jenis makanan INI baru boleh dikonsumsi bayi usia 6 bulan keatas

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Jenis makanan bayi usia 6 bulan keatas – Seiring dengan Pertambahan usianya, bayi perlu diperkenalkan dengan aneka jenis bahan makanan secara bertahap, Beberapa jenis makananΒ  yang baru dapat Anda berikan pada bayi usia 6 bulan keatas antara lain:

  • Telur

Sejak usia 8 bulan, bayi bisa diberi telur secara utuh. Misalnya, dalam bentuk telur rebus, omelet atau orak-arik. Namun, sebaiknya Anda perhatikan apakah ada reaksi alergi yang timbul pada bayi Anda beberapa hari setelah ia diberi telur, seperti urticaria (gelegata, biduran), muntah dan diare.

Jangan memberikan telur mentah atau setengah matang kepada bayi, karena berisiko terkontaminasi bakteri salmonella yang dapat menyebabkan keracunan. Apabila bayi alergi terhadap telur, hentikan dulu, dan coba berikan lagi beberapa waktu kemudian atau setelah ia berusia satu tahun.

  • Ikan

lkan kaya akan protein dan dapat disajikan sebagai campuran aneka makanan bayi. Misalnya, daging ikan kakap dapat disajikan bersama kentang dan bayam dalam bentuk pure yang agak kasar, atau dimakan dalam bentuk cincang halus bersama saus keju. Namun sebelumnya, buang semua duri dan tulang dari diolah dan daging ikan sebelum diberikan pada bayi.

  • Daging ternak

Untuk bayi, pilihlah daging yang sedikit mengandung lemak dan tidak liat. Misalnya, dalam bentuk daging giling yang bisa Anda campurkan dengan nasi tim, atau kentang. Mengingat pencernaan si kecil yang belum berfungsi optimal, sebaiknya tidak memberi daging yang digoreng karena keras. Apalagi bayi belum mampu mengunyah dengan baik. Hati yang kaya akan zat besi, juga baik diperkenalkan pada bayi karena bertekstur halus sehingga mudah dicerna.

Jenis makanan bayi usia 6 bulan keatas

makanan balita

  • Ayam

Jenis bahan makanan ini sering digunakan sebagai campuran makanan bayi karena mudah drcerna dan cira rasanya tidak tajam. Namun, pada saat menyajikan sebaiknya kulitnya dibuang dulu. Daging ayam dalam bentuk cincang atau daging giling dapat Anda campurkan ke dalam pure bubur atau nasi tim. Sclain itu, Anda juga dapat menyajikannya bersama sayuran, seperti kentang serta wortel, atau buah-buahan seperti apel mangga atau pepaya.

  • Buah dan sayuran

Selain buah-buahan yang telah dikenal si kecil seperti pisang dan jeruk, ia juga bisa mulai dikenalkan dengan beberapa.jenis buah lain, seperti alpukat, jeruk, melon, atau pir yang matang. Mangga jangan diberikan dahulu karena berserat tinggi dan bisa mengakibatkan diare pada bayi-bayi tertentu.

Sedangkan beberapa jenis sayuran yang dapat Anda berikan pada bayi sejak usianya enam bulan, adalah
bawang bombay, bawang daun, labu kuning, tomat, jamur, kacang kapri, buncis muda, bayam, daun kangkung, alau sayuran berdaun lainnya. Bahan bahan makanan tersebut tidak perlu disaring, melainkan hanya dihancurkan dengan food processor atau cukup dicincang halus.

Anda juga dapat menggunakan sayuran beku sebagai bahan makanan bayi Anda. karena kandungan gizinya tidak jauh berbeda dengan yang segar

Buah-buahan kering seperti kismis, sukade atau belimbing yang dikeringkan, juga dapat menjadi Pilihan. Namun. sebelum diolah, bahan makanan ini harus direndam terlebih dahulu. atau dicampur dengan buah segar.

  • Kacang dan polong-Polongan

Jenis bahan makanan ini sebaiknya dimasak sampai benar-benar matang, Ialu disaring sebelum diberikan pada bayi yang usianya belum mencapai 10 bulan. BeberaPa jenis kacang yang daPat diberikan pada bayi adalah kacang hijau, kacang merah atau kacang tolo. Anda juga dapat memberikan bahan bahan makanan ini dalam bentuk produk olahannya, seperti tahu dan tempe.

Majalah Ayahbunda

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!