Keutamaan Sedekah Ramadhan, Jangan Jadi Golongan Merugi!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Semua yang Allah perintahkan tidak ada yang sia-sia termasuk sedekah di bulan Ramadhan yang mendatangkan banyak keistimewaan. Rasulullah sendiri mencontohkan kemurahan hati yang lebih besar selama Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya. 

Seorang sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah “apakah gerangan sedekah yang paling baik?” Lalu beliau menjawab “sedekah di bulan Ramadhan-lah yang terbaik.” (H.R. At-Tirmidzi). Berikut beberapa keutamaan yang akan Anda dapatkan melalui sedekah selama bulan puasa. 

8 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

  1. Pahala yang Berlipat Ganda 

Ramadhan merupakan bulan penuh kemuliaan sampai semua amal ibadah mendapatkan ganjaran yang besar, termasuk sedekah. Salah satu hadis tentang keutamaan sedekah diriwayatkan oleh Bukhari & Muslim. 

Hadis tersebut menerangkan posisi tangan yang ada di atas lebih disukai dibanding tangan yang ada di bawah. Adapun tangan yang di atas merujuk pada orang yang memberi sedangkan tangan yang di bawah adalah orang yang meminta. 

Dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 261, Allah menyebutkan dengan jelas tentang betapa istimewanya sedekah. 

Disebutkan bahwa sedekah yang diberikan seseorang seperti halnya biji yang akan memunculkan tangkai sebanyak tujuh. Setiap tangkai tersebut menumbuhkan biji lagi berjumlah seratus. Sebab, Allah melipat gandakan sesuatu sesuai dengan apa yang Dia kehendaki. 

Tidak bisa dibayangkan, besarnya ganjaran yang akan Anda dapat dari sedekah di bulan Ramadhan. Terlebih, ada ibadah khusus lain yang dilaksanakan selama Ramadhan. 

  1. Naungan di Padang Mahsyar 

Kelak di Padang Mahsyar, seluruh manusia akan menunggu giliran untuk diadili dan hanya ada 7 golongan yang mendapat naungan dari Allah. Salah satunya adalah umat muslim yang rajin bersedekah di bulan Ramadhan dan bulan-bulan lain. 

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh H.R. Ahmad, Nabi Muhammad bersabda “kelak di hari kiamat, orang yang beriman akan mendapatkan naungan yang tidak lain berasal dari sedekahnya”.

Hadis lain yang menjelaskan hal yang sama diriwayatkan oleh Al Baihaqi. Dalam hadis tersebut menjelaskan bahwa setiap orang yang beriman kepada Allah akan mendapatkan naungan yang sesuai dengan sedekahnya sewaktu hidup. 

Dengan rajin bersedekah selama bulan Ramadhan yang mulia, Insya Allah Anda akan mendapatkan naungan seperti yang dijanjikan. Hal tersebut tentu sangat istimewa karena pada hari akhir, naungan hanya diberikan oleh Allah untuk hamba-Nya yang terpilih.  

  1. Dosa-Dosa Berguguran 

Anda pasti tahu kalau api akan langsung padam setelah disiram air, kan? Begitulah yang terjadi pada dosa-dosa Anda apabila rajin bersedekah. Sebab, sedekah menghapus dosa dengan cepat dan sebagai gantinya adalah pahala yang berlipat. 

Sebagaimana yang Rasulullah sabdakan dalam hadis riwayat At-Tirmidzi “sedekah mampu menghapus dosa layaknya air yang memadamkan api”. 

Maka dari itu, jangan ragu untuk bersedekah terutama di bulan Ramadhan. Barengi dengan ibadah lain dan doa yang khusyuk untuk meminta ampunan kepada Allah. Sebab, ada peluang yang terbuka lebar selama bulan Ramadhan untuk mendapatkan rahmat dan ampunan dari Allah. 

  1. Jauh dari Siksa Neraka 

Rasulullah selalu memperingatkan umat Islam untuk berlindung kepada Allah dari siksa neraka yang teramat pedih. Caranya adalah dengan menjalankan perintah Allah, salah satunya bersedekah. 

Sedekah di bulan Ramadhan memang istimewa karena digabung dengan ibadah lain seperti puasa, sholat dan amalan di malam Lalilatul Qadar. Dalam hadis dahsyatnya sedekah di bulan Ramadhan dijelaskan bahwa: 

“Sedekah mampu menghilang kan dosa seseorang seperti halnya air yang sanggup menyebabkan api padam dalam seketika. Begitu pun juga dengan sholat malam.” (H.R. At Tirmidzi dan Ibnu Majah). 

Selanjutnya, hadis lain juga menerangkan bahwa “puasa merupakan pelindung dari api neraka layaknya tameng yang dimiliki salah seorang dari kalian saat berlindung dari pembunuhan.” (H.R. Ibnu Majah dan An Nasai). 

