11 Keutamaan Menghafal Al Quran Bagi Umat Islam, Apa Saja?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Keutamaan menghafal Al Quran disebutkan dalam sejumlah hadis, contohnya seperti hadis yang diriwatkan oleh Imam Muslim dan Imam Bukhari dari Aisyah RA. Dalam hadis disebutkan bahwa seseorang akan bersama malaikat jika bisa hafal Al Quran dengan baik.

Sementara itu, seseorang juga akan memperoleh pahala apabila hafal dengan bacaan yang terbata-bata. Bahkan Allah SWT berfirman di dalam Al Quran sudah disebutkan dalam surat Al Hijr ayat ke-9, yaitu tentang keutamaan menjaga kemurnian kitab suci Al Quran.

11 Daftar Keutamaan Menghafal Alquran

  1. Termasuk Golongan Manusia Terbaik

Berdasarkan hadis riwayat Bukhari yang berasal dari Ustman, Rasulullah bersabda bahwa sebaik-baiknya manusia adalah seorang mempelajari dan kemudian mengamalkannya. Sehingga dari hadis tersebut bisa diketahui bahwa terdapat kandungan kebaikan di dalam Al Quran bagi umat Islam.

Al Quran yang dibaca, dihafalkan, dan dipahami ayat-ayat di dalamnya maka Allah akan memberikan limpahan rahmat dan kasih sayang-Nya. selin itu dijelaskan juga dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim.

Hadis tersebut menyebutkan bahwa seorang yang hafal Al Quran dengan bacaan terta-bata dijanjikan Allah akan bersama malaikat dan memperoleh pahala meski. Sedangkan hadis dari Aisyah RA, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda mengenai hal yang sama.

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa orang-orang yang pandai membaca Al Quran akan dibersamai malaikat mulia dan baik, sedangkan orang dengan bacaan Al Quran terbata-bata serta mengalami kesulitan membaca dan membuatnya terbata-bata, maka akan memperoleh 2 pahala.

  1. Kedudukan para Penghafal Al Quran Ada di Bagian Akhir Ayat yang Dibacanya

Para penghafal Al Quran atau tahfidz Quran mempunyai kedudukan seperti yang ada pada akhir ayat yang dibacanya. Rasulullah SAW bersabda dalam hadis riwayat Ahmad, bahwa pemilik hafalan Al Quran diperintahkan untuk membaca dan membangkitkan kitab suci.

Mereka diperintahkan untuk membaca Al Quran sebagaimana membaca di dunia. Maka kedudukan orang tersebut yaitu ada pada akhir ayat yang dibacanya.

  1. Lebih Utama Daripada Menjadi Imam Sholat

Keutamaan menghafal Alquran berikutnya adalah lebih utama menjadi imam dalam sholat berjamaah. Hal tersebut diriwayatkan Nabi Muhammad SAW dari Ibnu Mas’id A, serta Ansori di dalam hadis riwayat Bukhari.

Hadis tersebut meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad bersabda, seorang yang lebih berhak memimpin Anda merupakan orang dengan bacaan Al Quran paling bagus di antara orang-orang tersebut.

  1. Satu-Satunya dari Sifat Hasad yang Tidak Dilarang

Hasad sendiri merupakan sikap seseorang yang mempunyai harapan supaya nikmat milik orang lain menjadi hilang ke pada dirinya. Sifat ini pun hukumnya haram, tetapi sifat ghibah diperbolehkan ketika ingin tahu kebaikan orang lain dalam mendapatkan sesuatu tanpa nikmat miliknya hilang.

Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadis riwayat Bukhari dari Ibnu Umar Ra, bahwa hasud dilarang kecuali pada 2 hal, yaitu seorang yang Allah beri Al Quran serta menyibukkan diri siang & malam, serta orang yang Allah beri harta. Kemudian hartanya diinfakkan pada malam dan siang hari.

  1. Memperoleh Syafaat

Hadits tentang menghapal Al Quran juga pernah diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah bersabda bahwa Al Quran dapat memberikan pertolongan atau syafaat kepada pemiliknya. Hadis tersebut menjelaskan perintah membaca Al Quran kemudian akan memberikan syafaatnya pada hari kiamat.

Anda dapat membaca az Zarawain atau 2 surat cahaya, yaitu surat Ali Imran dan Al Baqarah karena kedua surat tersebut akan datang saat hari kiamat nanti. Kedatangannya seperti 2 awan / 2 cahaya sinar matahari. Bisa juga dikatakan sebagai 2 ekor burung yang membentangkan sayapnya.

