Inilah 6 Amalan Calon Penghuni atau Pewaris Surga

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Surga di dalam bayangan  manusia adalah tempat yang tenang dan juga tempat terakhir dimana   surge adalah tempat terakhir yang  paling diimpi-impikan  seluruh manusia yang hidup di dunia ini.  Dan surge yang paling utama dan juga paling tinggi adalah surga Firdaus.  Disebutkan dalam sebuah Hadist  Abu Hurairah radhiyallahu’ anhu, ia berkata kalau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, yang artinya:

“ Sesungguhnya di surga itu ada 100 tingkatan yang telah Allah janjikan bagi para mujahid di jalan Allah. Jarak antara dua tingkatan adalah bagaikan jarak antara langit dan bumi. Jika kalian ingin meminta pada Allah, mintalah surga Firdaus. Surga Firdaus adalah surga yang paling utama dan paling tinggi, di atasnya adalah ‘ Arsy Ar- Rahman, darinya pula mengalir sungai surge.”  (HR.Bukhari, no.7423)

Jika kalian ingin masuk ke surganya firdaus, kalian bisa  melakukan enam amalan yang telah di sebutkan di dalam alquran  yang artinya:

“ Sesungguhnya beruntung lah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang –orang yang khusyu’ dalam shalatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat,dan orang-orang yang menjaga  kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki[994]; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barang siapa mencari yang dibalik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.  Dan  orang-orang yang memelihara amanat –amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. Dan orang-orang yang memelihara shalatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni)yang akan mewarisi syurga firdaus.mereka kekal di dalamnya.”  ( QS. Al Mu’minun: 1-11) 

 Jika dirincikan dengan singkat  terdapat enam amalan yaitu

  1.       Khusyu’ dalam sholat . Ibnu katsir rahimahullah mengungkapkan dalam halaman yang sama jika Khusyu’ itu bisa di capai kalau hati kita tidak  berfikir suatu hal di luar shalat, dan mementingkan shalat saja dibanding berbagai perkara di luar shalat.
  2.       Meninggalkan hal yang sia-sia
  3.       Menunaikan zakat.
  4.       Menjaga kemaluan, kecuali pada istri  sebagai pasangan  yang halal.
  5.       Memegang amanat dan janji  dikarenakan  kalau  orang munafik memiliki sifat kalau diberi amanat dia akan khianat, jika berjanji , di akan mengingkari.

6.       Menjaga shalat yang lima waktu sehari semalam.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!