Kisah Ketampanan Nabi Yusuf yang Digilai Banyak Wanita

kisah nabi yusuf

Kisah Ketampanan Nabi Yusuf – Nabi Yusuf lahir sebagai putra kandung Nabi Yaqub dan istrinya yang bernama Rehel, salah satu putri laban. Karena kisah ketampanan Nabi Yusuf yang sangat terkenal adalah wajah Nabi Yusuf yang dapat membuat Zulaikhah, seorang ratu dari Kerajaan Mesir Terpesona. Namun, tahukah kamu bagaimana kisah Yusuf bertemu dengan Zulaikhah?

Pada suatu hari saudara tirinya meminta izin kepada sang ayah untuk membawa Yusuf dan benyamin (saudara kandung Yusuf) bermain, sebenarnya sang ayah tidak bisa mengizinkan karena khawatir terjadi hal yang buruk.

Namun, Yusuf meyakinkan ayahnya agar memberi izin. Akhirnya, mereka diizinkan untuk bermain bersama. Pada saat bermain saudara Yusuf memasukkannya ke dalam sebuah sumur dengan melepas bajunya terlebih dahulu dan melumurinya dengan darah agar ayahnya percaya bahwa Yusuf mati dimakan serigala. 

Selang beberapa hari setelah Yusuf berada di dalam sumur terdapat kafilah dari Mesir melewati sumur tersebut dan berniat mengambil air di dalamnya. kemudian kafilah yang menyadari bahwa di dalam sumur terdapat anak kecil mereka berniat menolong anak tersebut dan menjualnya di Mesir. Dan kafilah lainnya juga menyetujui usul tersebut. Setelah mereka sampai di Mesir mereka mencari seseorang yang mau membeli Yusuf untuk dijadikan seorang budak.

Ternyata orang yang berniat membeli Yusuf adalah pembesar dari kerajaan Mesir. Setelah dewasa Yusuf mendapat ilmu yang sama dengan kalangan putra dan putri kerajaan dan hikmah dari Allah yang menjadikan ketampanan Yusuf bertambah sempurna. Kesempurnaan ini pun membuat sang ratu yang bernama Zulaikha terpesona dan jatuh cinta kepada Yusuf.

Namun rasa cinta Zulaikha kepada Yusuf membawanya masuk ke dalam dosa karena Zulaikha sampai menggoda Yusuf dengan kemewahan, kewenangan dan kekuasaan yang dimilikinya. Padahal keduanya bukan mahram yang halal untuk saling berbicara dan berduaan. Tapi Yusuf menolak rayuan dan semua penawaran yang dijanjikan oleh Zulaikha. Semua dilakukan Zulaikha ketika sang raja berada di kerajaan lain.

Sampai akhirnya ketika Zulaikha sangat menginginkan Yusuf, Zulaikha sampai melakukan hal yang tidak terduga yaitu merobek baju Yusuf. Pada saat yang bersamaan, sang raja sebagai suami Zulaikha masuk ke dalam ruangan tersebut dan mengetahui kejadian tersebut. tentu saja Zulaikha dengan spontan membela diri dan mengatakan bahwa Yusuf telah menggodanya.

Untung saja sang raja tidak bertindak gegabah dan tidak langsung mempercayai ucapan istrinya itu. Namun sang raja sangat bingung karena kejadian tersebut. Kebingungannya membuat beliau meminta saran kepada asisten kerajaan dan diskusi antara keduanya terjadi. Menurut sang asisten di dalam kejadian tersebut tidak ada saksi yang bisa ditanyai.

Namun sang asisten memberikan saran bahwa sang raja harus melihat kondisi baju yang dipakai oleh Nabi Yusuf. jika baju tersebut robek di depan maka istrinya lah yang bersalah dan jika baju Yusuf robek di bagian belakang maka yang bersalah adalah Yusuf. Dari sarannya tersebut sang raja meminta asistennya untuk melihat kondisi baju yang dipakai oleh Yusuf. 

