Keuangan Islam Zakat dan Infak Bantu Masalah Ekonomi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim. Keuangan Islam Zakat dan Infak Bantu Masalah Ekonomi.  Islam merupakan agama yang diridhai allah subhanahu wata’ala. Di jaman sekarang ini yang seluruh dunia terkena dengan virus covid -19  dan  pastinya perekonomian dunia saat ini lagi menurun. Dan juga masyarakat yang tadinya perekonomiannya cukup menjadi kekurangan. Pastinya masyarakat miskin semakin bertambah.

Di dalam islam ada yang namanya zakat dan juga infaq, keuangan islam zakat dan juga infaq menjadi salah satu sarana untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang perekonomiannya lagi menurun dan untuk kebutuhan sehari harinya sangat kekurangan.  Perlunya bantuan dari orang yang memiliki kelebihan harta untuk membantu para masyarakat yang membutuhkan akibat pandemic .

Organisasi pengelola zakat dan infaq saat ini mendistribusikan dana yang dikumpulkan tanpa memilih suku,agama,ras dan juga antargolongan ( SARA  ) . bagi yang berhak menerima bantuan kemanusiaan dari Baznas dan LAZ ini bertujuan untuk penanganan bencana yang bukan hanya yang beragama muslim.

Semua warga yang terkena dampak bencana dan juga butuh bantuan tidak membedakan agama tertentu bisa mendapatkan bantuan dari Baznas dan LAZ.  Praktek di lapangan terlihat sudah dilaksanakan sebagaimana mestinya sesuai tujuan dari syariat islam yakni melindungi setiap jiwa seluruh manusia.

Islam mengajarkan umatnya agar selalu saling tolong- menolong antar sesama. Dengan cara ber infak,sedekah dan juga zakat. Yang disebutkan dalam Alquran dan juga hadist  yaitu:

“ Sesungguhnya orang-rang yang selalu membaca kitab Allah (Alquran) dan melaksana kan shalat dan menginfakkan sebagian rezeki yang kami anugerah kan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan,mereka mengharap kan perdagangan yang tidak akan merugi .” (QS fatir ayat 29)

…. Yaitu orang yang berinfaq baik diwaktu lapang maupun sempit”. (QS Al-Imran : 134)

“ Setiap ruas jari-jari yang pada manusia itu biasa memberikan sedekah pada setiap hari yang diterbiti matahri.berbuat adil di antara dua orang yang berselisih adalah sedekah. Setiap langkah yang dayunkan untuk pergi shalat adalah sedekah.Dan menyingkirakn sesuatu yang mengganggu dijalan adalah sedekah (HR.Bukhari dan Muslim).

Begitulah  artikel Keuangan islam zakat dan infaq bantu masalah ekonomi di dalam masyarakat yang kurang mampu . semoga bermanfaat.

Wallahualam Bishawab.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!