata.

5. Pesantren Impian (2016)

Pesantren Impian adalah sebuah film yang diangkat dari sebuah novel karya penulis ternama Asma Nadia. Dalam film ini menceritakan tentang kisah beberapa wanita dengan latar belakang berbeda, mulai dari terlibat kasus narkoba, skandal pelacuran, hamil di luar nikah, hingga polisi yang mencari tersangka pembunuhan.

Para wanita tersebut menerima sbeuah undangan untuk tinggal di dalam sebuah pesantren yang terletak di tengah pulau terpencil yang telah didirikan oleh Gus Budiman yang merupakan gembong narkoba yang telah bertaubat. Alur cerita dalam film ini membawa kita untuk menyaksikan serangkaian kejadian yang menegangkan yang akan membuat penonton merasa tegang.

Itulah beberapa film bertema santri yang pernah populer dan memiliki banyak penonton di Indonesia. Tidak lupa kami dari sahabat Yatim Indonesia ingin mengajak saudara untuk berdonasi membantu sahabat yatim yang ada di luar sana dan membutuhkan bantuan kita. berapapun saudara berikan pasti akan sangat bermanfaat bagi mereka.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details