Inilah 5 Keutamaan dan Amalan di Bulan Rabiul Akhir

658086767

Inilah 5 Keutamaan dan Amalan di Bulan Rabiul Akhir, Rabiul Akhir merupakan bulan keempat dalam kalender Islam (Hijirah). Antara Rabiul Awal dan Rabiul Akhir diibaratkan dengan anak kembar yang selalu berjalan secara beriringan seiring jalan. Sejarah penyematan nama dari Rabiul (ar-Rabi’) ini berkaitan dengan datangnya musim semi di Timur Tengah, ketika bunga-bunga bermekaran, tanaman tumbuh subur menghijau, dan pohon-pohon berbuah. Karena musim semi terjadi selama dua bulan, maka tersematlah nama Rabiul Awal dan Rabiul Akhir.

Keutamaan dan Amalan di Bulan Rabiul Akhir

Dalam bulan keempat menurut kalender Islam (Rabiul Akhir), memiliki beberapa keutamaan tersendiri. Dalam bulan tersebut juga terdapat beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan umat muslim. Agar lebih jelasnya, berikut kami merangkum keutamaan dan amalan yang dapat dilakukan pada bulan Rabiul Akhir.

Keutamaan Bulan Rabiul Akhir

Menurut Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shallabi yang disampaikan melalui buku yang berjudul Sejarah Lengkap Rasulullah Jilid 2. Pada tahun 10 Hijriyah, tepatnya pada bulan Rabiul Akhir, Rasulullah SAW mengutus Khalid bin Walid menuju Kabilah Bani Harits bin Ka’ab yang tinggal di Najran agar mereka masuk Islam.

Dalam buku lain yang ditulis oleh Ustaz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid dengan judul Kalender Ibadah Sepanjang Tahun pun juga menyebutkan keutamaan dari bulan ini. Pada bulan Rabiul Akhir terdapat ibadah istimewa atau amalan khusus yang dianjurkan Rasulullah SAW maupun sahabatnya. Dilansir dari Islam NU, ada beberapa keistimewaan bulan Rabiul Akhir yang perlu diketahui:

  1. Diturunkan surat Al Hasyr pada Nabi Muhammad
  2. Kemenangan Islam atas beberapa perang
  3. Bulan pembukaan Damsyik yang dahulu membangkang terhadap ajaran Islam
  4. Khalifah Umar bin Khattab diangkat sebagai pengganti Abu Bakar yang wafat sebagai pemimpin umat Islam
  5. Percobaan pembunuhan menggunakan batu pada Nabi Muhammad oleh bani Nadhir

Amalan Bulan Rabiul Akhir

Selama bulan Rabiul Akhir, kita dapat melakukan beberapa hal yang dianjurkan untuk diamalkan selama bulan tersebut. Salah satunya sebagai berikut.

1. Melaksanakan Perintah Wajib Lebih Giat

Selama bulan Rabiul Akhir saudara dapat melakukan ibadah dengan lebih giat dari sebelumnya, seperti misalnya salat 5 waktu, zakat, berpuasa dan lain sebagainya. meningkatkan ibadah menjadi lebih giat tersebut tercantum pada Surat Ar-Ra’d ayat 11 yang berbunyi:

لَهُۥ مُعَقِّبَٰتٌ مِّنۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِۦ يَحْفَظُونَهُۥ مِنْ أَمْرِ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ ۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوْمٍ سُوٓءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥ ۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ

Lahụ mu’aqqibātum mim baini yadaihi wa min khalfihī yaḥfaẓụnahụ min amrillāh, innallāha lā yugayyiru mā biqaumin ḥattā yugayyirụ mā bi`anfusihim, wa iżā arādallāhu biqaumin sū`an fa lā maradda lah, wa mā lahum min dụnihī miw wāl

Artinya: Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

2. Memperbanyak Sedekah

Dalam sejarah bulan Rabiul Akhir terdapat sbeuah peristiwa peperangan dan tempat pada Rabiul Akhir menjadi bulan kemenangan dari Islam atas beberapa perang. Jadi ada baiknya jika kita melakukan sedekah untuk amal jariyah. Sedekah yang dilakukan sebaiknya diberikan kepada fakir miskin, anak yatim atau saudara, teman lain kita yang sedang berjuang di jalan Allah. Saudara juga bisa bersedekah kepada orang orang yang sedang terlilit oleh utang dan juga seorang yang sedang melakukan perjalanan jauh.

3. Perbanyak Salat Berjamaah

Salat jamaah juga bisa menjadi bentuk meningkatkan ibadah menjadi lebih giat seperti yang dianjurkan untuk dilakukan pada bulan Rabiul Akhir. Melakukan salat berjamaah memiliki banyak keutamaan yang salah satunya seperti

  1. Kemenangan Amalan yang dapat menghindarkan dari siksa api neraka sekaligus dapat menyelamatkan diri dari sifat munafik.
  2. Salat berjamaah mampu meningkatkan peluang diterimanya ibadah salat, jika dibandingkan dengan salat yang dilakukan secara sendiri.
  3. Diampuni segala dosa oleh Allah SWT
  4. Diberikan pahala yang berlipat ganda, yaitu orang yang mengerjakan salat berjamaah mendapat pahala sebanyak 27 derajat.
  5. Menghilangkan perasaan ragu dan was-was.
  6. Menjauhkan diri dari godaan setan yang bisa bersemayam dalam tubuh manusia.
  7. Menambah pahala sebanyak 27 derajat. Tak hanya itu, salat berjamaah bisa mendekatkan dan mempererat hubungan kita dengan manusia lain.

4. Memperbanyak Zikir

Memperbanyak zikir juga merupakan salah satu bentuk meningkatkan ibadah saat bulan Rabiul Akhir. Adapun banyak keutamaan dalam memperbanyak zikir yang salah satunya adalah membantu kita agar selalu ingat dengan Allah SWT dan terhindar dari berbagai perbuatan keji.

5. Menunaikan Puasa Sunah

Melakukan puasa sunah akan mengajarkan kita terhadap berbagai hal, salah satunya adalah melatih hawa nafsu serta menjauhkan diri dari segala perbuatan maksiat yang berujung datangnya siksa dari Allah SWT.

Demikianlah inilah 5 keutamaan dan amalan di bulan rabiul akhir dan jangan lupa untuk selalu menunaikan zakat atas setiap harta yang kita miliki, karena dengan menunaikan zakat kita sudah membantu meringankan beban saudara saudara kita yang membutuhkannya.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details