Kedua surat tersebut akan menjadi pembela bagi yang rajin membacanya. Surat Al Baqarah juga akan menjadi sebuah keberkahan dan akan memperoleh penyesalan jika Anda meninggalkannya. Hal itu karena seorang penyihir tidak akan bisa menghafalnya.

  1. Mendapat Pahala yang Berlipat Ganda

Membaca Al Quran adalah salah satu bentuk Anda dalam melakukan ibadah kepada Allah SWT. Namun Allah berjanji untuk menggandakan pahala yang akan diberikan hingga menjadi 10 kali lipat, pada ibadah yang Anda lakukan tersebut.

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah bersabda bahwa seorang yang membaca 1 huruf dalam Al Quran maka akan diberikan 10 pahala dan dilipat gandakan hingga 10 kali lipat pada setiap huruf yang Anda baca.

  1. Diibaratkan Rumah yang Bagus dan Indah

Seorang yang menghafal Al Quran akan membuat hatinya menjadi lebih tenang dan indah. Hak tersebut ternyata juga disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadits tentang menghafal Al Quran yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dari Ibnu Abbas.

Rasulullah bersabda bahwa seorang yang dalam jiwanya tidak ada Al Quran sedikit pun, hal itu diibaratkan sebuah rumah rusak. Bahkan Allah SWT berfirman dalam  Al Quran dalam surat Ar Rad ayat ke-28, disampaikan bahwa hati akan menjadi tentram dengan mengingat Allah dan Al Quran.

  1. Allah Akan Mengabulkan Permintaannya

Keutamaan membaca dan menghafal Al Quran lainnya adalah keinginan orang tersebut akan dikabulkan oleh Allah SWT. Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadist riwayat Tirmidzi dari Sa’id al Khudri Ra, bahwa Allah akan memberi keutamaan lebih besar ketika seseorang sibuk mengingat-Nya.

  1. Memiliki Cahaya yang Lebih Indah Daripada Matahari

Umat Islam akan mempunyai sinar cahaya yang lebih indah jika dibandingkan matahari dengan cara menghafal Al Quran. Rasulullah bersabda dalam hadist penghafal Al Quran, seorang yang membaca dan diamalkannya akan Allah pakaikan mahkota dari cahaya sangat indah ketika hari kiamat.

  1. Β Memiliki Kedudukan yang Tinggi

Keutamaan penghafal Al Quran selanjutnya adalah dijanjikan Allah memiliki kedudukan tinggi pada saat ada di akhirat nanti. Bahkan semua umat Islam pun tentu ingin memiliki kedudukan tinggi tersebut. Sehingga menjadi penghafal Al Quran bisa menjadi cara terbaik untuk mendapatkannya.

Hal itu karena juga sudah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadist riwayat Muslim, Rasulullah bersabda bahwa Allah akan mengangkat derajat penghafal Al Quran dan menjatuhkan orang lain menggunakan kitab ini.

  1. Β Allah Akan Menyematkan Jubah dan Mahkota

Manfaat menghafal Alquran lainnya selain yang sudah disebutkan di atas adalah Allah akan menyematkan mahkota beserta jubah karomah, dan keridhaan-Nya. hal itu merupakan sebagai bentuk dari penghormatan kepada para penghafal Al Quran.

Rasulullah bersabda di dalam hadist riwayat Tirmidzi bahwa ketika hari kiamat tiba, Allah akan memberikan pahala penghafal Al Quran berupa kemuliaan atau mahkota karomah. Kemudian Al Quran juga akan memohon keridhaan-Nya.

Maka Allah memberi perintah kepada orang tersebut untuk naik ke surga, kemudian derajatnya akan terus bertambah sesuai dengan ayat yang dibaca karena mengandung 1 kebaikan di dalamnya. Maka menjadi seorang penghafal Al Quran tidak akan pernah rugi, baik di dunia maupun akhirat.

Dalam hal ini, Anda bisa memberikan bantuan kepada Sahabat Yatim untuk bisa mewujudkan mimpi-mimpi mereka menjadi kenyataan dengan santunan yang diberikan. Sahabat Yatim sendiri merupakan tempat berupa lembaga sosial dalam mengasuh para yatim dan dhuafa.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!