Ketentuan dan Pembagian Zakat Sesuai Syariat Islam

Ketentuan dan Pembagian Zakat Sesuai Syariat Islam

Bismillahirrohmanirrohim. Ketentuan dan Pembagian Zakat Sesuai Syariat Islam. Perlunya kita dalam mengerti dan juga memahami persyaratan dan juga ketentuan zakat.disaat harta sudah mencapai  Nisab, Islam selalu mengajarkan kita untuk wajib dalam membayar zakat. Amalan ini merupakan rukun islam  yang menjadikan suatu syarat tegaknya syariat islam.

Zakat di dalam islam terbagi menjadi dua, salah satu zakat yang paling dikenal   adalah Zakat Fitrah, zakat ini di salurkan sebelum sholat idul fitri.

Ketentuan Dalam Berzakat Fitrah

Ketentuan zakat fitrah yaitu mengeluarkan harta kita yang berupa  makanan pokok sebesar 2,5 kilogram sampai 3,5 liter yang bisa dipakai sehari hari dan disalurkan kepada orang yang tidak mampu. Waktu untuk mengeluarkan zakat fitrah ini pada bulan suci Ramadhan yaitu sebelum sholat idul fitri dan dikerjakan hanya satu tahun sekali.

Harta yang dikeluarkan dalam berzakat fitrah bukan hanya makanan pok atau beras saja, tetapi jika kita ingin memberikan selain itu, bisa juga kita membayarkan dalam bentuk uang . ketentuan dalam berzakat menggunakan uang, kita harus sesuaikan harga makanan pokok yang dikonsumsi oleh pemberi zakat.

Selain zakat fitrah ada juga zakat maal. Zakat maal / atau harta dibagi menjadi beberpa bagian yaitu zakat profesi atau penghasilan,saham, perusahaan dan juga masih banyak yang lainnya.

Dalam menyalurkan zakat maal  ada beberapa ketentuan yang wajib diketahui  yaitu:

          Harta yang dapat dimiliki,disimpan ,dikuasai dan dihimpun.

          Harta yang dimiliki bisa diambil manfaatnya sesuan dengan Ghalibnya  seperti, mobil,hasil pertanian,uang,emas, perhiasan dan juga rumah

Semua muslim diwajibkan untuk mengeluarkan zakat atau harta yang dimilikinya  yang dimana mempunyai ketentuan zakat sesuai syariat sebesar 2,5 persen dari total jumlah yang dimiliki. Dan harta yang dimiliki  ada syarat dan ketentuannya. Yaitu : dimiliki penuh,bisa bertambah dan berkembang, melebihi dari kebutuhan pokok , tidak mempunyai hutang, sudah cukup nisab nya.

Jadi kalau harta kita sudah mencapai satu nisab atau 85 gram emas , maka itu termasuk sudah memenuhi ketentuan zakat maal, dan kita wajib untuk mengeluarkan zakat . contoh perhitungan zakat maal dibawah ini:

Andi mempunyai emas yang sudah disimpannya   dalam waktu satu tahun dengan harga Rp.150 juta. kalau saat ini emas per gram nya adalah Rp.920rb maka nisab zakat(85 gram) adalah  Rp. 78.200.000

Jadi Andi mempunyai kewajinam mengeluarkan zakat maal dengan besaran uang yang akan dizakatkan .kita dihitung seperti dibawah ini:

2,5 persen x Rp 150juta = 3.750.000

 

Begitulah sedikit penjelasan tentang ketentuan dan pembagian zakat sesuai syariat. Semoga bermanfaat

Wallahualam Bishawab

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details