kebutuhan nutrisi anak

kebutuhan nutrisi anak

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

kebutuhan nutrisi anak – Memberikan makanan yang mengandung nutrisi untuk anak-anak dan remaja agar mereka tetap sehat dan kuat merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh orang tua.Terutama ibu.Makanan sehat dapat menstabilkan energi anak-anak, mempertajam pikiran mereka, dan bahkan memberikan mereka mood yang bagus.

Beberapa masalah sering kali hadir melalui iklan dan televisi serta teman-teman sebayanya.Masalah tersebut diantaranya adalah iklan junk food atau makanan-makanan tidak sehat, dan beberapa jajanan yang sering kali lewat di depan rumah.

Halini memang mustahil untuk di hindari.Akan tetapi, anda bisa menguranginya dengan menanamkan kebiasaan baik kepada anak berupa pengetahuan tentang makan yang sehat dan baik.

Dengan mendorong mereka mengkonsumsi makanan yang sehat mulai dini akan membuat mereka terbiasa hingga besar nanti.

kebutuhan nutrisi anak

Cara mengembangkan kebiasaan makan yang sehat

Anak-anak biasanya mengembangkan preferensi alami untuk makanan yang paling mereka nikmati.Sekarang tantangannya untuk anda adalah bagaimana caranya menghidangkan makanan yang menarik dan sehat.

Jika anak-anak tidak suka makan buah, cobalah untuk membuatnya menjadi sesuatu yang lain atau mencampurkan buah tersebut dengan sesuatu yang mereka sukai.Pastikan bahwa makanan anak-anak anda adalah makanan yang bergizi dan jangan lupa untuk memberikan makanan favorit mereka.

Anak-anakadalah peniru yang sangat hebat.Jadi,jika anda bertindak sebagai panutan yang baik bagi anak-anak, hal tersebut akan memudahkan pekerjaan anda dalam memberikan arahan dan dorongan kepada mereka untuk memakan buah dan sayuran serta menghindari keripik, soda, cola dan makanan tidak sehat lainnya.

Berikut adalah cara mengajari anak-anak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi yang sehat.

  1. Makanan favorit keluarga

Membuat sebuah makanan favorit merupakan salah satu cara untuk memberikan kebiasaan yang baik kepada anak.Cobalah memilih salah satu makanan favorit yang sehat dan bisa menghibur serta dapat meningkatkan nafsu makan.

Memiliki makanan favorit terutama pada saat sarapan merupakan cara terbaik untuk mengajarkan kepada anak dan memberikan mereka nutrisi yang sehat.

Makanan sehat yang mereka konsumsi saat sarapan akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan mereka dalam beraktivitas dan belajar di sekolah.

  1. Membuat cemilan sehat

Memberikan anak-anak nutrisi tidak harus selalu melalui makanan utama.Akan tetapi, anda juga bisa memberikan nutrisi untuk anak-anak dan remaja melalui cemilan yang anda buat.

Cemilan ringan yang rendah kalori sangat baik untuk mereka.Teruslah memperbanyak buah-buahan dan sayuran,gandum, minuman sehat seperti susu atau jus murni.Hingga anak-anak menjadi terbiasa memakan cemilan ringan yang tidak banyak mengandung kalori.

  1. Batasi ukuran porsi

Jangan pernah memaksa seorang anak untuk menghabiskan semua makanan yang ada di piringnya.Dan jangan pernah menggunakan makanan sebagai hadiah atau suap agar mereka melakukan sesuatu yang baik atau agar mereka berhenti melakukan sesuatu yang buruk.

 

terima kasih semoga bermanfaat tips kebutuhan nutrisi anak

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!