Ternyata setelah diperiksa robekan terdapat pada bagian depan baju Yusuf ini berarti yang bersalah adalah istri sang raja. Dari kejadian tersebut sang raja datang kepada Yusuf dan berkata “tolong rahasiakan semua kejadian ini dan jangan sampai ada orang yang tahu tentang kejadian ini” .

Selain itu, sang raja juga datang kepada istrinya dan berkata “minta ampun lah kepada Allah karena dosamu dan sesungguhnya kamu memang bersalah”. Setelah kejadian itu selesai entah bagaimana orang-orang di luar kerajaan tetap mengetahui kejadian tersebut dan menjadikan Zulaikha sebagai gunjingan karena telah menyalahi tatanan yang ada di kerajaan Mesir dan dianggap telah menghianati sang raja. Karena Zulaikha mengetahui bahwa ia dijadikan sebagai bahan bergunjing maka ia mengundang para wanita pembesar untuk datang ke kerajaan.

Zulaikha kemudian memberikan jamuan yang besar, memberi mereka buah-buahan dan memberikan pisau kepada masing-masing wanita untuk mengupasnya. Saat para wanita sedang asyik menikmati jamuan dan buah-buahannya ketika mengupas ilaiha meminta Yusuf untuk lewat di depan mereka. tanpa menyadarinya para wanita itu mengupas tangannya sendiri karena mereka sangat terpesona dengan kehadiran dan ketampanan Nabi Yusuf.

Kemudian Zulaikha berkata “lihatlah tangan kalian yang teriris itu karena melihat ketampanan Yusuf padahal kalian baru saja melihatnya, bagaimana dengan ku yang melihat ketampanannya setiap hari”. Untuk menutupi aib itu Yusuf dimasukkan kedalam penjara. di dalam penjara Yusuf bertemu dengan dua orang mantan pelayan mereka masuk kedalam penjara dengan tuduhan telah meracuni makanan dan minuman yang disuguhkan kepada raja

teladan nabi yusuf

Setelah beberapa hari di dalam penjara masing-masing dari orang itu bercerita tentang mimpinya kepada Yusuf. yang satu bercerita bahwa dalam mimpinya ia membawa roti di atas kepalanya kemudian ada burung yang memakan roti itu. Mimpi ini ditafsirkan Yusuf bahwa orang tersebut akan dihukum mati. Sedangkan orang yang lainnya bermimpi ia sedang memeras anggur.

mimpi ini ditafsirkan oleh Yusuf bahwa ia akan bebas dan bekerja kembali di kerajaan. Dan terbukti kedua takwil mimpi Yusuf itu nyata karena menafsirkan mimpi adalah mukjizat Nabi Yusuf AS. Sebelum 1 orang yang mimpinya ditafsirkan akan terbebas dari penjara. Nabi Yusuf berpesan kepada orang itu untuk menceritakan apa yang ia alami di dalam penjara. 

Hingga pada suatu hari raja bermimpi melihat gandum hijau sebanyak 7 tangkai kemudian berganti menjadi gandum kering. keesokan harinya sang raja mengumpulkan ahli nujum. kemudian orang yang terbebas dari penjara tadi teringat akan pesan Nabi Yusuf bahwa ia harus menceritakan keahlian Yusuf saat ada di dalam penjara. Kemudian dipanggillah Yusuf untuk mentakwilkan mimpi sang raja.

Nabi Yusuf kemudian menjelaskan bahwa Mesir akan subur selama 7 tahun kemudian akan mengalami kekeringan dan paceklik selama 7 tahun pula. Setelah Yusuf menjelaskan sang raja meminta saran kepadanya maka ia memberi solusi kepada raja bahwa selama 7 tahun masa subur semua masyarakat harus bisa menghemat dan membuat cadangan untuk 7 tahun masa paceklik. Dari penjelasan Nabi Yusuf tersebut akhirnya ia diangkat sebagai pembesar kerajaan Mesir jika saat ini di sebut menteri pertanian.

Dari penjelasan Nabi Yusuf tersebut akhirnya ia diangkat sebagai pembesar kerajaan Mesir jika saat ini di sebut menteri pertanian. Setelah menjadi menteri pertanian Nabi Yusuf membuat sistem pertanian dengan hasil panen yang melimpah. Selang beberapa tahun berlalu tafsir mimpi dari Nabi Yusuf menjadi kenyataan.