Penggabungan puasa, sedekah dan sholat selama bulan Ramadhan yang mulia melipat gandakan kesempatan untuk terhindar dari siksa neraka. Oleh sebab itu, lakukanlah amalan-amalan tersebut dengan ikhlas, semata hanya untuk Allah. 

  1. Kemudahan Masuk Surga 

Anda tentu mendambakan surga, kan? Salah satu upaya untuk mendapatkannya adalah dengan bersedekah. Apalagi kalau Anda lebih giat melakukannya selama bulan Ramadhan yang dibarengi ibadah puasa sebulan penuh. 

Dalam hadis yang diriwayatkan At Tirmidzi dan Ahmad menjelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda mengenai kamar-kamar mewah yang ada di surga. Kamar tersebut merupakan imbalan untuk orang yang rajin puasa, menjaga lisan, memberi sedekah dan sholat malam. 

Bagi siapapun yang gemar bersedekah juga akan mendapat keistimewaan berupa pintu khusus di surga kelak. Seperti tercantum pada hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yaitu:

Rasulullah bersabda:

“Siapa saja yang menggunakan harta yang ia miliki untuk Allah akan mendapat panggilan yang arahnya datang dari pintu surga: apabila orang tersebut gemar sedekah maka dipanggilah ia dari pintu khusus sedekah dan orang yang gemar puasa dipanggilah ia dari pintu khusus puasa”.

Betapa besarnya keistimewaan yang akan Allah berikan kepada para ahli sedekah. Maka dari itu, tidak ada alasan untuk menunda. 

  1. Ibadah Puasa Tersempurnakan 

Selanjutnya, nikmatnya sedekah di bulan Ramadhan adalah menyempurnakan kekurangan puasa yang telah Anda lakukan. Siapapun tidak akan tahu apakah puasa yang dijalani benar-benar sempurna tanpa cela atau tidak. 

Oleh sebab itu, sedekah sebagai amalan sunnah bermanfaat untuk menyempurnakan ibadah puasa. Keberkahan berlimpah pun bisa Anda peroleh selama Ramadhan. 

Bentuk sedekah yang dilakukan tidak harus berupa uang dalam jumlah banyak. Anda bisa memulai dari hal yang sederhana seperti memberi takjil, nasi serta lauk pauk untuk berbuka dan minuman. 

Bahkan, menolong orang lain, meninggalkan perbuatan jahat dan menyeru kebaikan kepada orang lain juga tergolong sedekah. 

  1. Rahmat yang Banyak dari Allah 

Mendapatkan rahmat dari Allah merupakan keutamaan sedekah di bulan Ramadhan. Dengan melakukan amalan yang disukai Allah seperti puasa, sedekah, zakat dan sholat maka kasih sayang Allah akan turun kepada hamba tersebut. 

Dalam hadis riwayat Thabrani dan Ibnu Asakir, disebutkan bahwa “sedekah yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi akan memadamkan amarah Allah”. 

Selanjutnya, dalam surat Al Araf ayat 56, Allah berfirman: 

“Rahmat Allah sangatlah dekat bagi siapapun hamba yang melakukan perbuatan baik”. 

Melaksana kan sedekah, puasa dan amalan lain di bulan Ramadhan merupakan perbuatan baik yang mendatang kan rahmat dari Allah. Semakin giat Anda melakukannya, maka semakin banyak kasih sayang yang Allah anugerah kan. 

  1. Hati Tenang dan Bahagia 

Ketika bersedekah, sebaiknya tidak perlu diketahui oleh orang lain. Seperti yang disebutkan dalam hadis bahwa tangan bersedekah tidak diketahui oleh tangan satunya karena dilakukan secara sembunyi-sembunyi (H.R. Bukhari dan Muslim). 

Adapun yang dimaksud dengan tangan satunya adalah orang lain. Sehingga tidak heran kalau ada seseorang yang tidak mencantumkan nama pada saat menyumbang sesuatu. 

Dengan tidak berlaku pamer, justru sedekah tersebut diterima dan diberkahi Allah. Oleh sebab itu, hati Anda akan lebih tenang dan bahagia. Apalagi dalam hadis juga disebutkan bahwa:

“Orang yang suka bersedekah dan orang yang pelit diibaratkan dua orang yang memakai baju besi. Orang yang bersedekah merasa baju besi tersebut longgar sedangkan orang pelit merasa baju besi tersebut melekat erat ke kulit sangking sempitnya.” (H.R. Bukhari). 

Agar tidak menjadi orang yang rugi di bulan Ramadhan, maka rajinlah bersedekah karena begitu banyak keutamaan yang akan didapat. Bersedekah boleh berupa apa saja seperti uang, makanan, pertolongan untuk orang lain bahkan ajakan untuk berbuat baik. 

Anda bisa menyalurkan sedekah secara pribadi maupun melalui lembaga sosial kemanusiaan. Salah satu yang terpercaya adalah Sahabat Yatim yang siap menerima sedekah dari Anda dan menyalurkannya kepada pihak yang membutuhkan. 

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!