Keputusan tepat meningkatkan kualitas kesehatan

Keputusan tepat meningkatkan kualitas kesehatan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Keputusan tepat meningkatkan kualitas kesehatan – Apabila anda menjalani gaya hidup yang tidak sehat dengan jarang beristirahat, maka inilah saat yang tepat untuk mengambil keputusan tepat dalam merencanakan setiap gaya hidup yang anda jalani agar kualitas kesehatan anda bisa terjaga atau bisa meningkat. Banyak diantara kita yang sudah terlebih dahulu merencanakan berbagai hal namun kemudian gagal mempraktekkannya karena kehilangan motivasi atau karena kecilnya kesempatan. Gaya hidup sehat atau kebiasaan yang baik harus dimulai sejak dini, karena hal tersebut akan berdampak bukan hanya pada jangka pendek melainkan akan berdampak dalam jangka panjang. Sehingga apapun yang anda lakukan di usia muda akan anda tuai di usia tua.

Sebagian orang mungkin tidak bisa berubah secara drastis, namun apabila ada niat, segala sesuatunya bisa dirubah dengan proses bertahap sehingga anda tidak akan kaget dalam melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Diantara kebiasaan yang tidak baik adalah terbiasa makan junk food atau makanan tidak sehat, terbiasa ngemil makanan olahan seperti keripik kentang, terbiasa merokok, terbiasa tidak tidur lebih awal, terbiasa begadang dan lain-lain.

 Keputusan tepat meningkatkan kualitas kesehatan

Keputusan Tepa Meningkatkan Kualitas Kesehatan

Dan berikut adalah beberapa hal yang harus anda putuskan segera untuk dilakukan karena dapat meningkatkan kualitas hidup pada saat ini maupun di masa yang akan datang.

 

1.        Uji tekanan darah anda

Ini adalah sesuatu yang bisa anda lakukan sendiri dirumah. Anda bisa membeli alat untuk menguji tekanan darah. Jika anda ingin benar-benar menjaga kesehatan, lebih baik memulai sekarang dan monitorlah tekanan darah anda setiap tiga bulan atau setiap 6 bulan sekali atau jika anda sudah bermasalah, lakukan setiap seminggu sekali. Dengan demikian anda akan mengetahui kesehatan jantung anda.

 

2.        Sarapan sehat

Kebiasaan adalah sesuatu yang sangat berbahaya apabila tidak di jalan yang benar. Kebiasaan sarapan tidak sehat misalnya hanya dengan minum kopi, makan gorengan, atau hanya dengan makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat namun tidak memiliki gizi akan membuat kualitas hidup menurut.

Begitu juga dengan anda yang sering memilih makanan seperti oatmeal, pastikan anda mencampurnya dengan susu.Karena apabila tidak dicampurkan dengan susu, makanan tersebut bisa kehilangan nutrisi.

 

3.        Kunyah makanan lebih lembut

Ya, ini adalah kebiasaan buruk lainnya yang sangat sulit dirubah. Kebiasaan makan tanpa mengunyah dalam jumlah yang cukup atau tidak mengunyah makanan hingga lembut akan membuat tubuh mudah terserang penyakit.

Selain itu, apabila anda makan, berhentilah sebelum kenyang dan makanlah pada saat lapar. Makan berlebihan akan membuat kesehatan menurun.

Perubahan sederhana ini akan memberikan anda banyak manfaat terutama dalam menjaga berat badan.

 

4.        Lakukan sosialisasi

Satu dekade belakangan ini, gadget adalah salah satu benda yang membuat seseorang menjadi terisolasi. Bahkan banyak orang yang tidak melakukan sosialisasi dan lebih memilih menghadapi gadgetnya. Padahal, studi menunjukkan bahwa orang yang kesepian atau kurang bersosialisasi lebih mudah terkena stres atau depresi sehingga kekebalan tubuhnya menurun.

Mulai saat ini, ambil keputusan yang tepat dengan mengurangi frekuensi bergaul dengan gadget dan banyaklah bergaul dengan teman untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

 

5.        Jangan lupa air putih

Apapun masalah yang anda hadapi, hampir semua ahli setuju bahwa air putih adalah solusinya. Jika anda stress, anda bisa minum air putih. Jika anda dehidrasi, maka air putih adalah solusinya.Jika anda sakit, banyak mengkonsumsi air putih akan membantu mempercepat proses penyembuhan. Jadi, air putih tidak boleh dilupakan.

Konsumsi air putih 6 hingga 8 gelas per hari ini akan meningkatkan kesehatan. Selain itu, jika pekerjaan anda lebih berat maka konsumsilah lebih dari itu.

 

6.        Jalan-jalan

Saat ini mobil dan motor semakin terjangkau membuat orang-orang mulai malas jalan kaki sehingga kualitas kesehatan mereka jauh menurun.

Luangkan waktu anda untuk berjalan entah itu pada pagi hari, saat bekerja, atau pada sore hari.

Jika tempat kerja anda tidak terlalu jauh, pilihlah berjalan kaki atau menggunakan sepeda dan hindari penggunaan motor atau kendaraan lainnya.

 

7.        Pilihlah green tea dibandingkan kopi

Jika anda kecanduan kopi, sangat sulit untuk berhenti.Namun jika anda memiliki kesempatan untuk mengambil sebuah keputusan tepat, maka anda harus memilih teh hijau sebagai alternatif yang lebih sehat.

Jadi, keputusan tempat yang anda ambil saat ini akan meningkatkan kualitas hidup anda dan kualitas kesehatan anda pada hari ini dan dimasa yang akan datang.

 

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!