Bahkan negara tetangga yang dekat dengan Mesir, termasuk Madyan banyak yang meminta bantuan pada kerajaan Mesir, termasuk Nabi Yaqub yang meminta anak-anaknya untuk ke Mesir meminta bantuan bahan pangan karena Nabi Yaqub mendengar, di Mesir ada menteri muda yang baik dan bijak.

Nabi Yaqub juga berpesan agar anak-anaknya berpencar sehingga mendapat bantuan yang banyak. sesampainya di Mesir ketika saudaranya antri untuk mendapatkan bantuan Nabi Yusuf mengetahuinya, namun Nabi Yusuf tidak mengatakan apapun. Ia hanya mengatakan ketika mereka kembali ke Mesir mereka harus membawa Benyamin. jika mereka tidak membawanya maka Yusuf sebagai menteri pertanian tidak akan memberikan bantuan apapun kepada mereka. 

Ketika bahan makanan dirumah Nabi Yaqub habis mereka kembali ke Mesir dan membawa Benyamin seperti perintah menteri pertanian. Setelah mereka mendapatkan makanan, menakar beras dimasukkan ke dalam karung Benyamin. kemudian kerajaan mengungkapkan bahwa menakar beras telah hilang dan pencurinya akan dihadapkan langsung dengan menteri pertanian untuk di penjara. Rencana berhasil, Benyamin ditangkap dan dihadapkan dengan Nabi Yusuf, kakaknya tercinta. 

Sementara 10 saudaranya kembali dan membawa berita duka kepada sang ayah Nabi Yaqub bahwa penyampaian ditangkap karena mencuri alat penakar beras yang ada di Mesir. Seketika Nabi Yaqub bersedih. Melihat kesedihan ayahnya 10 saudara Nabi Yusuf kembali ke Mesir untuk memohon agar Benyamin dilepaskan.

Setelah menghadap langsung menteri pertanian yang tidak lain adalah Nabi Yusuf, menteri tersebut menjelaskan bahwa dia adalah Yusuf saudaranya yang pernah dibuang ke dalam sumur tua. lalu menangislah semua saudara Yusuf dan mereka meminta maaf kepada Yusuf atas perbuatan yang dulu mereka lakukan karena iri dan dengki. kemudian mereka diminta untuk pulang dan mengucapkan kain baju kepada ayahnya yaitu Nabi Yaqub agar ayahnya dapat melihat kembali dan mereka diminta Nabi Yusuf untuk tinggal bersama di Mesir.

cerita nabi yusuf

Di sisi lain Zulaikha telah kehilangan suaminya sehingga semua tugas negara beralih padanya. Suatu ketika ia melakukan inspeksi di beberapa desa sampai bertemu dengan Yusuf. Kemudian dari pertemuannya itu Yusuf menyadari bahwa Zulaikha masih mencintainya. Atas izin Allah dan takdirnya Nabi Yusuf dan Zulaikha menikah, bersama-sama hidup di istana Mesir.

Itulah kisah ketampanan Nabi Yusuf hingga bertemu dengan jodohnya, Zulaikha. Dari kisah yang ada, sebagian ulama dan masyarakat berpendapat bahwa Nabi Yusuf adalah Nabi paling tampan. Namun pendapat ini masih simpang siur.

Ada pula yang bertanya dari Kisah Ketampanan Nabi Yusuf ini, sebenarnya apa rahasia ketampanan Nabi Yusuf dan bagaimana ciri fisik Nabi Yusuf? Jika dilihat dari garis keturunan, Nabi Yusuf adalah cucu dari Nabi ibrahin dan sarah yang mana sarah dikenal sebagai wanita paling cantik. Sarah adalah cucu dari Adam dan Hawa. Yang mana, keduanya juga memiliki wajah yang rupawan. Namun, tidak diketahui secara pasti tentang ciri-ciri fisik Nabi Yusuf AS dalam riwayat manapun.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details