macam macam sholat sunnah

Kewajiban-kewajiban utama seorang muslim

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim. Kewajiban-kewajiban utama seorang muslim.  Sebagai seorang muslim kita mempunyai kewajiban – kewajiban yang harus dilakukan dan tidak boleh kita tinggalkan.   Kita akan membahas tentang apa saja kewajiban kita sebagai seorang muslim yang wajib kita ketahui dan setelah kita mengetahui kewajiban-kewajiban ini setidaknya kita bisa melaksanakannya dengan sepenuh hati.  Kita simaka sebagai berikut:

  1.       Kewajiban Kepada Allah Subhanahu wa ta’ala

Kita adalah seorang hamba Allah yang dimana islam adalah agama yang allah ridhoi. Sebagai seorang yang beragama islam atau muslim kita harus menghambakan Allah Subhanahu wataala , dan tidak menyekutukannya , mematuhi semua perintahnya dan juga menjauhi semua larangannya .  Allah berfirman  dalam surat Adz-Dzariat ayat 56 yang artinya ,

“ Dan tidaklah kami ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah”  dan juga pada surat  An-Nisa  ayat 59

yang artinya Wahai orang –orang yang beriman , taatilah Allah dan taatilah Rasul dan Ulil Amri di antara kamu”

  1.       Kewajiban kepada diri sendiri

Sebagai seorang hamba alah yang dimana kita telah diberikan tubuh yang  sempurna dan di beri kehendak bebas. Setidaknya kita harus menjaga amanah  yang Allah Ta’ala berikan kepada kita. Allah Subhanahu wataala berfirman “ Dan bersabarlah kamu bersama orang-orang yang menyeru Rabb-nya di pagi hari dan petang hari dengan mengharap kan Ridha-Nya dan janganlah  kedua matamu berpaling dari mereka (karena)mengharap perhiasan kehidupan dunia ini. Dan  janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah kami lalaikan dari mengingat kami dan menuruti hawa nafsunya, keadaan yang demikian itu adalah melampaui batas (QS.Al-Kahfi[18]:28)

  1.       Kewajiban kepada keluarga

Kedua orang tua, isteri,anak dan saudara-saudara merupakan satu keluarga yang kita sebagai seorang muslim mempunyai kewajiban  yang paling utama dalam memenuhi hak-hak keluarga yang terdapat pada dirinya .

Kebaikan orang tua tidak bisa kita balas dnega kekayaan yang ada di dunia ini . dan sebagi muslim mempunyai kewajiba  dalam berbakti kepada ibu dan juga bapak (Birrul walidain).

Allah Ta’ala Berfirman  “ Dan kami wasiat kan kepada manusia untuk berbuat baik kepada kedua orang taunya.Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang amat sangat “ (QS Luqman [31]:14)

  1.       Kewajiban kepada masyarakat

Manusia tidak dapat hidup individu karena kita kodratnya merupakan makhluk sosial. Di dalam hidup bermasyarakat , agar hidup kita tentram kita diperlukan memiliki sikap pengertian ,toleransi kepada sesama warga dan juga konsisten dalam bersikap mematuhi peraturan hukum yang berlaku di masyarakat.  Pastinya tidak baik kalau kita sebagai seorang muslim melanggar hukum yang ada di masyarakat, maka dari itu seorang muslim diwajibkan memiliki sifat –sifat yang terpuji.

Wallahualam Bishawab

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!