Larangan Sesama Muslim

IMG-20170618-WA0005

Bismillahirrhmanirrohim.Larangan Sesama Muslim. Muslim mengajarkan kita saling mengerti, saling menghormati sesama manusia dan juga saling tolong menolong . seorang muslim juga dilarang berbuat buruk ke sesama muslim.  Dari Abu Hurairah ia berkata, “ Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam  bersabda,  ‘ Janganlah kalian saling dengki, saling berjualan dengan cara najasy ,saling benci dan saling membelakangi. Dan  janganlah kalian menjual barang di atas penjualan sebagai lainnya jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim muslim adalah  saudara bagi muslim yang lainnya,(dia) tidak menzaliminya dan mengabaikannya, tidak mendustakannya dan tidak menghinanya. Takwa itu di sini (seraya) menunjuk dadanya sebanyak tiga kali). Cukuplah seorang Muslim dikatakan buruk jika dia menghina saudaranya yang Muslim .setiap Muslim atas muslim yang lainnya haram darahnya ,hartanya dan kehormatannya.” ( HR.Muslim)

Seperti dijelaskan hadits diatas  bahwa kita sebagai seorang muslim harus menjunjung tinggi  persaudaraan dalam islam  dan pada hadits diatas juga disebutkan  terdapat larangan dan juga perintah . perintah nya  sebagai berikut

  1.       Dilarang Saling  hasad

 Hasad bisa juga disebut dengan iri, dimana rasa iri itu  jika kita jelaskan , kita tidak suka melihat orang lain bahagia. Memiliki sesuatu yang dimana kita belum mampu untuk memilikinya.

  1.       Dilarang Saling Membenci

Sebagai seorang muslim kita tidak diperbolehkan saling membenci kepada muslim yang lainnya, Karena sesama muslim allah subhanahu wa ta’ala   memerintah kan kita untuk saling tolong menolong.

  1.       Dilarang Saling Menghina

Dilarangnya saling menghina  sesama muslim, karena itu bisa menjadikan  boomerang bagi umat muslim itu sendiri. Karena apa yang allah ta’ala perintahkan pastinya aka nada hikmah di balik semua itu.

  1.       Dilarang saling menzalimi

Di dalam hadis Rasulullah menyebutkan “ Seorang muslim adalah saudara muslim yang lainnya. Jangan menzaliminya dan  jangan memasrahkannya . barang siapa yang membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah akan membantunya. Dan barangsiapa yang memberikan jalan keluar dari kesulitan saudaranya, maka Allah akan memberikan jalan keluar bagi kesulitan-kesulitannya pada hari kiamat. Dan barang siapa yang menutupi aib saudaranya, maka Allah akan ditutup aibnya pada hari kiamat.” ( HR.Bukhari Muslim)

Begitulah beberapa penjelasan tentang Larangan Sesama Muslim . semoga bisa bermanfaat

Wallahualam Bishawab

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details