Keutamaan Bersedekah, Menghapus Dosa dan Memuliakan Hidup

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Corrupted unrecognizable african businessman sealing the deal, giving female partner venality bribe money, cropped, copy space

Bersedekah merupakan salah satu ajaran yang diajarkan kepada kita untuk bisa saling berbagi. Dimana bersedekah ini merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT terhadap kita. Baik keadaan kita sedang lapang maupun sedang sempit maka setidaknya bersedekah lah walaupun sedikit. Sebagaimana sudah di jelaskan bahwa sedekah ini merupakan sebuah amal kebaikan yang ada di dalam al – Qur’an surat al – A’raf ayat 16. Dimana pada penjelasan surat itu di nyatakan bahwa amalan sedekah ini akan berlipat ganda bagi seseorang dengan kehendak Allah dan keutamaan bersedekah, menghapus dosa.

Sedekah yang anda lakukan ini akan memiliki dampak positif loh jadi tidak ada salahnya untuk bersedekah ya. Dimana sedekah yang anda lakukan akan dapat menghapus dosa sebab hal ini telah di jelaskan pada hadist Rasulullah saw. Tentu saja pengampunan dosa ini di sertai dengan perbuatan taubat sepenuh hati. Dan nantinya anda tidak kembali lagi dengan melakukan perbuatan tercela, hina, bermaksiat dan masih banyak lainnya. Untuk yang kedua bersedekah ini akan memberikan keberkahan bagi harta yang anda miliki saat ini sebab juga sudah di jelaskan pada riwayat hadist Rasulullah saw ya. Maka dari itu marilah rajin bersedekah agar bisa memuliakan hidup.

Keutamaan Bersedekah, Menghapus Dosa dan Memuliakan Hidup

Keutamaan Sedekah Sebagai Menyucikan Diri Anda 

Keutamaan sedekah yang perlu anda ketahui adalah sebagai alat pensucian diri. Dimana dengan anda meluangkan sedikit harta yang anda miliki untuk seseorang yang sedang dalam kesulitan maka dosa – dosa akan di hapus kan. Tentunya hal seperti penghapusan dosa ini dapat dituai jika anda melakukan taubat atas dosa – dosa yang pernah di perbuat. Sehingga taubat serta melakukan kebaikan – kebaikan ini akan bisa menghapuskan dosa anda semasa di dunia. Jangan lupa juga untuk melakukan kewajiban yang harus anda ikuti serta menghindari larangan – Nya. Dengan begini anda akan terhindar dari perbuatan dosa serta mendapatkan pahala.

Sedekah Dapat Melipat Gandakan Pahala Anda

Bersedekah merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan oleh semua orang baik sedang dalam keadaan senang maupun sempit. Dimana terdapat hadist tentang sedekah yang merupakan janji Allah Swt terhadap orang – orang yang bersedekah. Perlu anda ketahui bahwa terdapat sebuah hadist yang berbunyi bahwa seseungghnya orang yang rajin bersedekah ini maka akan mendapatkan sebuah ganjaran dari Allah baik itu lelaki maupun perempuan.  Selain mensucikan diri anda sedekah juga akan membuat pahala anda berlipat ganda tentunya. tidak perlu takut miskin setelah bersedekah karena Allah telah menjanjikan balasannya ya.

Nikmatnya Bersedekah Yang Belum Anda Ketahui Jelas

Terkadang seseorang belum mengetahui secara pasti bagaimana nikmatnya bersedekah ini. Dimana salah satu nikmat yang akan anda peroleh jika bersedekah yakni menambah umur loh. Bersedakah yang anda lakukan sangat dipercaya akan memperpanjang umur seseorang. Hal ini dikarenakan oleh hidup akan meningkat bila kita sering melakukan sedekah. Tak hanya itu bersedekah juga akan membuat hati anda merasa tenang serta akan terhindar dari marabahaya serta segala bentuk kejahatan yang sedang mendunia ini. Dengan mengetahui manfaat dari sedekah  ini maka ada baiknya jika anda sering – sering melakukan sedekah ya agar memiliki umur panjang.

