Macam-macam Sedekah dan Pengertiannya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim.  Macam-macam Sedekah dan Pengertiannya. Islam mengajarkan umat nya sangat detail dan terkadang umat islam sudah mengerti ilmu yang diajarkan tapi sangat susah mempraktekannya.  Seperti halnya sedekah, sedekah adalah amalan yang memiliki keuntungan yang besar bagi orang yang bersedekah, keuntungannya yaitu  mendapatkan pahala yang besar, dan jika yang kita sedekah kan berupa barang atau buku seperti al quran, maka jika alquran itu selalu dimanfaatkan dengan baik kepada yang diberi nya, maka pahala yang memberi nya akan terus mengalir sampai dia meninggal dunia.

Ada beberapa macam sedekah yang bisa dilaksanakan dan juga sedekah itu memiliki manfaat  bagi orang yang menerimanya.  Islam mengajarkan tentang sedekah yang dimana sedekah itu dibagi menjadi beberapa jenis. Agar lebih dipahami berikut ini kita ulas macam-macam jenis sedekah:

          Sedekah Materi

Sedekah materi merupakan sedekah yang disalurkan kepada orang lain dalam bentuk barang yang meliputi uang,makanan,minuman,pakaian, sampai dengan takjil yang biasanya diberikan kepada orang yang sedang berpuasa yang ingin berbuka puasa. Sedekah yang berjenis materi yang paling dianjurkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa Salam. setiap sedekah yang kita berikan akan diberikan ganjaran pahala dan keberkahan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dan juga jika memberikan sedekah kepada yang sedang ingin berbuka puasa , kita juga akan mendapatkan pahala puasanya juga.  Rasulullah shalallahu alaihi wa Salam bersabda yang artinya  “ Tidaklah ada satu pekerjaan yang paling mulia yang di lakukan seseorang daripada pekerjaan yang dilakukan dari tangannya sendirian tidaklah menafkahkan hartanya terhadap diri,keluarga,anak,dan pembantunya melainkan akan menjadi sedekah”  ( HR.Ibnu Majah).

 

          Sedekah Non Materi

Dalam bersedekah kita tidak harus dengan materi tetapi kita juga bisa bersedekah dengan Non materi seperti sedekah pikiran,tenaga,nasihat,dan bahkan kita memberikan senyum kepada saudara atau orang yang tidak kenal bisa juga dikategorikan sedekah non materi. Keuntungan yang kita rasakan dalam memberikan sedekah non materi  insya allah akan mendapatkan pahala dari Allah Subhanahu Wa ta’ala.

          Sedekah Jariyah

Sedekah ini merupakan sedekah yang  ganjaran pahalanya bisa terus mengalir ketika yang memberi sedekah sudah meninggal dunia. Sedekah seperti ini  biasanya memberikan barang yang bermanfaat dan terus digunakan oleh banyak orang. Contoh sedekah jariyah  seperti, pembuatan pesantren, masjid,fasilitas-fasilitas umum dan lain sebagainya.

Begitulah Artikel  singkat dari Macam-macam sedekah dan pengertiannya, semoga bermanfaat.

Wallahu alam Bishawab

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!