Fungsi Sedekah Bagi Anda

Pembahasan selanjutnya mengenai fungsi sedekah yang jarang diketahui oleh khalayak. Dimana fungsi sedekah yang satu ini yaitu membebaskan diri anda dari siksaan kubur. Ketika anda sudah berada di liang kubur dan menunggu hari kiamat itu datang. Maka terdapat berjuta pertanyaan mengenai hal – hal yang ada di duniawi yang tentunya harus anda pertanggung jawabkan. Jika anda melakukan banyak pelanggaran dan tidak pernah melakukan kegiatan yang baik nantinya akan terdapat siksa kubur agar bisa membersihkan dosa – dosa di dunia. Nah dengan begini sedekah yang sering anda lakukan akan menyelamatkan dari siksa kubur tersebut.

Sedekah Dapat Menghapus Dosa – Dosa Di Dunia

Pembahasan selanjutnya mengenai sedekah menghapus dosa yang pernah anda lakukan di dunia ini. Terdapat sebuah hadist yang pasti belum kalian ketahui dimana hadist tersebut berbunyi sedekah akan membuat dosa anda di hapus seperti air. Hadist yang ada di dalam al – Qur’an ini terdapat pada HR Tirmidzi yang merupakan hadist dari Rasulullah SAW. Penghapusan dosa terhadap anda juga tentu harus diiringi dengan taubat secara sepenuh hati. Sehingga anda harus berjanji bahwa tidak akan melakukan perbuatan hina, tercela sampai – sampai bermaksiat. Jangan sesekali melakukan hal jahat seperti korupsi, berbuat curang, mengambil harta anak yatim maka pahala dari sedekah anda akan luntur.

Sedekah Akan Menjadi Jaminan Di Hari Akhir Nanti

Keutamaan dari sedekah ini juga sangat menjamin untuk anda di hari akhir nanti. Dimana orang – orang yang bersedekah tersebut termasuk dalam golongan orang yang akan mendapat naungan di hari akhir kelak. Pernyataan tersebut dapat diartikan sebagai, ketika hari akhir nanti datang maka tidak akan ada yang bisa melindungi diri dari panasnya matahari. Nantinya seseorang yang senang bersedekah akan selalu sejuk di bawah naungannya. Tentu bersedekah dengan ikhlas, tanpa pamrih dan benar – benar tulus tersebut akan membantu sesama sehingga Allah akan membalas budi anda.

Manfaat Sedekah Sebagai Keberkahan Pada Harta

Selanjutnya yaitu mengenai manfaat dari sedekah itu tersendiri yaitu aka sangat berpengaruh terhadap harta diri sendiri. Sebuah harta tidak akan berkurang dengan bersedekah dan seorang hamba yang pemaaf pasti Allah menambahkan kewibawaan baginya. Penjelasan dari arti harta tidak akan berkurang di saat bersedekah ini yaitu terdapat 2 makna. Dimana makna yang pertama adalah harta anda akan selalu diberkahi dan selalu dihindari dari para bahaya. Maka pengurangan harta yang anda sediakan ini akan tertutupi dengan berkah yang abstrak. Makna kedua yaitu jika harta berkurang maka akan tertutupi dengan pahala yang dilipatgandakan tersebut.

Bersedekah Mampu Membuat Seseorang Meninggal Dengan Tenang

Pada pembahasan sedekah selanjutnya yaitu dapat anda ketahui bahwa melakukan sedekah sangat berdampak pada kehidupan anda di akhirat nantinya. Dimana ketika anda bersedekah maka anda bisa memadamkan kemurkaan Allah Swt atas perbuatan selama ini yang dilakukan di dunia. Dengan begini anda akan dapat meninggal dengan tenang tanpa adanya kesulitan. Sehingga keluarga yang ditinggal oleh anda juga akan merasakan ketenangan. Bersedekah ini juga menunjukkan keimanan seseorang loh. 

Itulah beberapa keutamaan bersedekah, menghapus dosa yang perlu anda semua pelajari ya. Nah jika anda memiliki niatan untuk melakukan infaq maupun bersedekah maka salurkanlah melalui Sahabat Yatim Indonesia. Sehingga bersedekah akan lebih mudah anda lakukan tanpa harus mencari yang lainnya.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!